sign up SIGN UP

Manfaat dan Dampak Setrika Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Henny Alifah | Beautynesia
Kamis, 16 Apr 2020 13:15 WIB
Manfaat dan Dampak Setrika Wajah yang Perlu Kamu Tahu
caption
Setrika wajah merupakan salah satu pilihan treatment anti aging. Lantas bagaimana cara kerja dan fungsi setrika wajah? Apakah prosesnya menyakitkan? Apakah ada efek sampingnya? Daripada penasaran, yuk, ketahui serba-serbi setrika wajah berikut ini.

Cara kerja setrika wajah


Foto: Istimewa
image source: Instagram/ivory_aesthetics

Setrika wajah merupakan perawatan kecantikan tanpa bedah. Seperti namanya, setrika wajah bekerja dengan cara memanaskan kulit wajah, yang mana dapat menembus hingga lapisan terdalam. Perawatan setrika wajah dikenal pula dengan nama radio frequency (RF) treatment karena menggunakan gelombang ultrasonik untuk memanaskan wajah.

Panas yang dihasilkan dalam perawatan setrika wajah dimaksudkan untuk merangsang pembentukan kolagen dan elastin yang berperan penting dalam mengencangkan kulit. Kolagen sebenarnya dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, namun produksinya berkurang seiring bertambahnya usia. Itu menjelaskan mengapa kebanyakan orang yang memilih treatment setrika wajah rata-rata adalah wanita berusia 30 tahun ke atas.

Untuk hasil optimal, disarankan untuk melakukan perawatan setrika wajah minimal 5 sesi selama 5 minggu. Selama masa itu, sah-sah saja jika kamu menggabungkannya dengan perawatan lain yang menunjang.
 


Manfaat setrika wajah


Foto: Istimewa
image source: Instagram/ivory_aesthetics

Dengan adanya peningkatan produksi kolagen dan elastin setelah melakukan treatment ini, wajah tentunya akan mendapatkan manfaat setrika wajah seperti kulit terasa lebih kencang, garis halus atau kerutan wajah perlahan hilang, dan juga kulit menjadi lebih kenyal. 

Manfaat setrika wajah yang lain di antaranya juga dapat meniruskan pipi serta menghilangkan double chin dan kantung mata. Tak hanya itu saja, manfaat setrika wajah juga bisa diterapkan untuk area tubuh lain. Jadi, kamu bisa melakukan RF treatment untuk bagian bawah lengan, perut, hingga bokong. Pada area tersebut, treatment ini berguna untuk menghilangkan lemak berlebih, menyamarkan stretch mark dan selulit, sehingga kulit pun tampak lebih halus.
 


Efek samping setrika wajah


Foto: Istimewa
image source: Instagram/ivory_aesthetics

Pada umumnya, setrika wajah sama sekali tidak menyakitkan. Sebaliknya, perawatan ini disebut dapat memanjakan diri. Meskipun prosesnya tidak benar-benar menyakitkan, tetapi harganya tidak dapat disangkal lagi, cukup menguras kantong. Satu sesi perawatan biasanya dihargai sekitar 4 juta rupiah, dikali lima hingga enam sesi sehingga butuh total biaya 24 juta rupiah. Jadi dampak setrika wajah ini mungkin akan membuat kamu perlu bekerja ekstra dalam menambah pemasukan kas.

Efek samping setrika wajah cenderung ringan dan tidak terlalu berbahaya. Hanya saja, biasanya dampak setrika wajah membuat kulit memerah setelah melakukan treatment. Kemerahan ini akan hilang dalam waktu beberapa jam kemudian. Bagi pemilik kulit sensitif, perlu diantisipasi karena mungkin dampak setrika wajah akan menimbulkan sensasi sakit. Sementara buat yang memiliki penyakit kulit rosacea, tidak disarankan untuk melakukan treatment ini.

Nah, sekarang sudah paham, kan, tentang apa saja manfaat dan dampak setrika wajah? Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa konsultasi dengan dokter kecantikan dulu, ya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id