sign up SIGN UP

Mata Pedih Akibat Sunscreen? Jangan Panik, Lakukan Upaya Pertolongan dan Hindari Bahan Ini!!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 26 Oct 2021 21:00 WIB
Mata Pedih Akibat Sunscreen? Jangan Panik, Lakukan Upaya Pertolongan dan Hindari Bahan Ini!!
caption
Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu produk skincare yang hukumnya wajib. Baik di dalam maupun di dalam rumah, penggunaan sunscreen penting untuk melindungi kulit wajah dari sengatan jahat sinar matahari.

Kendati begitu, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya, Beauties. Area mata merupakan area yang rawan terhadap kandungan utama pada sunscreensebab bisa membuatnya perih bahkan meninggalkan rasa terbakar setelahnya.

Meski tabir surya tidak menyebabkan kerusakan mata permanen, tapi tabir surya dapat menyebabkan luka bakar kimiawi pada permukaan mata dan bisa menyakitkan selama beberapa hari. Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Jika pernah, jangan panik, Beauties. 

Sunscreen untuk kulit berjerawat/ sumber: pexels.com/ Anna NekrashevichSunscreen. (Foto: pexels.com/ Anna Nekrashevich)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Menurut Kory S. Cummings, OD, seorang dokter mata di Fort Worth, Texas, yang dikutip dari Essilor, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk meminimalkan ketidaknyamanan akibat tabir surya di mata.

Jangan Panik

Pertama dan terpenting adalah jangan panik. Segera lepas lensa kontak dengan hati-hati jika kamu memakainya. Kemudian siram mata dengan air untuk meringankan rasa perih yang terjadi.

Urutan skincare pagi untuk usia 30-anIlustrasi sunscreen. (Foto: Freepik.com/Lookstudio)/ Foto: Ayuliy Lestari

Pakai Obat Tetes Mata

Jika mata tampak kemerahan, gunakan obat tetes mata yang dibuat tanpa bahan pengawet setiap jam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan kandungn non-pengawet memastikan tidak ada bahan kimia tambahan yang dimasukkan ke dalam mata yang sudah meradang.

Jangan Pakai Lensa Kontak

Hindari penggunaan lensa kontak selama 48 jam atau sampai iritasi mata benar-benar sembuh. Dengan begitu, mata juga bisa beristirahat dengan baik selepas iritasi. Kamu juga mengistirahatkan mata dengan memejam lebih lama.

Memasukkan lensa kontak ke mata yang sudah teriritasi dapat semakin mengiritasi mata. Kamu sangat direkomendasikan untuk tetap menggunakan kacamata sampai infeksinya sembuhIlustrasi mata sakit akibat sunscreen. (Foto: freepik.com)/ Foto: Rumaysha Milhania

Hindari Sunscreen dengan Bahan Ini

Menurut Susan Boiko, MD, adalah dokter kulit anak bersertifikat di Rady dan Associate Professor Dermatologi Klinis di UC San Diego,  formula mineral seperti zinc atau titanium dioksida pada sunscreen, adalah pilihan yang baik. Sebab, sunscreen dengan jenis ini dibuat untuk kulit sensitif dan tidak bikin mata pedih saat berkeringat.

Sebaliknya, menurut Cummings, hindari bahan kimia seperti octyl methoxycinnamate, sebab mereka susah diratakan dan juga tidak dapat menyengat atau membuat pedih di kulit.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id