sign up SIGN UP

FASHION

Hati-hati! Berikut 7 Kesalahan Berbahaya Saat Memakai Softlens

Novianty Aulia | Minggu, 30 May 2021 19:15 WIB
Hati-hati! Berikut 7 Kesalahan Berbahaya Saat Memakai Softlens
7 Kesalahan Berbahaya Saat Memakai Softlens/Freepik.com

Selain sebagai alat bantu penglihatan, lensa kontak atau softlens juga menjadi penunjang dalam penampilan. Sederet warna menarik ditawarkan guna membuat mata terlihat indah dan menawan. Tak heran, softlens menjadi penunjang mata yang paling digemari oleh kaum hawa.

Meskipun terkesan sederhana, sebenarnya pemakaian softlens tidaklah semudah itu lho ladies. Banyak sekali risiko yang dapat mengancam kesehatan mata jika kamu tidak berhati-hati saat menggunakannya. Bahkan tak jarang, risiko tersebut berlanjut dan berakhir di ruang operasi. 

Agar kesehatan mata selalu terjaga kamu harus menghindari beberapa kesalahan tersebut. Berikut 7 kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan softlens. Yuk simak artikel berikut!

1. Tidak Mencuci Tangan

Jaga kesehatan mata dengan rajin mencuci tangan sebelum memakai softlens.
Kotoran Pada Tangan Dapat Berpindah Ke Softlens/Freepik.com


Meskipun tampak bersih, sebenarnya tangan adalah tempat menumpuknya segala bakteri serta kotoran. Bakteri tersebut berasal dari segala benda yang kamu sentuh di setiap waktunya. 

Jika kamu memakai softlens dalam keadaan tangan yang kotor, segala bakteri pada tangan dapat terbawa melalui softlens yang kamu pasangkan pada mata. Tak cuma menimbulkan rasa gatal atau perih, kotoran tersebut juga dapat memicu keluhan berlanjut seperti infeksi hingga.

Pastinya kamu enggak mau dong ladies, jadi jangan lupa untuk selalu mencuci tangan ya.

2. Mengabaikan Batas Masa Pakai Softlens

Harus selalu diingat bahwasanya softlens memiliki ketahanan dan batas pakai yang berbeda-beda.
Selalu Perhatikan Jangka Waktu Pemakaian Softlens/Freepik.com


Harus diakui, memakai softlens bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan sederet persiapan seperti cairan pembersih dan alat penunjang lainnya. Hal inilah yang justru membuat sebagian dari kamu enggan mencopot atau mengganti softlens karena tidak ingin repot kembali.

Walaupun terdengar sepele, kebiasaan yang satu ini dapat membahayakan kornea pada matamu lho. Sebagai lapisan terluar pada mata, kornea membutuhkan oksigen untuk menjaga kelembapan agar mata tidak kering. Oksigen tersebut tentunya tidak dapat terpenuhi jika kamu menggunakan softlens terlalu lama.

Oleh karena itu, selalu perhatikanlah masa pakai dari softlens yang kamu gunakan dan jangan sampai melewati batas tersebut yaa!

3. Dibawa Saat Tidur 

Softlens yang dibawa saat tidur beresiko menumbuhkan bakteri dan sobek di dalam mata.
Jangan Menggunakan Softlens Saat Tidur/Freepik.com


Tahukah ladies, softlens yang terbawa saat tidur dapat memicu pertumbuhan bakteri pada mata kamu lho.

Ketika kamu tertidur, kelopak mata akan tertutup dan menutupi lensa kontak yang kamu gunakan. Tidak adanya oksigen yang masuk membuat suhu di sekitaran lensa kontak menjadi hangat dan memicu berkembangnya bakteri. Tak hanya itu, lensa konyak dapat bergerak di dalam mata dan berisiko robek.

Maka dari itu sangat tidak dianjurkan untuk membiarkan softlens masih terpasang pada mata saat sedang tidur.  Pastikan kamu selalu mencopot softlens sebelum beristirahat ya.

4. Tidak Mengganti Cairan Pembersih Softlens 

Memakai pembersih softlens secara berulang akan menurunkan kualitas dari softlens tersebut.
Rutinlah Mengganti Cairan Pembersih Softlens/Freepik.com


Masih memakai cairan yang sama sekalipun sudah berkali-kali ganti softlens? Jika iya, segeralah untuk mengganti dengan cairan yang baru ya ladies.

Penggunaan cairan pembersih lama secara berulang membuat softlens tidak dapat bersih secara maksimal. Akibatnya kotoran yang menempel tidak terangkat sempurna dan terbawa ke dalam mata yang akhirnya menimbulkan iritasi. 

Baiknya kamu rutin mengganti cairan pembersih softlens setiap enam bulan sekali. Jangan lupa juga untuk mengganti cairan yang ada di dalam softlens case agar matamu terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.

[Gambas:Instagram]

5. Menggunakan Make Up Terlebih Dahulu 

Dahulukan pemakaian softlens agar tidak merusak riasan wajah.
Dahulukan Pemakaian Softlens Sebelum Make Up/Freepik.com


Selama ini mungkin kamu berfikir bahwa rangkaian merias wajah dengan pemakaian softlens tidaklah berpengaruh. Nyatanya, pemakaian makeup terlebih dahulu dapat membawa effect berbahaya untuk matamu lho. 

Penggunaan softlens setelah makeup berisiko merusak hasil riasan pada wajah sehingga kamu harus mengulangnya kembali. Ketika makeup dipoleskan kembali, residu dari riasan wajah berisiko mengenai softlens pada mata. Jika hal ini terjadi akan menimbulkan rasa perih hingga mengalami iritasi berlanjut.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk memakai softlens baru dilanjutkan dengan makeup. Selain untuk menghindari iritasi, mendahulukan pemakaian softlens akan memudahkan kamu dalam merias wajah sehingga tidak perlu khawatir riasan rusak.

6. Memakai Softlens Saat Mata Sedang Iritasi 

Memakai softlens saat mata iritasi malah memperparah keadaan yang ada.
Jangan Memakai Softlens Ketika Mata Iritasi/Freepik.com


Kesalahan selanjutnya yang sering kamu lakukan ialah tetap menggunakan lensa kontak di tengah kondisi mata yang kurang baik. 

Pada kondisi ini, biasanya mata akan memberikan sinyal seperti rasa gatal hingga perih yang menjalar di area mata. Ketika mendapati hal ini, segeralah mencopot softlens dan biarkan matamu beristirahat.

Pemakaian softlens saat mata sedang iritasi malah memperburuk keadaan dari mata itu sendiri. Jika kebiasaan ini dibiarkan, matamu berisiko mengalami alergi bahkan infeksi yang dapat mengancam penglihatan. Duh, seram banget!

7. Asal dalam Memilih Softlens

Pilihlah softlens yang sesuai dengan kondisi matamu ya ladies.
Lebih Selective Dalam Memilih Softlens/Pinterest.com/DHgate


Saat membeli softlens kerap kali kamu hanya terfokus pada berbagai pilihan warna yang dicocokkan dengan kelainan mata seperti minus ataupun silinder. Padahal, ukuran dari kontak lensa yang kamu pilih juga menjadi bahan pertimbangan lho!

Berbagai penelitian menemukan fakta bahwa setiap orang memiliki kelengkungan mata yang berbeda satu sama lain. Perbedaan inilah yang membuat setiap orang harus memilih softlens berdasarkan besar kelengkungan kornea matanya. Jika hal ini diabaikan mata akan selalu merasa perih saat memakai softlens.

Ladies, selalu konsultasikan terlebih dahulu mengenai softlens seperti apa yang cocok untuk lengkungan kornea mata milikmu. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya effect berbahaya pada mata.

Yuk, selalu berhati-hati agar kesehatan matamu tetap terjaga!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id