STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengenal Dry Cleansing, Metode Membersihkan Wajah yang Dinilai Lebih Gentle untuk Kulit Sensitif

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Senin, 02 Jan 2023 07:45 WIB
Mengenal Dry Cleansing, Metode Membersihkan Wajah yang Dinilai Lebih Gentle untuk Kulit Sensitif

Salah satu langkah skincare routine yang tidak boleh terlewat adalah membersihkan wajah. Langkah ini dilakukan untuk mengangkat kotoran sekaligus mempersiapkan kulit untuk menerima tahapan skincare selanjutnya. Baru-baru ini, muncul tren membersihkan wajah terbaru yang diklaim lebih ampuh dan gentle menggunakan metode yang disebut dry cleansing.

Apa itu dan apa perbedaannya dengan metode membersihkan wajah biasa?

Mengenal Dry Cleansing

membersihkan wajah
Membersihkan wajah dengan metode dry cleansing/Foto: Freepik/Senivpetro

Bagi sebagian besar orang, mencuci wajah dengan metode dry cleansing mungkin belum begitu familiar. Namun belakangan ini metode ini mulai banyak diperbincangkan di kalangan para beauty enthusiast. Dry cleansing merupakan istilah yang mengacu pada metode membersihkan wajah menggunakan produk cleanser atau face wash tanpa menambahkan air pada langkah awalnya.

Mengutip dari PopSugar, Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat dan instruktur klinis dermatologi di Weill Medical College of Cornell University menjelaskan, metode dry cleansing dilakukan dengan memijatkan produk cleanser secara langsung ke kulit yang masih kering, kemudian membasuhkan air hangat dan memijatnya kembali seperti mencuci wajah pada umumnya.

Manfaat Dry Cleansing

membersihkan wajah
Membersihkan wajah menggunakan metode dry cleansing/Foto: Freepik/Sergio_Pulp

Dibanding dengan metode mencuci wajah biasa, metode dry cleansing disebut dapat membuat produk bekerja lebih efektif serta memberikan efek yang lebih gentle pada kulit. Pasalnya, membersihkan wajah tanpa mencampurkan produk dengan air terlebih dahulu memungkinkan bahan aktif yang terkandung di dalamnya seperti acid atau benzoyl peroxide menjadi lebih aktif, dibandingkan jika produk langsung dicampurkan dengan air. 

Mengaplikasikan cleanser atau face wash berjenis lotion dengan metode dry cleansing juga dapat membuatnya lebih efektif untuk melembapkan kulit kering dan kulit dehidrasi. Selain itu, metode ini juga cukup lembut sehingga cocok digunakan untuk kulit sensitif. 

Saat membersihkan wajah dengan metode dry cleansing, kamu disarankan memilih produk yang berformula ringan dan bebas dari sulfaktan yang keras.

Siapa yang Harus Skip Dry Cleansing?

jenis kulit
Membersihkan wajah berdasarkan jenis kulit/Foto: Freepik/Freepik

Meski dinilai efektif dan gentle di kulit, namun bagi kamu yang memiliki jenis kulit sangat berminyak sebaiknya pilih membersihkan wajah dengan cleanser yang mengandung banyak sulfaktan, alih-alih menggunakan metode dry cleansing, Beauties.

Sebab, untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori pada kulit berminyak, produk foaming cleanser yang tinggi sulfaktan memerlukan air untuk bisa bekerja efektif.

Sementara untuk kamu yang memiliki kulit kering, dehidrasi dan sensitif, metode dry cleansing dinilai sebagai metode pembersihan wajah yang tepat untuk jenis kulitmu. 

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE