sign up SIGN UP

Menggaruk Bukan Solusi, Ini Cara Bantu Redakan Gatal dan Perawatan yang Tepat untuk Kulit Eksim

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 15:30 WIB
Menggaruk Bukan Solusi, Ini Cara Bantu Redakan Gatal dan Perawatan yang Tepat untuk Kulit Eksim
caption
Jakarta -

Selain kulit jadi kemerahan, hal lain yang paling mengganggu bagi yang mengalami eksim adalah rasa gatal yang menyertainya. Menggaruk bukan lah jadi solusi karena dapat kian memperparah.
Untuk itu sebelumnya kita perlu tahu faktor yang bisa memicu kambuhnya eksim pada seseorang. Menurut National Eczema Association (NEA), ada tiga penyebab yang bisa memicu kambuhnya rasa gatal. Apa saja?

Iritasi

ilustrasi penyebab iritasiilustrasi penyebab iritasi/ Foto: freepik - sergiorojoes

Pejuang eksim memiliki tipe kulit yang sensitif. Bukan hanya terhadap skin care, tetapi juga berbagai zat kimia yang ada pada produk yang digunakan sehari-hari. Sabun mandi, detergent, sabun cuci piring,dan desinfektan adalah sejumlah produk yang dinilai bisa berpotensi untuk mengakibatkan alergi pada kulit eksim.


Stres

ilustrasi stresilustrasi stres/ Foto: freepik - yanalya

Kondisi pikiran yang stres juga dapat menjadi penyebab kambuhnya gatal. NEA melansir bahwa ketika seseorang mengalami stres, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah banyak yang dapat menekan sistem imun dan mengakibatkan inflamasi pada kulit. Olahraga jadi salah satu cara yang disarankan guna menjaga kondisi pikiran agar tetap rileks.


Kondisi Kulit yang Kering

ilustrasi kulit keringilustrasi kulit kering/ Foto: freepik - karlyukav

Selain zat kimia dan pikiran, kondisi kulit yang kering juga jadi faktor yang perlu diwaspadai oleh para pejuang eksim. Cuaca dingin termasuk ketika kamu berada di ruangan AC, angin, sabun, dan juga mandi terlalu lama dapat membuat kulit kering.

Sudah mengetahui faktor penyebab, apa yang harus dilakukan ketika gatal kambuh? Alih-alih menggaruk, ada sejumlah produk dari Eau Thermale Avène yang bisa jadi pilihan tepat untuk meredakan rasa gatal pada kulit kering akibat eksim. Apa saja?

XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cream

XeraCalm A.D Lipid-Replenishing CreamXeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cream/ Foto: Avene

Krim pelembab anti-gatal ini mengandung formula I-Modulia yang merupakan bahan aktif alami dari Avene Thermal Spring Water yang dapat menenangkan kulit gatal dan mendukung sistem pertahanan kulit. Tak tanggung-tanggung, krim ini dapat melembabkan kulit selama 48 jam penuh.

Karakteristik lain yang dimilikinya sehingga dapat digunakan pada kulit sangat kering dan gatal yang kambuh karena eksim adalah krim ini fragrance-free, hypoallergenic, dan preservative-free. Tak hanya eksim atau atopic dermatitis, XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cream ini bisa dipakai oleh mereka yang memiliki psoriasis dan krim ini aman untuk digunakan bersama obat dan krim dokter.

XeraCalm A.D Lipid-Replenishing CreamXeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cream/ Foto: Avene

Tak hanya formulasinya yang aman dan menenangkan, pengemasan juga turut diperhatikan Eau Thermale Avène guna menjaga krim ini tidak terkontaminasi udara luar dan steril.

Untuk pemakaian, lotion ini bisa diaplikasikan pada kulit wajah, badan, dan kepala yang sangat kering. Tak hanya orang dewasa, anak-anak hingga bayi baru lahir pun bisa memakai krim ini. Penasaran? Kamu bisa membelinya di sini Beauties. 

XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil

XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing OilXeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil/ Foto: Avene

Seperti disinggung sebelumnya, sabun mandi juga dapat jadi salah satu faktor pemicu kambuhnya gatal pada kulit eksim. Ketika eksim sedang kambuh, kamu bisa memakai XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil ini sebagai pertolongan pertama. Dengan karakteristiknya yang soap-free, fragrance-free, dan pH fisiologis, sabun ini aman dan tidak memicu gatal.

XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing OilXeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil/ Foto: Avene

Teksturnya yang seperti oil menjadi jeli dan tidak licin juga tidak membuat kulit jadi gampang kering. Bukti lain bahwa sabun ini gentle pada kulit adalah tidak perih di mata dan organ intim. Untuk formulasinya, selain i-Modulia, sabun ini memiliki kandungan Avene Thermal Spring Water yang bisa melindungi dan merawat kulit, dan Cer-Omega yang dapat memberikan hidrasi optimal pada kulit dan membantu memulihkan skin barrier.

Cicalfate Restorative Protective Cream

Cicalfate Restorative Protective CreamCicalfate Restorative Protective Cream/ Foto: Avene

Ketika kulit kering dan gatal, biasanya terjadi iritasi yang dapat meninggalkan bekas. Cicalfate Restorative Protective Cream ini bisa jadi solusi karena memiliki kandungan C+-Restore™ yang merupakan bahan restoratif postbiotik yang kaya protein untuk membantu memulihkan kulit.

Tak hanya membantu pemulihan lebih cepat, krim ini juga dapat mencegah pembentukan bekas luka, mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit, dan menjaga kelembapan.

Avene cicalfate microbiomeAvene cicalfate microbiome/ Foto: Avene

Selain C+ - Restore™ dan Avene Thermal Spring Water yang meredakan iritasi, kandungan lain yang terdapat pada krim ini adalah Copper-Zinc Sulfate Complex yang memiliki sifat anti bacterial dan membantu memelihara kesehatan kulit secara optimal.

Jadi, krim ini bisa dipakai oleh orang dewasa, anak-anak, dan bayi, dan krim ini juga bisa diaplikasikan pada wajah, badan, dan organ intim bagian luar.

Untuk cara dan intensitas pemakaian, kenakan satu hingga dua kali sehari setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan. Untuk membeli Cicalfate Restorative Protective Cream kamu bisa klik di sini, Beauties. 

Avene Thermal Spring Water

Avene Thermal Spring WaterAvene Thermal Spring Water/ Foto: Avene

Jadi sebagai salah satu kandungan utama pada ketiga produk di atas, tentu kamu tidak boleh melewatkan pemakaian yang satu ini. Ada tiga faktor yang membuat Avene Thermal Spring Water begitu spesial dan dijadikan formulasi utama pada produk Eau Thermale Avène lainnya, terutama yang bisa meredakan gatal.

Pertama, kandungan kalsium dan magnesium yang seimbang yang dapat menguatkan lapisan luar dari kulit sensitif.

Kedua, kandungan mineral yang rendah (266 mg/L) tidak membuat iritasi dan bagus untuk menenangkan kulit sensitif

Ketiga, kandungan silica dalam konsentrasi tinggi dapat membantu pemulihan pada kulit iritasi.

Avene Thermal Spring WaterAvene Thermal Spring Water/ Foto: Avene

Avene Thermal Spring Water juga dapat menurunkan sensitivitas kulit sebesar 65% serta sensitivitas kulit agar tetap sehat. Efektivitasnya sendiri sudah diuji oleh 150 studi klinis dan saintifik.

Avene Thermal Spring Water ini tersedia dalam tiga ukuran, yakni 50 ml dan 150 ml yang bisa kamu bawa ke manapun dan 300 ml yang bisa dijadikan stok untuk di rumah.

Mengenai cara pemakaian, ada hal yang harus kamu perhatikan. Kamu nggak perlu mengocoknya terlebih dahulu, cukup langsung semprotkan beberapa kali lalu keringkan dengan lembut. Buktikan sendiri manfaatnya, dan klik di sini untuk membeli Avene Thermal Spring Water. 

Lengkap banget kan Beauties, solusi untuk meredakan gatal akibat kulit kering dan eksim dari Avène ini. Yuk, tunggu apa lagi, cek gerai offline dan online Eau Thermale Avène sekarang juga.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id