sign up SIGN UP

Modal Rp10 Ribuan, Ini Cara Pakai Tawas untuk Atasi Masalah Bau Badan

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Kamis, 26 May 2022 17:30 WIB
Modal Rp10 Ribuan, Ini Cara Pakai Tawas untuk Atasi Masalah Bau Badan
caption

Untuk menghilangkan bau badan, mandi dua kali sehari saja tidak cukup lho, Beauties. Apabila kamu memiliki bau badan berlebih sebaiknya kamu rajin menggunakan deodoran setelah mandi.

Di pasaran sudah tersedia deodoran dari berbagai merk dengan harga bervariasi yang bisa kamu pilih. Namun, kamu juga bisa menggunakan tawas sebagai pengganti deodoran untuk mengatasi bau badan.

Menurut Healthline, tawas merupakan alternatif deodoran yang terbuat dari garam mineral bernama potassium alum, atau bisa juga dikenal sebagai potassium aluminum sulfate. Tawas sudah digunakan sebagai deodoran oleh orang Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu dan mulai terkenal di dunia barat sejak 30 tahun terakhir. Tawas menjadi populer karena merupakan bahan alami, murah, dan diklaim mampu mengurangi resiko kanker payudara.

Manfaat Tawas Selain Mengatasi Bau Badan

Mulai Rp10 Ribu, Ini Cara pakai Tawas untuk Atasi Bau Badan
Batu tawas/Foto: demibumi.id

Untuk menambah pertimbanganmu ketika ingin mencoba tawas, ini 4 manfaat lain dari tawas:

  1. Mencerahkan kulit ketiak
  2. Melembutkan kulit ketiak
  3. Mencegah keringat berlebih
  4. Menstimulasi aroma alami tubuh

Cara Menggunakan Tawas sebagai Deodoran

Kamu bisa dengan mudah menemukan toko yang menjual tawas, baik secara online maupun offline. Selain itu, tawas juga dijual dengan bentuk bongkahan batu, bubuk, atau dalam bentuk cairan yang sudah diolah.

Inilah cara memakai tawas sesuai dengan bentuknya:

1. Tawas dalam Bentuk Bongkahan Batu

Mulai Rp10 Ribu, Ini Cara pakai Tawas untuk Atasi Bau Badan
Memakai batu tawas/Foto: hellonaturalliving.com via Beautynesia

Pertama, basahi batu dengan air bersuhu normal. Setelahnya kamu bisa mengoleskan batu tawas itu dengan gerakan memutar. Pastikan semua area sudah terkena batu tawas, kamu juga bebas membasahi batu tawasnya lagi apabila masih dirasa kurang. Tunggu hingga kering dan kamu bisa melanjutkannya dengan body care lain.

Khusus untuk tawas yang berbentuk bongkahan, kamu harus lebih hati-hati. Pastikan area tawas yang akan dioleskan tidak ada pecahan atau retak karena bisa melukai kulit ketiak. Beberapa toko juga sudah menjual tawas siap pakai, jadi kamu tidak perlu khawatir, Beauties.

2. Tawas dalam Bentuk Bubuk

Mulai Rp10 Ribu, Ini Cara pakai Tawas untuk Atasi Bau Badan
Ilustrasi bubuk tawas/Foto: pexels.com/Castorly Stock

Untuk tawas yang berbentuk bubuk, kamu bisa mencampurkannya langsung dengan air. Siapkan botol 60-100ml, masukkan 3-6 sendok makan bubuk tawas dan tambahkan air hingga botol penuh. Kocok sebelum digunakan dan semprot 3-5 kali sesuai kebutuhanmu.

3. Tawas dalam Bentuk Cair

Mulai Rp10 Ribu, Ini Cara pakai Tawas untuk Atasi Bau Badan
Contoh deodoran tawas/Foto: instagram.com/butuhofficial

Biasanya, tawas dalam bentuk cair sudah diolah sehingga mengandung komposisi tambahan. Beberapa bahan yang contohnya ditambahkan ke tawas olahan adalah tambahan pewangi dan ekstrak lemon untuk membantu mencerahkan kulit ketiak.

Untuk deodoran tawas jenis ini, kamu hanya perlu menggunakannya sesuai dengan petunjuk cara pemakaian yang tertulis pada kemasan produk. Biasanya kamu bisa menggunakannya setelah mandi sebanyak pagi dan sore atau hanya pada malam hari saja sesuai kebutuhan.

Nah, deodoran tawas ini bisa efektif membantu menghilangkan bau badan hingga 24 jam lho, Beauties. Untuk mengulang aplikasinya, kamu bisa membersihkan ketiak dengan sabun dan menggunakan deodoran tawas ini lagi. 

Untuk harganya pun terbilang murah, untuk tawas dalam bentuk cari siap pakai dari Butuh Official ini, harganya cuma Rp46ribuan.

Itu dia beberapa cara memakai tawar untuk atasi masalah bau badan. Kamu bisa memakainya sesuai kebutuhan ya, Beauties. Selamat mencoba!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id