sign up SIGN UP

Munculnya Jerawat di Dada dan Cara Menghilangkannya

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 01 Feb 2021 11:45 WIB
Munculnya Jerawat di Dada dan Cara Menghilangkannya
caption

Jerawat tidak hanya bisa muncul di bagian wajah, melainkan juga di bagian  tubuh lainnya. Salah satunya adalah dada. Bagian tubuh yang tidak terlalu sering terekspos ini menjadi tempat munculnya jerawat karena terdapat beberapa kemungkinan penyebabnya. Di lain sisi, kemunculannya tidak kalah mengganggu dengan jerawat yang timbul di wajah.

Mulai dari masalah ketidaknyaman hingga estetika. Untuk itulah, mengetahui penyebab dan cara mengatasinya menjadi suatu hal yang penting. Lantas, apa sih penyebab munculnya jerawat di dada ini dan bagaimana mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Jerawat Dada Hal yang Normal

Jerawat dada hal yang normal untuk dialami/freepik.com
Jerawat dada hal yang normal/freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab munculnya jerawat di dada, ada baiknya dipahami terlebih dahulu bahwa kemunculan jerawat di dada ini merupakan suatu hal yang normal. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dokter kulit asal New York Marnie Nussbaum, MD. Ia menjelaskan bahwa dada merupakan tempat yang sangat umum untuk terbentuknya jerawat.

Dada juga mempunyai kelenjar bernama sebaceous yang memungkinkan untuk memproduksi minyak berlebih yang membuat pori-pori menjadi tersumbat yang dilanjutkan dengan peradangan dan pada akhirnya muncul lah jerawat di dada.

Untuk itu, saat menemukan jerawat di bagian dada kamu, tidak perlu khawatir berlebihan karena seyogyanya hal tersebut masih tergolong normal dan terdapat cara-cara untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawat di Dada

Olahraga dan kemudian berkeringat bisa menyebabkan jerawat di dada/freepik.com
Olahraga/freepik.com

Munculnya jerawat di dada bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu internal maupun eksternal. Faktor internal di sini berkaitan dengan perubahan hormon, dehidrasi dan asupan makanan yang dikonsumsi. Sedangkan faktor eksternalnya terbilang lebih banyak yaitu olahraga, penggunaan detergen tertentu, pemakaian parfum dan kurang menjaga kebersihan tubuh.

Perubahan hormon di sini dapat menyebabkan jerawat di dada karena peningkatan hormon androgen secara berlebihan. Saat hormon androgen meningkat, secara otomatis kelenjar sebum akan memproduksi minyak lebih banyak. Alhasil, kemungkinan munculnya jerawat akan lebih besar.

Penggunaan detergen tertentu bisa menyebabkan munculnya jerawat di dada terutama detergen yang mengandung parfum ataupun pewangi. Sementara itu, untuk asupan makanan, apabila mengkonsumsi banyak makanan yang manis-manis, risiko munculnya jerawat di dada akan lebih besar. Hal ini dikarenakan, insulin meningkat dan produksi minyak menjadi lebih banyak.

Terkait dengan faktor eksternal di sini, berolahraga dapat membuat gesekan di antara kulit yang berkeringat dengan pakaian sehingga jerawat di dada bisa muncul. Untuk faktor eksternal lainnya seperti kurangnya kebersihan tubuh juga masih berkaitan dengan kemungkinan berkeringat dan menyebabkan area dada lembap sehingga bakteri penyebab jerawat muncul.  

Mencegah Jerawat di Dada

Mandi secara teratur bisa mencegah munculnya jerawat di dada/freepik.com
Mandi/freepik.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat di dada. Hal ini tidak terlepas dari menghindari berbagai penyebab yang sudah dibahas sebelumnya. Baik itu faktor eksternal dan internal, sebaiknya sama-sama diperhatikan agar meminimalisir kemungkinan munculnya jerawat di dada.

Untuk faktor internal seperti asupan makanan kebutuhan air, tentu bisa kamu penuhi sebaik mungkin agar tetap seimbang. Mengurangi makan makanan yang manis bisa mulai kamu terapkan agar jerawat dada tidak muncul.

Sementara itu, pencegahan dari faktor luar seperti kegiatan berolahraga bisa kamu siasati dengan memakai pakaian olahraga yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan tubuh. Salah satunya dengan mandi secara teratur.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dada

Irisan lemon bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di dada/freepik.com
Irisan lemon/freepik.com

Apabila sudah terlanjut muncul jerawat di dada, maka yang kamu butuhkan adalah cara mengatasinya. Nah, untuk itu, kamu bisa melakukan scrubbing, menggunakan masker putih telur, menggosokkan irisan lemon dan tentunya harus disertai dengan upaya menghindari berbagai penyebab munculnya jerawat di dada.

Scrubbing bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat di bagian dada dan tubuh lainnya. Selain itu, irisan lemon dan masker putih telur juga dapat membantu karena mengandung vitamin dan protein yang baik untuk kulit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id