sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Jerawat Pasir di Dahi dan Pipi yang Mengganggu Penampilan

Retno Wulandari | Rabu, 06 Jan 2021 20:15 WIB
Cara Mengatasi Jerawat Pasir di Dahi dan Pipi yang Mengganggu Penampilan
caption

Jerawat pasir merupakan salah satu jenis jerawat yang berukuran kecil dan muncul dalam jumlah yang banyak. Selain membuat tidak nyaman, kemunculan jerawat pasir yang biasanya di dahi atau di pipi juga dapat membuat rasa kepercayaan diri berkurang karena mengganggu penampilan. 

Nah, jika penampilan kamu terganggu oleh kemunculan jerawat pasir, berikut 3 tips untuk mengatasi jerawat pasir di dahi dan pipi.

1. Cara Alami

Cara Mengatasi Jerawat Pasir
Foto:Cara Alami/freepik.com/

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat pasir adalah menggunakan bahan alami. Yup, bahan alami memang lebih aman digunakan karena tidak menimbulkan efek yang dapat memperparah kondisi jerawat pasir di wajah, LadiesNah, berikut bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat pasir:

  • Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alami yang paling sering dimanfaatkan untuk kecantikan. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut dengan polifenol yang bekerja sebagai antibakteri. Senyawa inilah yang nantinya bekerja untuk membantu mengatasi jerawat pasir. Caranya, haluskan daging lidah buaya, lalu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin, maksimal 3-4 kali dalam satu minggu ya.

  • Mentimun

Tidak hanya mengandung kadar air yang cukup tinggi, mentimun juga mengandung vitamin A, B, dan C, serta memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, mangan, dan silika. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat diuretik, yakni efek pendingin dan pembersih bagi wajah lho, Ladies. Kaya akan kandungan baik, tidak heran jika mentimun bisa kamu manfaatkan untuk atasi jerawat pasir di wajah. Caranya cukup mudah, iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

  • Tomat

Selain mentimun, tomat juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat pasir karena memiliki banyak manfaat. Caranya, pilih buah tomat yang sudah matang dan masih segar, lalu haluskan. Setelah benar-benar halus, aplikasikan secara merata pada wajah sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau hingga masker tomat mengering. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih.

2. Gunakan Produk Skincare Khusus Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat Pasir
Foto:Produk Skincare Khusus Jerawat/freepik.com/

Selain memanfaatkan bahan alami, kamu juga bisa mengandalkan produk skincare yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat, khususnya jerawat pasir. Agar tidak salah pilih karena produk skincare saat ini sangat beragam di pasaran, berikut tiga bahan pada skincare yang aman dan efektif untuk mengatasi jerawat pasir:

  • Salicylic Acid

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan bahan skincare untuk mengatasi jerawat yang paling populer. Salicylic acid berfungsi untuk mengontrol penumpukkan sel kulit mati dan produksi minyak yang berlebih. Dimana, kedua hal ini merupakan faktor utama penyebab jerawat. Salicylic acid dikenal sebagai eksfoliator lembut untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus sebagai zat antiperadangan untuk menenangkan jerawat yang meradang dan iritasi.

  • Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide atau benzoil peroksida merupakan salah satu bahan utama obat jerawat pada skincare yang bekerja sebagai agen atau zat antibakteri untuk mencegah timbulnya jerawat. For your information, Ladiesbenzoyl peroxide idealnya cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak yang akan merawat jerawat meradang dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang.

  • Retinoid

Bahan utama yang terdapat pada produk skincare untuk mengatasi jerawat selanjutnya adalah retinoid. Selain menghambat pertumbuhan jerawat, bahan yang kerap direkomendasikan oleh ahli dermatologi ini dapat mengurangi intensitas peradangan serta menghilangkan bekas jerawat dengan mempercepat proses regenerasi sel.

3. Pola Makan yang Sehat

Cara Mengatasi Jerawat Pasir
Foto:Pola Makan Sehat/freepik.com/

Last but not least! Karena pola makan memegang peran yang penting dalam menjaga kesehatan kulit, maka pola makan yang sehat merupakan cara yang paling penting agar jerawat pasir cepat menghilang, Ladies.

Kebiasaan pola makan sehat untuk mengatasi jerawat di wajah yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi banyak sayur dan buah, minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan hindari mengonsumsi gula terlalu banyak serta makanan yang berminyak.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id