STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Musim Hujan Justru Picu Kondisi Kulit Jadi Kering, Lho! Ini Penjelasan dan Saran Cara Tepat Merawatnya

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Minggu, 06 Nov 2022 12:30 WIB
Musim Hujan Justru Picu Kondisi Kulit Jadi Kering, Lho! Ini Penjelasan dan Saran Cara Tepat Merawatnya

Saat ini Indonesia sudah berada di musim hujan. Sebagian orang menantikan musim ini karena merasakan sejuknya cuaca ketika dinaungi mendung. Harumnya petrikor pun bisa membawa kenangan tersendiri, hingga nyenyaknya tidur dibarengi dengan rintik hujan.

Sebagian dari kamu mungkin terlena dengan keadaan tersebut sehingga tidak menyadari kondisi kulit saat musim hujan. Berpikir bahwa udara yang sejuk membantu menjaga kelembapan alami kulit, ternyata kurang tepat. Nyatanya ketika kamu lalai tidak merawat kulit, yang bisa terjadi adalah kulit menjadi kering hingga bersisik. Duh, nggak banget ya, Beauties.

Buat kamu yang penasaran mengapa kulit menjadi kering saat musim hujan bisa simak penjelasan berikut ini.

Kelembapan Kulit Menguap Saat Musim Hujan

Kulit kering
Kulit kering/ Foto: freepik.com/freepik

Jika kamu berpikir untuk melewatkan body lotion atau sunscreen saat musim hujan karena jarang terpapar matahari, maka kamu salah. Faktanya, kulit menjadi rentan kering ketika musim hujan melanda. Melansir dari laman BeautyHub, ketika musim hujan udara di luar dingin dan kering, kelembapan di kulit dapat menguap dengan cepat, membuatnya kencang, gatal, dan bersisik.

Perubahan suhu dapat memicu sensitivitas dan kekeringan kulit yang membuatnya rentan terhadap iritasi, peradangan, dan infeksi. Yang lebih parah, masalah kulit yang umum terjadi selama musim hujan termasuk eksim dan infeksi jamur.

Ditambah bila kamu sedikit malas merawat kulit sehingga kulit akan mudah kehilangan kelembapan dan menjadi semakin kering. Padahal pada kondisi tersebut, kamu butuh merawat kulit secara ekstra. 

Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Hujan

Mengaplikasikan pelembab
Mengaplikasikan pelembab/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Tidak hanya sebatas membuat kulit kering, dikutip dari laman Be Beautiful, musim hujan juga bisa membuat kulit lebih berminyak dari aslinya, bahkan jika kamu memiliki tipe kulit kering. Bukan berarti lebih baik, sebab kondisi minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. 

Untuk itu, kamu memerlukan beberapa upaya untuk merawat kulit di saat musim hujan. Diantaranya kamu perlu selalu menghidrasi tubuh dengan cukup minum air putih meski musim hujan jarang membuatmu kehausan. Cara lain yang juga perlu kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering di kala musim hujan yakni:

  • Melakukan eksfoliasi
  • Rutin mengaplikasikan pelembab dan sunscreen
  • Makan makanan yang bergizi dan bagus untuk kesehatan kulit
  • Hindari mandi menggunakan air panas ketika kulit kondisi kering.

Nah, itu tadi alasan mengapa kulitmu menjadi kering ketika musim hujan dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE