sign up SIGN UP

Penggunaan Retinol Sebaiknya Dimulai pada Umur Berapa? Cari Tahu Selengkapnya di Sini

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 06:00 WIB
Penggunaan Retinol Sebaiknya Dimulai pada Umur Berapa? Cari Tahu Selengkapnya di Sini
caption
Jakarta -

Produk skincare dengan kandungan retinol sedang banyak digandrungi oleh kalangan pencinta skincare. Bahan aktif ini dikenal memiliki sejumlah manfaat baik untuk kulit sehingga banyak disukai.

Manfaat retinol diantaranya, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat dan yang paling diandalkan nih untuk mencegah penuaan dini. Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan skincare dengan kandungan retinol nggak boleh sembarangan ya, Beauties.

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar pemakaian skincare retinol tidak menimbulkan efek samping ke kulit. Hmmm, sebenarnya di umur berapa sih waktu tepat untuk mulai menggunakan retinol? Cari tahu di sini, yuk!

Apa Itu Retinol?

Ilustrasi/ Freepik.com/ Image by Freepik
Ilustrasi produk retinol/ Foto: freepik.com

Sebelum membahas terlalu jauh, yuk kenalan dulu dengan bahan aktif retinol yang tengah naik daun ini. Pada dasarnya retinol sendiri adalah turunan vitamin A yang dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel.

Makanya, retinol ini banyak digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat retinol untuk kulit ada beragam, mulai dari mengatasi jerawat, bikin wajah glowing dan mencegah penuaan kulit.

Produk skincare dengan kandungan retinol pun makin mudah untuk ditemui seperti krim, serum, dan toner.

Penggunaan Retinol Dimulai pada Umur Berapa?

Ilustrasi/ Freepik.com/ Image by Freepik
Ilustrasi memakai retinol/ Foto: freepik.com

Salah satu manfaat retinol yang paling banyak diandalkan adalah kemampuannya untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Oleh karena itulah mungkin banyak yang penasaran sejak kapan sih penggunaan retinol ini dianjurkan?

Mengingat tanda penuaan yang akan muncul pada umur-umur tertentu. Belum lagi penggunaan retinol ini tidak boleh asal-asalan karena dapat menimbulkan iritasi. 

Oleh karenanya penggunaan retinol ini dianjurkan dimulai pada umur sekitar 25 tahun hingga 30 tahun. Sebab pada sekitaran usia tersebutlah tanda penuaan seperti garis halus mulai muncul di wajah. Terlebih di usia 30 tahunan, kadar kolagen akan menurun lebih cepat seiring berjalannya waktu.

Tips Penggunaan Retinol

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Andrea Piacquadio
Ilustrasi memakai retinol/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Setelah mantap ingin menggunakan retinol, kalian juga harus tahu nih tips menggunakan retinol. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya efek iritasi di wajah.

Untuk menggunakan produk dengan ingredients retinol harus secara perlahan. Cara pemakaian retinol untuk pemula yaitu dengan tidak menggunakannya setiap hari.

Gunakan produk dengan kandungan retinol pada malam hari dengan frekuensi 2 kali seminggu hingga 3 kali seminggu dan ditingkatkan secara bertahap.

Itu dia waktu penggunaan retinol yang tepat dan tips menggunakan retinol. Jangan lupa sebelum membeli produk dengan kandungan retinol, sesuaikan dengan jenis kulitmu juga, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id