sign up SIGN UP

Punya Rambut Keriting, Kering, dan Kusut? Ini 3 Rekomendasi Essential Oil untuk Mengatasinya!

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 10 Nov 2021 10:00 WIB
Punya Rambut Keriting, Kering, dan Kusut? Ini 3 Rekomendasi Essential Oil untuk Mengatasinya!
caption
Jakarta -

Setiap jenis atau kondisi rambut memiliki masalahnya sendiri-sendiri, tak terkecuali rambut keriting. Kusut, kering, kaku, rontok, hingga ketombe bisa menjangkiti pemilik rambut keriting. Hal ini disebabkan karena minyak alami rambut pada rambut keriting lebih perlu banyak waktu untuk mendistribusikan ke seluruh helai batang rambut yang berulir.

Untuk menjaga kelembaban serta merawat ulir rambut yang alami, dibutuhkan minyak tambahan, seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak argan, dan minyak bersifat carrier lainnya. Kamu juga bisa menambahkan minyak atsiri atau essential oil ke dalamnya untuk mendapat manfaat lebih bagi rambut keritingmu.

Dengan mengoleskan minyak esensial dan minyak carrier, kesehatan kulit kepala bisa lebih baik dari sebelumnya. Namun, kamu juga perlu memilih jenis minyak atsiri yang tepat untuk hal ini. Dikutip dari Byrdie, ada tiga minyak atsiri yang bisa memberi manfaat bagi kulit kepala dan rambut keriting.

Minyak Rosemary

Meskipun rambut ikal setiap orang berbeda, sebagian besar pakar menyarankan untuk menerapkan produk penataan rambut pada rambut keriting saat masih lembab atau basah untuk menghindari kusut, rasa kaku dan lengket yang mungkin timbul dari penggunaan produk pada rambut.Ilustrasi rambut keriting. (Foto: Freepik.com)/ Foto: Rumaysha Milhania

Minyak atsiri ini terbuat dari tumbuhan rosemary. Bukan cuma untuk memasak steak, rosemary juga bermanfaat untuk rambut, Beauties. "Minyak ini adalah stimulan kuat untuk pertumbuhan rambut dengan sifat antioksidan dan antimikroba," kata dr. Kari Williams, Ph.D., seorang ahli trikologi bersertifikat dan ahli kecantikan berlisensi.

Williams menambahkan, rosemary juga bagus untuk menenangkan dan mencegah gejala ketombe, juga memperkuat sirkulasi, sehingga membuatnya bagus untuk mencegah kerontokan rambut.

Tambahkan minyak rosemary ke dalam sampo atau kondisioner sebanyak 3-5 tetes, pijat kulit kepala sekitar lima menit. Selanjutnya, bilas.

Minyak Ylang-Ylang

Selain masalah rambut rapuh, rambut keriting juga lebih rentan kusut dan kasar. Itulah sebabnya sangat penting untuk menangani rambut keriting dengan ekstra hati-hati.Ilustrasi rambut keriting. (Foto: Freepik.com)/ Foto: Rumaysha Milhania

Ylang-ylang merupakan tumbuhan yang satu genus dengan kenanga. Minyak ini membantu kulit kepala menjadi sehat karena nutrisi pada folikel. Selain itu, minyak atsiri ylang-ylang juga mengobati rambut rontok dan rambut rusak dengan merangsang kelenjar sebaceous, kelenjar yang berfungsi memproduksi sebum.

Kamu bisa menggunakan minyak ini sebagai bahan campuran pada masker rambut atau perawatan lainnya. Campurkan lima tetes minyak kenanga dengan minyak carrier seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan ke rambut dan kulit kepala, pijat, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan sampo.

Tea Tree

Cara merawat rambut keriting/foto: freepik.comIlustrasi rambut keriting. (Foto: freepik.com)/ Foto: detik

Minyak tea tree memiliki manfaat antijamur yang sangat efektif. "Minyak ini dapat menciptakan sensasi menenangkan yang kuat ketika ditambahkan ke produk, dan bekerja sebagai agen pembersih yang efektif," jelas Williams.

Kalau kamu berjuang menghilangkan ketombe, minyak tea tree adalah solusi yang bagus, sebab minyak ini merangsang kulit kepala dan folikel rambut sekaligus memerangi ketombe dan pengelupasan kulit kepala.

Kamu bisa menggunakan minyak ini seperti menggunakan minyak ylang-ylang, atau digunakan dengan sampo. Ambil beberapa tetes minyak tea tree dan campur dengan sedikit sampo untuk efek menyegarkan.

Merawat Rambut Keriting/freepik.comMerawat Rambut Keriting (Foto: freepik.com)/ Foto: detik

Jika kamu ingin menstimulasi pertumbuhan rambut, kamu bisa menjadikannya masker dengan mencampurkannya ke carrier oil seperti kelapa atau jojoba sebanyak 1-3 tetes. Pijat ke kulit kepala Anda selama 3-5 menit, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Perlu diingat bahwa kamu harus selalu mencampurkan minyak atsiri dari varian apa pun dengan carrier oil dan tidak menggunakannya langsung ke kulit. Sebab, minyak atsiri bersifat konsentrat yang bisa melukai kulit atau berefek pada kesehatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id