STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sederet Manfaat Eksfoliasi Kulit Wajah, Salah Satunya Bikin Cerah Maksimal!

Fahira Mahza | Beautynesia
Jumat, 24 Feb 2023 19:30 WIB
Sederet Manfaat Eksfoliasi Kulit Wajah, Salah Satunya Bikin Cerah Maksimal!

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit yang umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, zat granular, atau alat pengelupasan kulit lainnya.

Proses ini penting bagi kesehatan kulit sebab jika sel-sel kulit mati tidak terlepas sepenuhnya maka dapat membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan pori-pori semakin besar.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, eksfoliasi memiliki banyak manfaat bagi kulit diantaranya dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit topikal, hingga menjadi cara menghilangkan flek hitam pada wajah.

Agar kamu mengetahui lebih dalam manfaat dari eksfoliasi, yuk simak 5 manfaat yang akan kamu dapatkan dengan melakukan eksfoliasi pada wajahmu.

Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit
Mencerahkan kulit/foto: pexels.com

Seperti yang disebutkan oleh American Academy of Dermatology bahwa dengan melakukan eksfoliasi pada kulit wajahmu maka dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Hal ini terjadi karena proses eksfoliasi membantu kamu untuk menghilangkan kotoran-kotoran di dalam pori-porimu serta membantumu dalam pengangkatan sel kulit mati sehingga dapat membuat wajahmu terlihat lebih cerah dan halus tentunya.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Meningkatkan produksi kolagen
Meningkatkan produksi kolagen/foto: pexels.com

Seiring bertambahnya usia membuat kulit rentan menjadi kasar dan berkerut. Hal tersebut memang lumrah terjadi namun bila kamu ingin mengatasi masalah tersebut, salah satu cara yaitu dengan melakukan eksfoliasi.

Karena eksfoliasi mendorong pengelupasan sel kulit sehingga wajah menjadi lebih kencang, kenyal, elastis, minim tampilan garis halus, dan bebas kerutan.

Mengurangi Jerawat

Mengurangi jerawat
Mengurangi jerawat/foto: pexels.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang seringkali terjadi pada wajah. Penyebab jerawat umumnya berkaitan dengan produksi sebum (minyak alami kulit) dan bakteri yang berlebihan di sekitar kelenjar sebaceous.

Jika kamu memiliki concern untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa lho mengatasinya dengan rutin melakukan eksfoliasi pada wajah. Sebab eksfoliasi wajah bertujuan untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan mencegah produksi minyak berlebih sehingga dapat membantu mencegah jerawat dan mengurangi bekas jerawat.

Hal itu juga pernah disampaikan oleh American Academy of Dermatology bila manfaat dari melakukan eksfoliasi bisa mencegah atau mengurangi jerawat.

Mengoptimalkan Penyerapan Skincare

Mengoptimalkan penyerapan skincare
Mengoptimalkan penyerapan skincare/foto: pexels.com

Guna mendapatkan kulit yang sehat dan halus pastinya banyak dari kalian menjaganya dengan menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit. Namun tak jarang ketika sudah menggunakan berbagai skincare dengan jangka waktu yang lama tetapi seringkali kulit tidak ada perubahan bahkan cenderung menjadi kusam.

Hal tersebut memang bisa saja karena skincare yang kamu gunakan tidak cocok dengan kulitmu namun bisa saja terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk sehingga menghambat penyerapan skincare yang kamu gunakan.

Maka kamu perlu melakukan eksfoliasi agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari produk perawatan wajah yang kamu gunakan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Oksigen

Meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen
Meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen/foto: pexels.com

Manfaat eksfoliasi selanjutnya yang mungkin jarang diketahui banyak orang ialah dapat meningkatkan sirkulasi darah yang kaya kan oksigen di daerah wajah.

Hal ini dikarenakan eksfoliasi wajah merupakan bentuk detoksifikasi kulit, yang bekerja untuk membuang racun dan kotoran tidak sehat lainnya. Dengan begitu kulit akan ternutrisi dengan baik dan menyehatkan permukaan kulit.

Nah, itulah sederet manfaat yang akan kamu dapatkan apabila melakukan eksfoliasi secara rutin di area wajah. Tentunya manfaat tersebut akan membantu kulitmu agar tetap sehat, halus, dan bercahaya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE