sign up SIGN UP

Setiap Tempat Memiliki Arti, Inilah Perbedaan Tanda Jerawat Stres dengan Jerawat Lainnya

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 08:00 WIB
Setiap Tempat Memiliki Arti, Inilah Perbedaan Tanda Jerawat Stres dengan Jerawat Lainnya
caption

Saat Beauties menginjak dewasa, jerawat bukan hanya diakibatkan oleh pori-pori yang tersumbat. Hal-hal seperti stres dan hormon juga dapat menjadi penyebab jerawat.

Bahkan, jerawat stres bisa terjadi kapan saja dan pada usia berapa pun. Misalnya, pada orang dewasa jerawat stres dipicu oleh tugas kuliah atau masalah kerjaan, sedangkan pada remaja diakibatkan oleh tugas sekolah.

Lantas, bagaimana sebenarnya hubungan stres dengan penyebab munculnya jerawat di wajah?

cara menghilangkan jerawat stres di dahi
Jerawat stres dipicu oleh perubahan kadar hormon kortisol/Foto: Pexels.com/Yan Krukov

Penyebab Jerawat Stres

Pada saat kamu stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol). Peningkatan kadar kortisol berpengaruh pada terganggunya keseimbangan produksi sebum/minyak, lalu mengakibatkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya jerawat.

Jerawat Stres Vs Jerawat Hormon

Menurut ahli dermatologi bersertifikat Donna Hart, MD, meski faktor hormon sama-sama berperan, tetapi jerawat stres memiliki perbedaan waktu dan letak dengan jerawat hormon.

Bila jerawat sering muncul menjelang atau di tengah siklus menstruasi, kemungkinan besar kamu mengalami jerawat hormon. Lalu, jerawat hormon cenderung tumbuh di tempat yang sama berulang-ulang, dengan jenis cystic acne/jerawat batu lantaran efek dari penumpukan minyak.

cara menghilangkan jerawat stres di dahi
Jerawat stres biasa muncul di area T wajah/Foto: Pinterest.com/Stylecraze

Berbeda dengan jenis jerawat lainnya, jerawat stres biasanya akan muncul di area paling berminyak di wajah, yaitu T-zone, diikuti dengan gejala lain. Tanda-tandanya berupa pori-pori membesar, wajah lebih berminyak, timbul komedo hitam dan putih, timbul kemerahan dan gatal, serta kulit terasa kasar.

Oleh karena itu, penyebab jerawat di dahi kerap dikaitkan dengan faktor stres karena letaknya yang berada di area T wajah.

Tips Perawatan bagi Jerawat Stres

cara menghilangkan jerawat stres di dahi
Rangkaian skincare Scarlett Whitening Acne Series mengandung salicylic acid/Foto: Instagram.com/scarlett_whitening

Dokter kulit berbasis di New York, Michele S. Green, MD, merekomendasikan penggunaan produk skincare, termasuk acne spot treatment yang mengandung salicylic acid untuk mengatasi jerawat stres. Kandungan yang bagus bagi kulit berjerawat ini mampu meresap masuk ke lapisan kulit dan menghancurkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Kamu bisa memanfaatkan rangkaian Acne Care Series berupa serum dan pelembap dari Scarlett Whitening atau ElsheSkin. Untuk rekomendasi acne spot, cobalah MS Glow Acne Spot dengan kandungan salicylic acid dan Centella asiatica.

Meski begitu, tetap saja hal paling ampuh dalam mencegah dan menanggulangi jerawat stres adalah dengan memastikan tingkat stres tetap baik. Minum banyak air, makan makanan yang sehat, berolahraga, serta lakukanlah hal-hal seperti tidur lebih banyak dan bersantai untuk mengelola stres.

Bila kamu merasa kondisi jerawat semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit demi mempercepat pemulihan ya!

[Gambas:Youtube]

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id