STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Simak Perbedaan Kulit Sensitif dan Reaksi Alergi, Serupa Tapi Tak Sama

Dian Aprilia | Beautynesia
Selasa, 03 Aug 2021 18:45 WIB
Simak Perbedaan Kulit Sensitif dan Reaksi Alergi, Serupa Tapi Tak Sama

Ada kalanya saat mengalami masalah di area wajah, kamu kebingungan menentukan apakah hal tersebut disebabkan karena kulit sensitif atau reaksi alergi. Memang hal yang tampak di luar cenderung hampir sama, seperti breakout, iritasi di wajah, dan lainnya. Namun sebenarnya kulit sensitif dan reaksi alergi merupakan kedua masalah kulit yang berbeda.

Kulit sensitif adalah istilah masalah kulit yang ditandai dengan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi karena reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor seperti cuaca, zat lingkungan, hormon atau stres, bahan kimia, atau produk skincare tertentu. Berikut Beautynesia merangkum perbedaan kulit sensitif dan reaksi alergi

Penyebab

Kulit sensitif
Kulit sensitif/freepik.com/freepik

Penyebab kulit sensitif bukan disebabkan karena zat tertentu melainkan seberapa sering reaksi seseorang terhadap faktor yang memengaruhinya baik secara internal maupun eksternal. Mulai dari penggunaan bahan kimia tertentu, produk skincare, cuaca, debu, kotoran atau hormon stres.

Sedangkan penyebab kulit alergi disebabkan karena saat sistem kekebalan tubuh jadi aktif dan bereaksi berlebihan karena paparan zat kimia, makanan, atau kotoran.

Ciri-ciri

Kulit sensitif
Kulit sensitif/freepik.com/freepik

Sebenarnya, kulit sensitif dan kulit alergi memiliki ciri-ciri yang hampir sama, hanya saja perbedaannya pada intensitas. Kulit sensitif cenderung sering mengalami masalah kulit, sedangkan kulit alergi cenderung jarang bergantung karena reaksi terhadap stimulus penyebab.

Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif akan mengalami keluhan di kulit dalam waktu singkat atau secara langsung setelah terpapar faktor pemicu.

Reaksi Alergi

Reaksi alergi bisa muncul sesaat setelah paparan suatu zat tertentu tetapi bisa juga baru muncul beberapa waktu kemudian sekitar 12-48 jam setelahnya.

Cara mengatasi

Kulit sensitif
Kulit sensitif/freepik.com/cookie_studio

Kulit sensitif

  • Pilih produk skincare untuk kulit sensitif yang cenderung aman, biasanya ditandai dengan sedikit kandungan bahan kimia, gentle di kulit dan kurangi penggunaan produk yang memiliki kandungan fragrance yang terlalu tinggi.
  • Pilih produk skincare untuk kulit sensitif dengan label hypoallergenic.
  • Jauhi produk skincare untuk kulit sensitif yang mengandung bahan iritatif seperti antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid.
  • Sering pakai pelembap wajah yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, dimethicone, atau gliserin.
  • Jangan lupa gunakan sunscreen.

Reaksi alergi

  • Saat mengalami reaksi alergi karena pemakaian zat tertentu, catat kandungan skincare di dalamnya. Lalu komunikasikan hal ini dengan dokter kulit.
  • Selanjutnya, kamu bisa menghindari berbagai skincare yang mengandung kandungan pemicu reaksi alergi tersebut.
  • Selain itu, kamu boleh berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut terkait kandungan-kandungan apa yang harus dihindari dan boleh digunakan.

Itulah perbedaan antara kulit sensitif dan reaksi alergi, meski terlihat sama tetapi keduanya berbeda.

(raf/raf)

RELATED ARTICLE