sign up SIGN UP

Skincare Tepat Pangkal Kulit Sehat, Ini 3 Tips Memilih Retinol Menurut Dokter Kulit

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 15 Dec 2021 16:00 WIB
Skincare Tepat Pangkal Kulit Sehat, Ini 3 Tips Memilih Retinol Menurut Dokter Kulit
caption
Jakarta -

Dalam urusan memilih skincare, biasanya seseorang memilih untuk melihat ulasannya terlebih dahulu sebelum membeli. Namun, tak jarang orang menyadari bahwa setiap individu punya jenis kulit, sensitivitas, dan permasalahan kulit yang berbeda. 

Maka dari itu, untuk menemukan skincare yang tepat nggak bisa berpatokan pada kulit orang lain. Sebaliknya, kamu bisa berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya, seperti dokter kulit, misalnya. Apalagi untuk penggunaan bahan aktif pada skincare.

Dihimpun dari Everything Health, seorang dokter bedah plastik yang berbasis di Denver, Colorado, Amerika Serikat, Manish Shah, MD, dan Nazanin Saedi, MD, dokter kulit asal Philadelphia, memberi beberapa saran mengenai pemilihan skincare berbahan retinol. Berikut ulasannya.

Cari Persentase pada Label

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam mencari skincare berbahan retinol adalah kadarnya. Jika kamu pendatang baru, cobalah dengan presentase yang terbilang rendah.

skincareIlustrasi skincare retinol. (Foto: pexels.com/cup of couple)/ Foto: pexels.com/cup of couple

"Yang paling umum adalah 1, 0,5, 0,3, dan 0,25 persen, jika produk tidak mencantumkan persentase retinol pada label, biasanya berarti konsentrasinya lebih rendah dari 0,25 persen, yang artinya mungkin nggak memberi manfaat penuh," kata Saedi pada Everyday Health.

Kendati demikian, Saedi menambahkan, perhatikan formulasi dan frekuensi pemakaian yang sesuai. Beberapa konsentrasi bisa jadi terlalu kuat untuk kulit, sebab konsentrasi maksimum itu akan berbeda untuk setiap orang, kamu harus melakukan trial and error untuk mendapat skincare yang tepat.

Pertimbangkan Jenis Produk

Skincare Routine Menurut Dermatologist/ pexels.com/ CottonbroIlustrasi retinol. (Foto: pexels.com/Cottonbro)/ Foto: Sri Widiastuti

Menurut Shah, skincare dengan kandungan gel yang mengandung alkohol, biasanya lebih cocok untuk kulit berjerawat, karena kandungan alkohol di dalamnya dapat mengeringkan sehingga mengurangi jerawat.

Di lain sisi, skincare berbahan krim umumnya lebih lembut dan oily, sehingga cocok digunakan oleh

Hindari Bahan yang Serupa

Sekali lagi, kamu harus melihat label kemasan pada produk skincare-mu. Hindari menggunakan produk yang mengandung nama serupa retinol. Pro-retinol dan retinil propionat adalah contohnya. Kedua bahan tersebut bukan bahan yang sama dan tidak akan memberikan hasil yang sama, kata Shah.

Ilustrasi produk skincare/Pexels.com/Jill BurrowIlustrasi produk skincare. (Foto: Pexels.com/Jill Burrow)/ Foto: Dians Marfuah

"Turunan retinol secara umum lebih lemah dan kurang efektif dibandingkan retinol, jika tujuan kamu adalah untuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, kamu lebih baik memilih sesuatu dengan retinol biasa," kata Shah.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id