STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tanda Kamu Punya Jenis Kulit Wajah Kombinasi dan Begini Cara Merawatnya

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 07 Oct 2022 06:30 WIB
Tanda Kamu Punya Jenis Kulit Wajah Kombinasi dan Begini Cara Merawatnya

Ada beberapa jenis kulit pada wajah setiap orang, dan salah satunya merupakan tipe kombinasi. Tentu cara merawatnya perlu diperhatikan agar kulitmu bisa bebas dari masalah, Beauties. Sebelum mengetahui cara merawat sehari-hari yang tepat, kamu perlu mengetahui dulu tanda kamu si pemilik jenis kulit wjah ini.

Ciri Kulit Kombinasi

Mengutip Healthline, yaitu ada bagian dari kulit wajah yang berminyak, tepatnya di T zone (hidung, dagu, dan dahi), sementara kering di sekitar pipi. Selain itu juga kamu punya pori-pori yang besar. Bagaimana, familier dengan hal ini?

Kulit kombinasi dapat terjadi karena faktor hormonal dan perubahan iklim yang kemudian dapat mempengaruhi kulit, Beauties.

Tips Merawat Kulit Kombinasi

Tips merawat jenis kulit kombinasi/Foto: Freepik/valuavitaly
Tips merawat jenis kulit kombinasi/Foto: Freepik/valuavitaly

Bersihkan Wajah 2 Kali Sehari

Kamu perlu menjaga kebersihan kulit wajahmu yaitu dengan membersihkannya dua kali sehari. Cermati kandungan pada pembersih wajah, yaitu pilihlah formula yang ringan, lembut, serta dapat menenangkan kulit.

Lanjutkan Penggunaan Toner Wajah

Setelah wajah dibersihkan, aplikasikan toner wajah yang gunanya mengurangi minyak berlebih pada wajah namun juga menjaga kulitmu tetap lembap. Kamu juga perlu memilih kandungan yang ringan, serta bebas alkohol dan lebih baik mengandung ekstrak bahan alami.

Pelembap dan Sunscreen Setiap Hari

Dalam merawat kulit jenis kombinasi, mengutip Healthline, kamu membutuhkan dua jenis pelembap. Untuk area kering, pilih yang formula krim, sementara yang berminyak pilih yang formulanya air atau water-based dan ringan. Setelah itu gunakan sunscreen yang ringan juga dengan SPF 30.

Rutin menggunakan masker untuk merawat jenis kulit kombinasi/Foto: Freepik.com/freepik
Rutin menggunakan masker untuk merawat jenis kulit kombinasi/Foto: Freepik.com/freepik

Rutin Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit wajah diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menjaga pori-pori tetap bersih, serta melembapkan area wajah yang kering, Beauties. Eksfoliasi cukup dilakukan 1-2 kali dalam seminggu saja.

Gunakan Masker Wajah

Masker wajah juga perlu digunakan secara rutin, tapi juga tidak perlu setiap hari yakni seminggu sekali saja. Kamu juga disarankan menggunakan beberapa jenis masker, untuk membedakan pengaplikasian di area wajah kering dan berminyak.

Tips Tambahan:

Tampak butuh mengeluarkan uang karena punya kulit kombinasi, Beauties? Kabar baiknya, menurut aesthetic physician di Aventus Clinic seperti yang dikutip dari Healthline, kamu bisa mencari produk dengan bahan utama niacinamide yang diketahui bisa bekerja atau cocok buat kulit kombinasi.

Selain itu carilah produk multiguna yang mengandung aneka bahan aktif dan memang cocok buat kulit kombinasi, alih-alih membeli banyak produk.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE