STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Cara Tepat Menggunakan Vitamin C pada Rangkaian Skincare, Kulit Auto Glowing!

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 30 Sep 2022 04:30 WIB
6 Cara Tepat Menggunakan Vitamin C pada Rangkaian Skincare, Kulit Auto Glowing!

Vitamin C atau dikenal sebagai ascorbic acid saat ini banyak ditemukan pada produk kecantikan, mulai dari pembersih wajah, toner, serum, pelembap, bahkan masker wajah.

Vitamin C merupakan salah satu kandungan aktif yang banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata, bintik hitam, atau tanda-tanda penuaan. 

Hal ini disebabkan vitamin C mengandung antioksidan tinggi untuk melawan radikal bebas dan mengurangi pembentukan melanin berlebih di kulit wajah. Walaupun begitu, pemakaian vitamin C masih diragukan oleh beberapa orang, dikarenakan efek samping, seperti iritasi. 

Nah, melansir dari beberapa sumber, berikut cara tepat pemakaian vitamin C supaya kulit cerah dan glowing

1. Menggabungkan Vitamin C dan Tabir Surya

Menggabungkan Vitamin C dan Tabir Surya
Menggabungkan Vitamin C dan Tabir Surya/Foto: freepik.com/gpointstudio

Untuk meningkatkan perlindungan dari sinar UV matahari, penggabungan vitamin C dengan tabir surya merupakan kombinasi yang tepat. Hal ini disebabkan tabir surya menyerap sinar UVA dan UVB, sedangkan vitamin C membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Penggunaan tabir surya yang disarankan saat menggabungkan dengan vitamin C adalah minimal SPF 30 atau lebih. Demikian yang dilansir dari laman Refinery29.

2. Beri Jeda Sebelum Menggunakan Pelembap

Beri Jeda sebelum Menggunakan Pelembap
Beri Jeda sebelum Menggunakan Pelembap/Foto: freepik.com/rawpixel.com

Penggunaan vitamin C yang tepat dalam rangkaian skincare adalah sesudah toner dan sebelum pelembap. Sebaiknya jangan langsung ditimpa dengan pelembap, Beauties.

Beri jeda 5 sampai 10 menit untuk vitamin C meresap ke dalam kulit sebelum menggunakan rangkaian produk lainnya. Aplikasikan 2 sampai 3 tetes ke tangan, gosok dengan perlahan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah dengan pijatan lembut. 

3. Bersihkan Wajah dengan Produk yang Gentle

Bersihkan Wajah dengan Produk yang Gentle
Bersihkan Wajah dengan Produk yang Gentle/Foto: freepik.com/jcomp

Supaya rangkaian skincare dapat bekerja dengan optimal, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan kandungan yang gentle. Hindari pembersih wajah yang mengandung banyak kandungan aktif untuk meminimalisir kulit menjadi kering karena terlalu banyak kandungan aktif dalam satu rangkaian. 

4. Hentikan Penggunaan jika Produk Oksidasi 

Hentikan Penggunaan jika Produk Oksidasi
Hentikan Penggunaan jika Produk Oksidasi/Foto: freepik.com/freepik

Melansir dari laman SELF, vitamin C sangat sensitif terhadap cahaya dan udara yang menyebabkan vitamin C mudah teroksidasi dan warnanya menjadi kuning atau kecoklatan. 

Ketika produk vitamin C sudah berubah warna dan berbau masam, kandungannya menjadi tidak efektif dan dapat membuat kulit menjadi iritasi atau gatal. Perhatikan juga tanggal pembelian produk dan penyimpanan produknya. 

5. Hindari Penggunaan Vitamin C dan Retinol Bersamaan

Hindari Penggunaan Vitamin C dan Retinol Bersamaan
Hindari Penggunaan Vitamin C dan Retinol Bersamaan/Foto: freepik.com/freepik

Hindari menggunakan vitamin C dengan retinol dalam waktu yang bersamaan. Kedua kandungan ini merupakan kandungan aktif dan pemakaian dalam waktu bersamaan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, demikian seperti yang dilansir dari laman Swirlster.

Namun, Beauties dapat menggunakan vitamin C di pagi hari dengan tabir surya dan retinol pada malam hari untuk regenerasi sel kulit. 

6. Gabungkan Vitamin C dengan Antioksidan Lainnya

Gabungkan Vitamin C dengan Antioksidan Lainnya
Gabungkan Vitamin C dengan Antioksidan Lainnya/Foto: freepik.com/rawpixel.com

Walaupun tidak dapat digabungkan dengan retinol, vitamin C dapat digabungkan dengan kandungan antioksidan lainnya, seperti vitamin E dan ferulic acid. Hal ini disebabkan antioksidan bersifat sinergis dan dapat meningkatkan khasiat satu sama lain. Demikian seperti yang dilansir dari laman Petite and Soignee.

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE