STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Saat Menyimpan Produk Kecantikan Ini Dapat Membuatnya Cepat Rusak! Kamu Sering Lakukan?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Kamis, 12 Jan 2023 08:00 WIB
Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Saat Menyimpan Produk Kecantikan Ini Dapat Membuatnya Cepat Rusak! Kamu Sering Lakukan?
Deretan Kesalahan Saat Menyimpan Produk Kecantikan/Foto: Freepik/freepik

Industri kecantikan begitu cepat membawa hal-hal baru setiap harinya, termasuk soal produk skincare dan produk makeup terbaru. Kini bukan hanya kreator konten kecantikan saja, semua kalangan ikutan gemar mengoleksi beberapa merek produk kecantikan yang sedang populer untuk dicoba.  

Namun setelah mengumpulkan koleksi produk, di mana biasanya kamu menyimpannya?

Tak peduli berapa banyak waktu, uang, dan energi yang kamu keluarkan untuk sebuah produk kecantikan, semua usahamu bakal sia-sia jika kamu tidak menyimpan produk dengan benar. Seperti halnya makanan, produk skincare dan riasan dapat kedaluwarsa, dan penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan formula lebih cepat rusak.

Berikut adalah beberapa kesalahan menyimpan produk kecantikan paling umum yang mungkin sering kamu lakukan, beserta cara memperbaikinya.

1. Membiarkan Produk Terpapar Sinar Matahari Langsung

Sunscreen berguna untuk memberikan perlindungan pada kulit akibat paparan sinar matahariIlustrasi produk skincare/Foto: Freepik.com

Mengekspos produk kosmetik ke sinar matahari langsung atau menyimpannya di tempat yang panas dapat menyebabkan bahan aktif dalam produk rusak dan kehilangan esensinya. Hal ini terutama berlaku bagi produk wewangian dan produk perawatan kulit vitamin C.

Sinar matahari dapat menyebabkan ikatan kimia dalam wewangian rusak. Sementara itu, produk vitamin C yang berbahan dasar air cenderung mudah teroksidasi dan peka terhadap cahaya dan panas daripada vitamin C anhidrat (tanpa air). Oleh karena itu, sebaiknya simpan semua produk kosmetik di tempat yang sejuk dan kering.

2. Produk Tidak Ditutup Rapat

Jangan anggap sepele, suka lupa memasang tutup produk bisa jadi salah satu kesalahan terbesar dalam penyimpanan produk kecantikan.

Baik kamu benar-benar lupa menutup produk atau pun tidak menutup rapat, keduanya berisiko menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri penyebab jerawat. Segera memasang kembali tutupnya juga memastikan bahwa produk tetap bebas dari kontaminasi.

3. Menyimpan Produk Skincare di Kamar Mandi

Perubahan suhu yang cepat dan kelembapan di kamar mandi dapat menyebabkan bahan aktif dalam produk perawatan kulit lebih cepat rusak, sehingga menurunkan kualitasnya. Perubahan suhu yang cepat juga dapat mengubah tekstur produk menjadi lebih encer, yang pada akhirnya mengurangi keefektifannya.

Menurut kepala klinik di Face the Future, Kimberley Hulme, alternatif terbaik untuk menjaga kondisi produk skincare adalah dengan menyimpannya di lingkungan yang lebih stabil (idealnya antara 15-25°C) dan jauh dari cahaya alami. Contohnya seperti di dalam laci atau lemari.  

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE