sign up SIGN UP

Tips Ampuh Cegah Bekas Jerawat Menghitam, Wajib Dicoba Nih!

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Minggu, 05 Dec 2021 22:00 WIB
Tips Ampuh Cegah Bekas Jerawat Menghitam, Wajib Dicoba Nih!
caption
Jakarta -

Permasalahan jerawat tidak hanya sebatas saat jerawat meradang, melainkan juga karena bekasnya. Jerawat sering kali meninggalkan bekas di wajah yang mengganggu penampilan. Salah satu bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan adalah bekas jerawat yang menghitam.

Bekas jerawat menghitam disebabkan oleh produksi melanin atau zat pemberi warna kulit yang berlebihan karena kerusakan sel akibat jerawat itu sendiri. Nah, supaya bekas jerawatmu nggak menghitam, ada beberapa tips ampuh cegah bekas jerawat menghitam yang bisa kamu coba. Check this out!

Jangan Memencet Jerawat

Ilustrasi memencet jerawat/Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi memencet jerawat/ Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ini hal yang sering kali tanpa sadar kita lakukan. Pada saat kita berjerawat, tangan kita rasa-rasanya gemas ingin memencet jerawat. Padahal, memencet jerawat tidak akan membuat jerawat lebih cepat sembuh, namun malah memperburuk keadaan.

Selain itu, memencet jerawat juga bisa membuat peradangan jerawat makin parah dan semakin meningkatkan potensi jerawat berbekas di kemudian hari. Bukan hanya menghitam, memencet jerawat dengan tangan juga bisa bikin bekas jerawat malah meninggalkan bekas bopeng, Beauties.

Pakai Sunscreen

Ilustrasi sinar matahari/Pexels.com/Ricardo Esquivel
Ilustrasi sinar matahari/ Foto: Pexels.com/Ricardo Esquivel

Memakai sunscreen adalah tameng yang harus yang digunakan tiap hari untuk menghindari efek buruk sinar UV. Salah satu efek dari sinar UV ke kulit adalah flek hitam atau hiperpigmentasi. Begitu pula dengan bekas jerawat, untuk mencegah bekas jerawat jadi menghitam, kamu harus rajin mengaplikasikan sunscreen.

Sinar matahari juga bisa memicu produksi melanin kulit sehingga bekas jerawat akan menggelap. Nah, sunscreen akan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari tersebut. Plus-nya lagi, memakai sunscreen secara teratur juga bisa menjaga kulit dari efek buruk sinar UV seperti penuaan dini, kulit kusam dan tentunya si flek hitam.

Cara Memudarkan Bekas Jerawat Menghitam

Foto: Ilustrasi memakai skin care/Pexels.com/Ron Lach
Foto: Ilustrasi memakai skin care/ Foto: Pexels.com/Ron Lach

Jika bekas jerawat sudah menghitam, jangan bersedih. Kamu masih bisa kok memudarkan bekas jerawat menghitam tersebut. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin C.

Karena vitamin C sendiri adalah bahan yang paling efektif untuk mencerahkan wajah sekaligus mencerahkan bekas jerawat yang menghitam. Saat ini berbagai produk kecantikan dengan kandungan vitamin C juga semakin mudah ditemui. So, kamu tinggal pilih produk perawatan kecantikan jenis apa yang cocok dengan jenis kulitmu.

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id