sign up SIGN UP

4 Cara Mudah Atasi Flek Hitam Supaya Kulit Wajah Sehat dan Bersih

Ratih Dewi | Minggu, 14 Nov 2021 18:00 WIB
4 Cara Mudah Atasi Flek Hitam Supaya Kulit Wajah Sehat dan Bersih
caption

Flek hitam menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang dialami banyak perempuan dan bisa mengganggu penampilan. Melansir dari laman Medical News Today, flek hitam dapat disebabkan oleh hiperpigmentasi di mana kulit wajah memproduksi terlalu banyak melanin. 

Hiperpigmentasi sendiri disebabkan karena beberapa faktor, seperti usia, produk skincare yang digunakan, paparan sinar UV matahari, ataupun jerawat. Untuk mengatasi flek hitam di wajah ternyata tidak terlalu sulit, namun ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dan konsisten. 

Berikut beberapa cara yang mudah dan aman untuk mengurangi flek hitam, supaya kulit wajah terlihat cerah, sehat, dan bersih. Check this out! 

1. Wajib Menggunakan Sunscreen 

Wajib Menggunakan Sunscreen
Wajib Menggunakan Sunscreen/Foto : pexels.com/Moose Photos

Kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang maksimal bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit, seperti kusam, penuaan dini, kemerahan, dan munculnya flek hitam. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh NCBI, menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 setiap hari merupakan salah satu cara untuk mengatasi flek hitam di wajah dengan cepat. 

Tidak hanya ketika beraktivitas di luar ruangan saja, saat mendung, ataupun di dalam ruangan tetap harus menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF tertentu, tergantung dari aktivitas yang dilakukan seharian.

2. Kandungan Skincare yang Tepat

Kandungan Skincare yang Tepat
Kandungan Skincare yang Tepat/Foto : pexels.com/cottonbro

Walaupun sudah banyak produk skincare yang beredar saat ini, selalu pastikan kandungan produk tersebut sesuai dengan permasalahan atau kondisi kulit wajah. Produk skincare dengan kandungan vitamin C dapat mengurangi pigmentasi dan menutrisi kulit wajah dan vitamin E kandungan untuk melembapkan kulit wajah. Demikian seperti yang dilansir dari laman Medicine Net. 

Menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi juga membantu meningkatkan pergantian sel kulit wajah dan membuat wajah lebih cerah. Perhatikan juga pemakaian rangkaian skincare, seperti masker wajah gunakan seminggu 2 sampai 3 kali dan produk lainnya seperti toner, serum, dan pelembap.

3. Produk Skincare dengan Kandungan Retinol

Produk Skincare dengan Kandungan Retinol
Produk Skincare dengan Kandungan Retinol/Foto : pexels.com/Vie Studio

Retinol bisa menjadi salah satu kandungan yang bisa dimasukkan dalam rangkaian skincare untuk permasalahan kulit wajah dengan flek hitam. Melansir dari laman Healthline, kandungan retinol adalah salah satu kandungan yang bekerja untuk meningkatkan pergantian sel dan mendorong pergantian sel kulit wajah yang baru. 

Retinol juga membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, untuk itu disarankan menggunakan produk retinol pada malam hari dan gunakan sunscreen pada pagi hari untuk melindungi kulit wajah. 

4. Rutin Eksfoliasi dengan Chemical Exfoliation 

Rutin Eksfoliasi dengan Chemical Exfoliation
Rutin Eksfoliasi dengan Chemical Exfoliation/Foto : pexels.com/cottonbro

Eksfoliasi wajah bisa dilakukan dengan dua cara, physical exfoliation yang biasa dilakukan dengan face scrub dan chemical exfoliation yang biasa dilakukan dengan menggunakan toner atau serum dengan kandungan aktif tertentu seperti AHA dan BHA. 

Kandungan AHA seperti lactic acid dan BHA seperti salicylic acid dapat mengurangi pigmentasi kulit, mengurangi garis halus, mengangkat sel kulit mati, dan mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Demikian seperti yang dilansir dari laman Medical News Today. 

Nah, buat Beauties yang memiliki masalah dengan flek hitam, bisa coba cara di atas ya, semoga membantu! 

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id