STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tips Keramas untuk Menjaga Tampilan Rambut Sehat Serta Mencegahnya dari Kerusakan

Dina Natasya | Beautynesia
Rabu, 18 Jan 2023 07:15 WIB
Tips Keramas untuk Menjaga Tampilan Rambut Sehat Serta Mencegahnya dari Kerusakan

Rambut halus dan sehat adalah impian dari semua perempuan. Keramas atau mencuci rambut termasuk dalam upaya dasar untuk merawat rambut, Beauties. Namun, sering kali meskipun sudah keramas, rambut tetap kusut hingga mengganggu penampilan.

Ternyata hal tersebut disebabkan oleh kesalahan saat mencuci rambut. Berikut ini adalah sederet cara dan tips saat keramas agar rambut semakin mudah ditata. Simak yuk, Beauties!

1. Mengoleskan Minyak pada Rambut

Potret mengoleskan minyak pada rambut
Potret mengoleskan minyak pada rambut/ Foto: pinterest.com/juliaberolzheimer

Sebelum mulai keramas, langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengoleskan minyak pada rambut. Beauties bisa mengoleskan minyak dengan bahan alami seperti minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak kelapa.

Masih belum banyak diketahui, ternyata mengoleskan minyak pada rambut sebelum keramas berfungsi sebagai pelindung antara rambut dan sampo sehingga dapat mencegah pengelupasan batang rambut yang menjadi sebab utama rambut bercabang.

Tak hanya itu, minyak rambut juga akan merelaksasikan rambut Beauties saat keramas.

2. Menggunakan Air Hangat

Potret mencuci rambut dngan air hangat
Potret mencuci rambut dngan air hangat/ Foto: freepik.com

Basahi rambut dengan air hangat saat mencuci rambut, Beauties. Air hangat mampu melembutkan kulit kepala dan membuka kutikula. Jika, Beauties menggunakan shower, maka biarkan air mengalir selama 1 menit agar seluruh rambut basah dengan merata.

Keadaan rambut yang relaks akibat air hangat akan memudahkan proses pelepasan kotoran dari kulit kepala hingga ujung rambut. Usai memastikan seluruh rambut basah, Beauties bisa mulai mengoleskan sampo untuk keramas.

3. Menggunakan Sampo dan Kondisioner Secukupnya

Potret produk sampo
Potret produk sampo dan kondisioner/ Foto: instagram.com/tresemme

Untuk hasil perawatan rambut optimal, Beauties hanya perlu menekan sampo secukupnya ke telapak tangan. Peras sampo dalam usapan kedua tangan hingga berbusa sebelum akhirnya dioleskan ke seluruh rambut dan pijat dengan lembut.

Hindari untuk menggosok rambut karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Langkah tersebut juga berlaku sama dalam pemakaian kondisioner yang merupakan tahapan selanjutnya dari pembilasan sampo dengan air hangat.

4. Mencuci Rambut 2-3 Kali Seminggu

Potret mencuci rambut
Potret mencuci rambut/ Foto: freepik.com

Keramas normalnya dilakukan dalam 2-3 kali dalam satu minggu. Frekuensi tersebut sangat tepat karena kotoran dalam rambut dapat dibersihkan setiap 2-3 hari setelah beraktivitas.

Dengan melakukan keramas, rambut menjadi lebih halus dan kepala terasa segar karena kotoran dan debu telah terangkat. Meskipun manfaat keramas sangat baik, namun keramas setiap hari tidak dianjurkan karena bisa mengakibatkan rambut kering dan mudah rontok.

Beauties, itulah sederet tips mencuci rambut untuk menjaga kesehatan dan tampilan yang memukau. Semoga tips di atas dapat membantu, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE