sign up SIGN UP

Bukannya Sehat, Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Keramas Setiap Hari

Zeyra Haya | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 06:45 WIB
Bukannya Sehat, Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Keramas Setiap Hari
Ini Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Keramas Setiap Hari/Foto: Freepik.com

Menerapkan hidup sehat tidak semata-mata hanya dilakukan dengan menjaga pola makan. Namun, menjaga kebersihan terutama kebersihan tubuh juga tak kalah penting harus dilakukan.

Mencuci rambut atau sering kita sebut dengan keramas menjadi salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan sehari-hari. Keramas tentu sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

Keramas adalah cara paling efektif untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak dan kotoran. Namun ternyata, keramas tidak boleh sembarangan dilakukan, terutama kita harus memperhatikan frekuensi keramas sebab terlalu sering keramas justru akan berdampak buruk.

Keramas Tiap Hari Justru Tidak Baik, Ini Alasannya!

wanita sedang keramasKeramas/Foto: unsplash/ Erick Larregui

Melansir dari CNN Indonesia, ternyata terlalu sering melakukan keramas juga tidak baik dan bahkan dapat mendatangkan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Kepala Ilmuwan di Evolis Professional sekaligus ahli biologi rambut dan trikologi Dominic Burg menjelaskan bahaya keramas setiap hari justru akan mengganggu mikrobioma pelindung kulit kepala dan memunculkan masalah lain pada rambut dan kulit kepala.

Oleh sebab itu, untuk menjalani tips merawat rambut sehat, kita perlu mengetahui apa alasan bahaya keramas setiap hari. Beauties, berikut adalah 5 alasan mengapa terlalu sering keramas justru tidak sehat. Simak yuk!

1. Mengurangi Minyak Alami Rambut

Justru tak baik untuk kesehatan rambut, terlalu sering keramas akan menyebabkan berkurangnya produksi minyak alami rambut/Foto: freepik.com/jcomp
(Justru tak baik untuk kesehatan rambut, terlalu sering keramas akan menyebabkan berkurangnya produksi minyak alami rambut/Foto: freepik.com/jcomp)

Pada dasarnya, rahasia alami rambut sehat dan kuat adalah karena minyak rambut. Maka salah satu tips merawat rambut adalah dengan menjaga produksi minyak rambut sesuai kebutuhan rambut dan kulit kepala.

Namun ternyata, kebiasaan keramas setiap hari justru akan mengurangi minyak alami rambut. Akibatnya, rambut yang kekurangan minyak akan kering dan mudah patah.

2. Memicu Rambut Kering

Berkurangnya minyak rambut akibat terlalu sering keramas kemudian akan memicu rambut kering dan rapuh/Foto: freepik.com/valuavitaly
(Berkurangnya minyak rambut akibat terlalu sering keramas kemudian akan memicu rambut kering dan rapuh/Foto: freepik.com/valuavitaly)

Terlalu sering keramas juga bisa mempengaruhi tekstur rambut. Selain mengurangi minyak alami rambut, keramas setiap hari juga akan membuat rambut menjadi mengembang tak beraturan, rapuh dan bercabang.

Mengutip dari Detik Health, salah satu cara mengurangi resiko rambut kering adalah tidak keramas setiap hari. Sebab sampo yang kita gunakan untuk keramas memang dapat menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi sampo juga menghilangkan sebum pada rambut.

3. Mengganggu Keseimbangan Mikroba Baik dan Jahat

Keramas setiap hari justru tak baik karena mengganggu keseimbangan mikroba baik pada kulit kepala yang menyebabkan iritasi/Foto: freepik.com/prostooleh
(Keramas setiap hari justru tak baik karena mengganggu keseimbangan mikroba baik pada kulit kepala yang menyebabkan iritasi/Foto: freepik.com/prostooleh)

Pada kulit kepala, terdapat mikrobioma baik yang berfungsi mengurangi resiko iritasi, menjaga pH kulit kepala dan mencegah bakteri jahat menempel di kulit kepala. Namun dengan keramas setiap hari, mikrobioma baik akan tergantikan dengan bakteri dan jamur jahat.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk mencuci rambut dan membersihkan kulit kepala dengan lembut cukup dilakukan dua hingga tiga kali seminggu saja. Hal ini dilakukan guna membantu menghilangkan kelebihan sebum dan menjaga kesehatan kulit kepala.

4. Memicu Ketombe

Salah satu efek buruk terlalu sering keramas adalah menimbulkan ketombe/Foto: freepik.com/gpointstudio
(Salah satu efek buruk terlalu sering keramas adalah menimbulkan ketombe/Foto: freepik.com/gpointstudio)

Terlalu sering keramas juga menimbulkan problema rambut yang kerap kita jengkelkan, yakni ketombe. Bukan tanpa alasan, terlalu sering mencuci rambut akan membuat kulit kepala menjadi terlalu kering dan mulai mengelupas.

Selain memicu ketombe, terlalu sering keramas akan memberikan efek pada kulit kepala. Dengan keramas setiap hari dan penggunaan sampo akan membuat kulit kepala mudah mengelupas dan kering.

5. Menghilangkan Kilau Rambut

Selain membuat rambut kering karena kekurangan minyak rambut, terlalu sering keramas setiap hari juga akan membuat rambut kehilangan kilaunya/Foto: freepik.com/prostooleh
(Selain membuat rambut kering karena kekurangan minyak rambut, terlalu sering keramas setiap hari juga akan membuat rambut kehilangan kilaunya/Foto: freepik.com/prostooleh)

Terakhir, alasan mengapa kita sebaiknya tidak keramas setiap hari adalah karena kita akan kehilangan kilau rambut. Pada dasarnya, minyak alami rambut lah yang membuat kesan kilau pada rambut.

Dengan terlalu sering keramas, akan mengurangi produksi minyak alami rambut dan membuat kilau rambut memudar. Digantikan dengan kondisi rambut yang rapuh, kering dan mudah patah.

Beauties, itulah beberapa alasan mengapa kita tidak boleh terlalu sering keramas. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id