sign up SIGN UP

Tips & Trik Menghilangkan Aroma Bau Kaki

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Jumat, 18 Jun 2021 20:30 WIB
Tips & Trik Menghilangkan Aroma Bau Kaki
caption
Jakarta -

Bau kaki menjadi permasalahan yang dialami oleh banyak orang dan hal itu sangat mengganggu indra pencium kita. Bau kaki atau dalam istilah medis disebut bromodosis bisa membuat orang lain dan sekitar merasa tidak nyaman akibat bau tersebut. Jika permasalahan ini terus terjadi, akan berdampak bagi penderita karena bisa menyebabkan munculnya bakteri yang bisa mengakibatkan jamur kaki, gatal-gatal, dan lainnya.

Nah, kira-kira tips n trick untuk mengatasi dan menghilangkan bromodosis gimana ya? Yuk simak penjelasan berikut.

Rendam kaki dengan air lemon atau jeruk nipis 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Lemon atau jeruk nipis bisa banget jadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi kelebihan keringat dan bau kaki. Hal ini dikarenakan lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan antibakteri yang bisa membasmi bakteri secara menyeluruh. Kalian bisa merendam kaki pada air yang sudah dicampur air lemon atau air jeruk nipis, dan rendam selama 20 menit.

Rendam kaki dengan air garam 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Selain bisa digunakan sebagai tambahan di tiap masakan, garam juga bisa mengatasi bau kaki, lho. Garam bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau kaki karena dapat melawan bakteri bau kaki, serta mengurangi kelembaban pada kaki. Salah satu bahan ini cocok digunakan bagi seseorang yang kakinya sering mengeluarkan keringat. Kalian bisa merendam kaki dengan air garam selama 10-15 menit.

Rendam kaki dengan teh hitam 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Selain garam dan lemon atau jeruk nipis, teh hitam juga dapat digunakan untuk mengatasi bau kaki, karena mengandung asam tanat yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi produksi keringat pada kaki. Kalian bisa menyeduh kantong teh hitam di air panas kemudian tunggu hingga suhu normal. Kemudian kalian bisa merendam kaki selama kurang lebih 30 menit.

Rutin membersihkan kaki 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Tips n trick yang satu ini wajib banget dilakukan ya! Kalian bisa melakukan kebiasaan seperti mengeksfoliasi kaki dengan scrub dan mencuci kaki dengan sabun. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki terlebih dahulu ya. Kebiasaan ini harus dilakukan secara rutin agar kaki terhindar dari bakteri.

Menggunakan alas kaki yang nyaman

Nah, tips n trick yang terakhir adalah menggunakan alas kaki yang nyaman. Kalian bisa memilih menggunakan sepatu yang nyaman dan usahakan untuk memiliki sepatu cadangan agar kalian bisa memakai sepatu secara bergantian. Selain itu, kalian bisa menggunakan kaus kaki dan menggantinya sehari sekali ya. Pilih sepatu dan kaus kaki yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat pada kaki.

Nah, itu beberapa tips n trick untuk mengatasi dan menghilangkan bau kaki. So, jangan lupa dicoba, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id