sign up SIGN UP

LIFE

Bisakah Mengurangi Keringat Berlebih pada Ketiak?

Henny Alifah | Senin, 07 Sep 2020 13:30 WIB
Bisakah Mengurangi Keringat Berlebih pada Ketiak?
caption

Berkeringat itu normal dan setiap orang berkeringat dalam jumlah yang berbeda-beda. Faktor penyebab perbedaannya terletak pada gen, iklim tempat tinggal, dan tingkat aktivitas fisik.Jadi, jika suatu hari kamu sangat berkeringat sementara orang di sampingmu tampak nyaman dengan suhu yang ada, itu tak lantas berarti kamu bermasalah. Namun, ada kalanya kamu mungkin merasa ketiak sangat basah dan membuat kamu risih bahkan malu untuk sekadar mengacungkan tangan.

Keringat berlebih atau yang disebut juga dengan hiperhidrosis biasanya terpusat di beberapa bagian tubuh saja seperti ketiak, telapak tangan, atau dahi, dan dapat terjadi bahkan di saat tubuh tidak banyak melakukan aktivitas.

Dilansir dari Women's Health, ada dua tipe keringat berlebih, yaitu:

  • Keringat berlebih primer (focal hyperhidrosis), yang bisa terjadi tanpa alasan, bisa jadi dipengaruhi faktor genetis atau keturunan. Kondisi ini biasanya sudah terlihat sejak kecil.
  • Keringat berlebih sekunder (generalized hyperhidrosis), yang terjadi karena terkait dengan beberapa masalah kesehatan seperti konsumsi obat yang memicu keringat berlebih, menderita diabetes, mengalami menopause, atau tiroid yang terlalu aktif.

Lantas, apakah keringat berlebih bisa dikurangi? Yup, keringat berlebih bisa dikurangi dengan penanganan yang tepat.

1. Menggunakan antiperspirant

antiperspirant dapat mengurangi keringat berlebih pada ketiak
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Freepik.com

Jika kamu memiliki hiperhidrosis primer, dokter kulit mungkin akan menyarankan untuk memakai antiperspirant. Antiperspirant berbeda dengan deodoran karena bahan aktifnya, yaitu aluminium klorida. Aluminium klorida akan menyumbat kelenjar keringat saat tubuh berkeringat dan memberi sinyal pada tubuh untuk berhenti berkeringat.

Antiperspirant juga bagus untuk mengatasi ketiak berkeringat meskipun kamu tidak memiliki hiperhidrosis primer, dan ini dapat dibeli di apotek. Jika kulit sensitif, beberapa produk antiperspirant mungkin dapat menyebabkan ruam atau mengiritasi ketiak, jadi lakukan uji tempel terlebih dahulu.

Waktu terbaik untuk menggunakan antiperspirant yaitu pada malam hari, saat kamu tidak banyak berkeringat. Kemudian, kamu dapat menggunakan deodoran di siang hari biar makin efektif.

2. Obat resep

Qbrexsa yang diresepkan dokter dapat mengurangi keringat berlebih pada ketiak
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Qbrexza.com

Jika antiperspirant tidak berhasil, ada juga obat resep seperti tisu dan pil khusus yang dapat membantu mengurangi keringat berlebih. Misalnya, Qbrexza. Kain Qbrexza, yang mengandung glycopyrronium, dapat diaplikasikan langsung ke ketiak. Kain ini akan memblokir produksi keringat dengan cara menghambat kerja kelenjar keringat.

3. Botox, iontophoresis, atau miradry

keringat berlebih di ketiak dapat dikurangi dengan prosedur botox, iontophoresis, dan miradry
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Freepik.com

Keringat berlebih juga dapat diatasi dengan prosedur seperti suntikan botox, iontophoresis, atau miradry. Selain mampu menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, botox juga terbukti bermanfaat untuk sejumlah kondisi medis, termasuk untuk mengatasi keringat berlebihan. Suntikan botox di ketiak akan menekan kelenjar keringat sehingga tidak lagi mengeluarkan banyak keringat.

Dua perawatan lainnya, iontophoresis dan miradry, juga aman untuk mengatasi keringat berlebih. Prosedur ini menggunakan arus listrik dan energi panas, masing-masing, untuk merusak serius atau membunuh sama sekali kelenjar keringat yang menyebabkan keringat berlebih. Iontophoresis paling sering digunakan untuk tangan dan kaki, sementara miradry bagus untuk ketiak.

4. Hindari kafein

mengurangi kafein, coklat, dan alkohol dapat turut mengurangi keringat berlebih pada ketiak
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Freepik.com

Apa pun yang bersifat vasoaktif, artinya dapat memengaruhi saraf di sekitar pembuluh darah, dapat memperburuk keringat. Ini termasuk kafein, coklat, dan alkohol.

5. Jangan gunakan soda kue

baking soda tidak baik digunakan untuk mengurangi keringat berlebih pada ketiak
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Freepik.com

Beberapa tips mungkin menganjurkan untuk menggunakan soda kue di ketiak agar menghentikan produksi kelenjar keringat yang berlebihan. Namun, hasilnya hal ini bisa sangat berbahaya. Soda kue dapat mengganggu pelindung kulit dan dapat menyebabkan luka bakar di ketiak.

6. Bercukur

bercukur dapat mengurangi keringat berlebih pada ketiak
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Freepik.com

Kulit ketiak yang bebas rambut dapat membantu dalam mengurangi keringat berlebih. Rambut di ketiak bisa menambah ketiak berkeringat dan bau, jadi jika mau mengurangi kedua hal ini, cobalah bercukur secara teratur.

7. Gunakan underarm pad

menggunakan underarm pad dapat mengurangi keringat berlebih pada ketiak
Mengurangi Keringat Berlebih Pada Ketiak/ Foto: Freepik.com

Butuh sesuatu untuk menyerap keringat di ketiak sepanjang hari? Penggunaan armpit pad atau underarm pad dapat membantu. Kamu pun akan terhindar dari noda keringat di baju yang tidak diinginkan.

Itu tadi tujuh cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketiak berkeringat. Perhatikan juga asupan makananmu karena makanan pedas seperti cabai, lada, jahe, sampai minuman panas dapat menyebabkan tubuh berkeringat. Sementara itu, makanan yang berbau cenderung membuat bau badan juga.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id