sign up SIGN UP

Tren Sulam Bedak, Bikin Wajah Glowing dan Samarkan Noda Hitam! Aman Nggak ya?

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Jumat, 31 Dec 2021 19:45 WIB
Tren Sulam Bedak, Bikin Wajah Glowing dan Samarkan Noda Hitam! Aman Nggak ya?
caption

Tren di dunia kecantikan semakin berkembang, beberapa tahun ini kita dihadirkan dengan adanya tren yang banyak diminati orang seperti sulam alis, sulam bibir, eyelash extension. Yang terbaru, muncul tren bernama sulam bedak. Pernah mendengar tren tersebut, Beauties?

Sulam bedak atau dikenal dengan istilah BB Glow Treatment ini disebut berasal dari Korea Selatan. Mengutip laman Harpers Bazaar Arabia, BB Glow adalah perawatan kulit intensif yang menggunakan microneedling untuk menembus lapisan kulit terdalam dan menato BB cream ke dalam kulit sebagai bentuk riasan semi permanen.

Sulam bedak dapat memberikan efek no makeup
Sulam bedak dapat memberikan efek no makeup/ Foto: Pexels/ KoolShooters

BB Glow diklaim dapat menyamarkan noda hitam, membuat kulit glowing, dan memberi tampilan ‘no makeup’ yang sempurna. Selain itu, teknik sulam bedak juga dikatakan dapat meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan, menghaluskan garis halus dan kerutan, meratakan warna kulit, dan meminimalkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik penuaan. Klaim yang diberikan dari prosedur tersebut umumnya berlangsung selama 6-12 bulan.

Efek Samping Sulam Bedak

Efek samping sulam bedak
Efek samping sulam bedak/ Foto: Pexels/ Gustavo Fring

Menurut Rebecca Treston, seorang ahli perawatan kulit yang berbasis di Dubai, BB Glow melibatkan bahan non-degradable yang ditemukan lebih dari 40 plus bahan perawatan yang dapat menyebabkan efek samping  berbahaya seperti meningkatkan risiko alergi, dermatis kontak, dan pigmentasi pascainflamasi.

Efek jangka panjangnya, sulam bedak bisa menyebabkan adanya kerusakan sel dan kanker.

“Risiko yang paling mengkhawatirkan dengan BB Glow adalah jika dermis terkena dampak selama perawatan maka pada akhirnya dapat menyebabkan kanker,” ujarnya.

SUlam bedak tidak direkomendasikan pada kulit berjerawat
Sulam bedak tidak direkomendasikan pada kulit berjerawat/ Foto: Pexels/ Gustavo Fring

Sama seperti tren sulam yang lainnya yang menggunakan jarum kecil, keamanan prosedur ini sebenarnya masih menjadi pro kontra di kalangan para ahli, apalagi bagi seseorang yang berjerawat sebaiknya tidak melakukan prosedur ini.

Microneedling dengan penyisipan pigmen warna kulit dapat menyebabkan banyak komplikasi potensial yang tidak diketahui,”ujar Melissa Kanchanapoomi Levin, dokter kulit pendiri Entiere Dermatology di New York yang dikutip dari Allure.

Menurutnya ada banyak hal yang tidak diketahui tentang bagaimana tinta dan partikel ini berinteraksi dengan kulit.

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter
Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter/ Foto: Pexels/ Arina Krasnikova

Hal yang sama juga dikatakan oleh Aishe Balic, Salah satu pendiri Glo Skin & Laser di New York, bahwa tidak semua orang memenuhi syarat untuk perawatan.

“Saya tidak akan merekomendasikan prosedur ini pada kondisi kulit inflamasi seperti eksim, psoriasis, berjerawat aktif atau kistik, memakai obat hormonal, hamil, dan menyusui,” kata Balic.

Setelah mengenal kelebihan juga kekurangan dari treatmen ini, jika kamu tetap tertarik melakukan sulam bedak, lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk meminimalisir risiko negatif yang ditimbulkan. Pastikan kamu menyampaikan kondisi kulitmu pada dokter secara jujur ya, Beauties, seperti apakah punuya alergi maupun kondisi lainnya.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id