sign up SIGN UP

Triple Cleansing atau Double Cleansing, Mana yang Terbaik?

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Rabu, 10 Feb 2021 17:00 WIB
Triple Cleansing atau Double Cleansing, Mana yang Terbaik?
caption

Salah satu tahapan penting dalam rutinitas perawatan kulit adalah pembersihan atau yang biasa disebut cleansing. Semua orang menginginkan pembersihan yang sempurna agar wajah benar-benar bersih dan tidak meninggalkan sisa kotoran lagi.

Untuk itu, berbagai cara pun dilakukan. Termasuk munculnya teknik pembersihan yang menggunakan beberapa tahapan. Dua di antaranya yang cukup populer untuk adalah double cleansing dan triple cleansing. Lantas, mana yang terbaik di antara keduanya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Double Cleansing?

Double cleansing merupakan pembersihan wajah dengan 2 tahapan/freepik.com
Double cleansing/freepik.com

Sebelum membuat perbandingan di antara keduanya, maka ada baiknya diketahui terlebih dahulu maksud masing-masing teknik pembersihan ini. Double cleansing merupakan teknik pembersihan wajah yang menggunakan dua tahapan. Tahap pertama disebut dengan first cleansing dan tahap kedua disebut second cleansing.

Untuk tahap first cleansing, kamu bisa menggunakan micellar water atau oil base cleanser untuk menghapus makeup dan membersihkan kotoran yang ada di wajah. Setelah itu, dilanjutkan dengan second cleansing menggunakan facial foam ataupun facial wash untuk membersihkan wajah. Di tahap kedua ini, sisa-sisa kotoran yang ada di wajah akan terangkat termasuk sisa-sisa kotoran dari proses pembersihan menggunakan micellar water.

Apa Itu Triple Cleansing

Triple cleansing merupakan pembersihan wajah dengan 3 tahapan/freepik.com
Triple cleansing/freepik.com

Seperti namanya, triple cleansing ini menerapkan tiga tahapan untuk membersihkan wajah. Proses yang ada dalam tiap tahapannya pun masih punya kesamaan dengan double cleansing bedanya dilakukan menggunakan water based dan oil based cleanser.

Jadi, gunakan micellar water di tahap awal, lalu gunakan oil based cleanser seperti cleansing oil dan cleansing balm. Apabila sudah selesai dilakukan, maka tahapan terakhir adalah membersihkan wajah dengan tuntas menggunakan facial wash ataupun sabun wajah jenis lainnya.

Perbandingan Double Cleansing dan Triple Cleansing

Perbandingan Double dan Triple Cleansing bisa dilihat dari peruntukkannya/freepik.com
Perbandingan Double dan Triple Cleansing/freepik.com

Double cleansing dan triple cleansing bisa dibandingkan dengan melihat tahapan dan tujuan pembersihan yang dilakukan. Apabila dilihat dari segi jumlah tahapan pembersihan, maka triple cleansing memang lebih banyak. Artinya di sini, ada usaha lebih untuk membersihkan wajah supaya benar-benar bersih.

Tujuan pembersihan keduanya juga memiliki peruntukan yang berbeda, dimana double cleansing diperuntukkan untuk membersihkan wajah dari kotoran ataupun makeup yang tergolong lebih mudah dibersihkan. Misalnya makeup yang non waterproof.

Sementara triple cleansing yang menggunakan oil based cleanser dalam pembersihannya diperuntukkan untuk membersihkan makeup yang lebih sulit seperti makeup waterproof. Selain itu, triple cleansing ini cocok untuk kamu yang selalu menggunakan makeup dalam keseharian dan sering terpapar polusi.

Mana yang Lebih Baik?

Double dan Triple Cleansing bisa dipilih berdasarkan pertimbangan jenis kulit dan lifestyle/freepik.com
Double dan Triple Cleansing/freepik.com

Pertanyaan ini memang selalu muncul di benak para Beauty enthusiast. Menemukan pembersihan yang terbaik tentu merupakan harapan dari semuanya. Namun untuk menjawab mana yang lebih baik tidak semudah mengatakan “double cleansing lebih baik” atau “triple cleansing lebih baik”. Lebih dari itu terdapat pertimbangan untuk memilih di antara keduanya. Pertimbangan yang harus diperhatikan mengarah pada jenis kulit dan gaya hidup.

Apabila kamu memiliki jenis kulit yang sensitif dan kering, maka triple cleansing bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan tahap pembersihan yang lebih banyak bisa mengiritasi dan menghilangkan kadar minyak normal yang ada ada kulit. Terlebih lagi diiringi dengan pemilihan produk pembersih yang tidak tepat. Selain itu, gaya hidup di sini mengarah pada kebiasaan penggunaan makeup dan kondisi lingkungan sekitar.

Jika kamu termasuk orang yang setiap harinya menggunakan makeup dan tinggal di daerah perkotaan yang notabennya rentan akan paparan polusi udara, maka pembersihan yang lebih ekstra akan sangat dibutuhkan. Triple cleansing bisa diterapkan.

Nah, pertimbangan-pertimbangan inilah yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan tipe pembersihan yang dipilih ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id