sign up SIGN UP

SKINCARE

Rajin Skincare-an Kulit Tetep Breakout? Jangan-jangan karena Makanan Ini

Cinta Ananda | Rabu, 18 Nov 2020 17:30 WIB
Rajin Skincare-an Kulit Tetep Breakout? Jangan-jangan karena Makanan Ini
caption

Kamu pernah enggak sih merasa sudah rajin dan rutin untuk menggunakan skincare pagi dan malam, membersihkan muka dengan benar, melakukan double cleansing, menggunakan masker wajah 2-3 kali seminggu tapi tetap tidak ada perubahan pada wajah kalian? Wajah kamu tetap breakout alias jerawatan.

Kulit breakout memang disebabkan oleh banyak faktor. Bisa ketidakcocokan kamu terhadap suatu makeup atau skincare, debu, polusi, minyak kotor yang tersumbat, sampai makanan.

Makanan? Yap betul, makanan yang kamu makan bisa menyebabkan kulit kamu breakout. Yuk, lihat apa saja makanan yang dapat mengakibatkan kulit breakout. 

1. Garam

Garam/ source: freepik.com
Garam/ source: freepik.com

Siapa yang sangka kalau salah satu bumbu andalan yang selalu dipakai dalam setiap masakan apapun dapat menyebabkan kulit kamu breakout. Garam ternyata bisa bikin kulit kamu dehidrasi lho. Ketika kulit kamu dehidrasi, otomatis akan menjadi semakin berminyak. sebaiknya kurangi asupan garam dalam makanan kamu sehari hari ya.

2. Pedas

Makanan Pedas/ source: freepik.com
Makanan Pedas/ source: freepik.com

Kebanyakan orang sangat menyukai makanan pedas, apalagi orang Indonesia yang terkenal akan makanan pedasnya. Rasanya ada yang kurang jika makanan tidak memakai sambal. Tapi nyatanya pada beberapa orang, makanan bisa membuat kulit bruntusan bahkan sampai jerawatan loh. Jika hal tersebut terjadi pada kamu, baiknya kurangi asupan makanan pedas ya. 

3. Junk Food

Junk Food/ source: freepik.com
Junk Food/ source: freepik.com

Siapa sih yang menolak untuk makan junk food? Apalagi sekarang ada yang namanya Go-Food dan Grab Food, makin memudahkan kita untuk pesan makanan cepat saji di rumah.

Di balik rasanya yang tidak pernah mengecewakan, junk food dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena kandungan lemak jahat nya yang sangat tinggi. Selain itu juga kadar sodium dari junk food menyebabkan kadar air dalam tubuh kamu tertahan. 

4. Gula

Gula/ source: freepik.com
Gula/ source: freepik.com

Bukan cuma garam yang bisa bikin kulit kamu breakout, tapi gula juga bisa. Asupan gula yang berlebihan dapat mengakibatkan kadar insulin dalam tubuh meningkat. Tinggi kadar insulin tersebut yang membuat produksi sebum pada kulit meningkat. Hal tersebut memicu munculnya jerawat. 

Itu tadi makanan yang bisa menyebabkan kulit kamu breakout. Sebenarnya kamu boleh kok mengonsumsi makanan di atas, asalkan masih dalam porsi yang tepat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id