sign up SIGN UP

Wajah Mudah Iritasi? Ini Kandungan Skincare yang Aman Digunakan untuk Kulit Sensitif, Jangan Salah Pilih Lagi!

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 12:00 WIB
Wajah Mudah Iritasi? Ini Kandungan Skincare yang Aman Digunakan untuk Kulit Sensitif, Jangan Salah Pilih Lagi!
caption

Merawat kulit wajah yang sensitif bukanlah perkara mudah, karena jika salah menggunakan produk skincare maka bisa menyebabkan iritasi. Jika kulit wajahmu mudah berjerawat, tiba-tiba gatal, timbul bercak merah, dan adanya reaksi setelah menggunakan suatu produk, polutan dan pola hidup yang tidak sehat, kemungkinan kamu memiliki kulit yang sensitif.

Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif tidak boleh sembarangan memilik produk dan harus membaca secara detail kandungan skincare yang akan dioleskan pada wajah.

Nah, untuk mengetahui bahan atau kandungan apa saja yang cocok digunakan untuk kulit sensitif, simak penjelasannya berikut ini.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid cocok untuk kulit sensitif
Hyaluronic acid cocok untuk kulit sensitif/ Foto: Pexels/ Polina Kovaleva

Skincare yang mengandung hyaluronic acid dinilai cocok untuk semua jenis kulit termasuk bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Mengutip laman Web MD, asam hyaluronic secara alami dapat ditemukan di rambut, kulit, dan mata.

Hyaluronic biasa digunakan sebagai bahan dalam pelembap karena bisa mengunci dan menahan kelembapan di kulit atau rambut. Hyaluronic acid memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga dinilai aman dan cocok digunakan pada kulit yang sensitif tanpa menyebabkan iritasi.

Green Tea

Green tea cocok digunakan untuk kulit sensitif
Green tea cocok digunakan untuk kulit sensitif/ Foto: Pexels/ Karolina Grabowska

Skincare yang juga dinilai cocok digunakan untuk kulit sensitif yakni yang berbahan green tea, karena memiliki antioksidan tinggi yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan serta memiliki efek menenangkan kulit. Para peneliti juga menemukan fakta bahwa teh hijau bisa meningkatkan kelembapan kulit sekaligus dapat menenangkan ketika terjadinya peradangan pada kulit wajah.

Selain itu, manfaat green tea juga bisa mengobati jerawat dan mengurangi minyak pada kulit. Saat ini banyak pilihan skincare berbahan teh hijau yang bisa kamu gunakan, seperti pelembap, masker clay atau sheet mask, pembersih wajah, lotion, toner, dan lain-lain.

Aloe Vera

Aloe vera  terbukti dapat menenangkan kulit yang sensitif
Aloe vera terbukti dapat menenangkan kulit yang sensitif/ Foto: Pexels/ Cecília O. Tommasini

Jika kulitmu sering mengalami iritasi karena salah memakai produk, maka beralihlah ke skincare yang mengandung aloe vera atau lidah buaya. Karena kandungan yang dimiliki aloe vera, terbukti dapat menenangkan kulit, membantu meredakan ketika kulit terbakar ataupun iritasi, dan juga bisa melembapkan kulit.

Ceramide

Ceramide cocok untuk kulit sensitif
Ceramide cocok untuk kulit sensitif/ Foto: Pexels/ Ivan Samkov

Ceramide adalah lipid yang secara alami dapat ditemukan di lapisan terluar kulit yaitu epidermis. Mengutip laman The Summer Study, ceramide pada dasarnya bertindak sebagai ‘lem’ antara sel-sel kulit, membentuk segel ketat dan membantu melindungi kulit dari kontaminan eksternal.

Bahan aktif ini diketahui bagus untuk memberikan kelembapan, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan memulihkan iritasi. Selain itu, ceramide juga berfungsi untuk meningkatkan warna kulit dan membuatnya terasa lebih kencang.

Azelaic Acid

Azelaic acid sangat bagus untuk melawan jerawat
Azelaic acid sangat bagus untuk melawan jerawat/ Foto: Pexel/ Pixabays/

Asam azelaic adalah bahan aktif yang secara alami bisa ditemukan pada biji-bijian seperti gandum. Bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba sehingga sangat bagus untuk melawan jerawat, memudarkan hiperpigmentasi dan pori-pori tanpa menyebabkan iritasi atau sensitivitas, sehingga sangat cocok digunakan bagi kamu pemilik kulit sensitif.

Beauties, memiliki kulit yang sensitif memang cukup membingungkan untuk menggunakan suatu produk karena takut tidak cocok dan membuat iritasi. Tapi sekarang jangan risau lagi, karena kamu hanya perlu memastikan bahwa skincare yang akan beli memiliki kandungan yang cocok untuk kulit sensitif.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id