sign up SIGN UP

Tanpa Skincare, Ini 5 Tips and Trick Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami!

aqillah diaz | Minggu, 14 Nov 2021 08:00 WIB
Tanpa Skincare, Ini 5 Tips and Trick Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami!
caption
Jakarta -

Kulit wajah kendur merupakan salah satu hal yang bisa terjadi karena bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena kolagen terus berkurang, sehingga bisa membuat kulit mengendur dan tidak elastis. Kolagen adalah protein yang diproduksi oleh tubuh yang dapat meregenerasi kulit agar kulit tetap kencang. 

Kulit yang mengendur dan kering dapat membuat penampilan menjadi kurang percaya diri, sehingga banyak orang yang melakukan berbagai hal, seperti menggunakan produk kecantikan, mengencangkan wajah di klinik kecantikan, bahkan melakukan operasi.

Namun, kamu bisa melakukan beberapa tips n trick yang aman untuk meningkatkan kolagen agar bisa membuat kulit lebih lembap dan kencang. Berikut penjelasannya.

Rutin Melakukan Double Cleansing

Rutin Melakukan Double Cleansing
Rutin Melakukan Double Cleansing / foto : pexels.com/SoraShimazaki

Cara pertama yang dapat dilakukan agar kulit wajah lembap dan kencang adalah melakukan double cleansing secara rutin dan benar. Usahamu akan tetap sia-sia jika kamu tidak melakukan hal ini dengan optimal. Kamu bisa melakukan double cleansing sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Kemudian setelah melakukan double cleansing kamu bisa membersihkan kulit wajah dengan facial wash. 

Menggunakan Skincare yang Tepat

Menggunakan Skincare yang Tepat
Menggunakan Skincare yang Tepat / foto : pexels

Kemudian, kamu juga harus menggunakan skincare yang tepat, sesuai dengan kondisi kulit wajahmu ya. Kamu bisa gunakan toner, pelembap, dan sunscreen. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan produk yang kamu gunakan adalah produk yang mengandung bahan alami. 

Memijat Wajah

Memijat Wajah / foto : pexels.com/SoraShimazaki
Memijat Wajah / foto : pexels.com/SoraShimazaki

Menurut penelitian, rutin memijat wajah dapat membuat kulit menjadi kencang dan awet muda. Dengan melakukan pijatan, maka sirkulasi darah di kulit wajah akan lebih lancar dan dapat meningkatkan pembentukan kolagen sehingga dapat mencegah radikal bebas. Kamu bisa gunakan face oil atau aloe vera gel untuk memijat wajahmu, Beauties.

Menjaga Gaya Hidup Sehat

Menjaga Gaya Hidup Sehat / foto : pexels.com/TrangDoan
Menjaga Gaya Hidup Sehat / foto : pexels.com/TrangDoan

Selain melakukan perawatan yang baik untuk wajah, kamu juga perlu melakukan tindakan lainnya untuk memperlambat masalah kulit yang mengendur, yakni dengan menjaga gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan tidak merokok, menjaga kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen, mengonsumsi makanan buah dan sayur yang mengandung vitamin A, C, dan E. Usahakan konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi agar kulit wajah dapat terhindar dari hiperpigmentasi, menjaga kelembapan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah. 

Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak Air Putih / foto : pexels.com/Adrienn
Memperbanyak Air Putih / foto : pexels.com/Adrienn

Tips and trick terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih memiliki banyak manfaat, sehingga kamu nggak perlu meragukan lagi banyaknya manfaat air putih, seperti menjaga asupan cairan tubuh dan dapat membuat kulit semakin terawat dan lembap. 

Nah, itulah lima saran yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Yuk, mulai hidup sehat dan perbanyak minum air putih agar kulit tetap lembap dan kencang. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id