sign up SIGN UP

Wajib Tahu, Deretan Bahan Aktif di Skincare Berikut Ini Bisa Bantu Menyamarkan Pori-Pori

Fahira Mahza | Beautynesia
Senin, 14 Mar 2022 23:00 WIB
Wajib Tahu, Deretan Bahan Aktif di Skincare Berikut Ini Bisa Bantu Menyamarkan Pori-Pori
caption
Jakarta -

Memiliki pori-pori yang besar merupakan suatu yang menjengkelkan, baik perempuan maupun laki-laki. Bagaimana tidak, kulit dengan pori-pori besar akan memproduksi minyak yang lebih banyak sehingga dapat menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat.

Karena hal tersebut, banyak orang terutama perempuan yang melakukan berbagai cara untuk mengecilkan pori-pori mereka. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengecilkan porii-pori ialah dengan menggunakan skincare.

Kini sudah banyak produk skincare yang mengklaim dapat mengecilkan pori-pori yang beredar di masyarakat. Biasanya produk-produk skincare tersebut mengandung berbagai bahan aktif yang sangat cocok digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Berikut 5 bahan aktif yang dibutuhkan kulit untuk menyamarkan pori-pori.

Niacinamide

Niacinamide
Ilustrasi produk skincare mengandung Niacinamide/foto: shopee.co.id

Salah satu ingredient yang sedang popular di kalangan skincare enthusiast ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit. Meskipun niacinamide terkenal dapat mencerahkan wajah, namun manfaat lain dari bahan aktif satu ini tak kalah hebatnya.

Niacinamide dipercaya dapat mengecilkan pori-porimu. Jika kamu rutin menggunakan produk dengan niacinamide akan menghasilkan produksi sebum menjadi berkurang. Sebum yang telah ada pun tidak banyak yang akan teroksidasi menjadi blackhead sehingga dalam jangka panjang dapat mengecilkan pori-porimu.

Clay 

Clay atau Tanah Liat
Ilustrasi produk skincare yang mengandung clay/foto: shopee.co.id

Kandungan skincare selanjutnya yang bagus digunakan untuk mengecilkan pori-pori ialah clay. Clay memiliki fungsi untuk menyerap produksi minyak berlebih serta kotoran pada kulit.

Sehingga, pori-pori pun akan menjadi lebih kecil. Biasanya clay dapat ditemukan di banyak produk masker. Namun, bentonite clay kurang ramah bagi pemilik kulit kering karena dapat membuat kulitmu menjadi bertambah kering.

Bagi pemilik kulit kering disarankan untuk menggunakan kaolin clay karena daya serap minyaknya yang masih bersahabat dengan kulit kering.

Retinol

Retinol
Ilustrasi produk skincare yang mengandung retinol/foto: shopee.co.id

Meskipun baru-baru ini sedang popular berkat manfaatnya yang baik digunakan untuk perawatan anti aging. Namun retinol juga memiliki fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi kulit. Tak lain dan tak bukan ialah untuk mengecilkan pori-pori.

Retinol berfungsi untuk menstimulasi pembentukan kolagen serta sel kulit baru. Hasilnya kulitmu akan menjadi kenyal, kencang dan pori-pori menjadi kecil. Namun, penggunaan retinol tidak boleh asal-asalan, Beauties.

Jika kamu merupakan pengguna baru retinol, disarankan untuk menghindari produk dengan kandungan retinol yang tinggi. Retinol juga tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan produk dengan kandungan vitamin C maupun AHA/BHA.

Glycolic Acid atau AHA

Glycolic Acid / AHA
Ilustrasi produk skincare yang mengandung Glycolic Acid/foto: shopee.co.id

Salah satu cara agar pori-pori tidak bertambah besar ialah dengan menghindari sumbatan yang disebabkan oleh sel kulit mati, debu maupun sisa makeup yang tertinggal. Untuk mengatasi penyumbatan pada pori-pori kulit, kamu dapat menggunakan produk eksfoliasi.

Kamu dapat menggunakan produk dengan kandungan Glycolic Acid atau AHA. Glycolic Acid dikenal cukup ramah pada kulit sensitif maupun kulit kering. Kamu dapat menggunakan bahan aktif satu ini di hari ketika kamu sedang tidak mengenakan retinol.

Salicylic Acid atau BHA

Salicylic Acid / BHA
Ilustrasi produk skincare yang mengandung Salicylic Acid/foto: shopee.co.id

Selain Glycolic Acid atau AHA, bahan aktif lain yang dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit ialah Salicylic Acid atau BHA. Salicylic Acid  berperan dalam memecah kotoran dan minyak sehingga meminimalisir terjadinya penyumbatan pada kulit.

Sehingga pertumbuhan masalah jerawat dapat dicegah. Kandungan ini juga bisa membuat pori-pori Anda menjadi kecil. Sama halnya dengan Glycolic Acid, penggunaan bahan satu ini dapat dilakukan ketika kamu sedang tidak menggunakan retinol.

Nah, itulah 5 bahan aktif yang membantu mengecilkan pori-pori. Perlu diingat bahwa setiap bahan mempunyai cara penggunaannya tersendiri, sehingga kamu perlu memperhatikannya sebelum menggunakan salah satu diantara mereka.

Dan jangan lupa, untuk mendapatkan pori-pori yang kecil bukanlah suatu yang instan perlu penggunaan jangka panjang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id