sign up SIGN UP

Nggak Selalu Mahal dan Susah, Ini 4 Cara Sederhana Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehat

Sri Widia | Beautynesia
Kamis, 10 Mar 2022 14:30 WIB
Nggak Selalu Mahal dan Susah, Ini 4 Cara Sederhana Bikin Kulit Wajah Kenyal dan Sehat
caption

Seiring bertambahnya usia, kulit pasti mengalami perubahan seperti berkurangnya elastisitas kulit yang menyebabkan kendur, kelembaban berkurang, kulit kusam dan kulit terlihat lelah. Tentu saja masalah tersebut sangat dibenci dan dihindari kebanyakan orang, karena bikin tidak enak dipandang dan membuat terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Untuk itu, perlu dilakukan perawatan supaya kulit terlihat kenyal, lembap dan sehat kembali. Kata siapa untuk mendapatkannya perlu perawatan yang mahal? Dilansir dari beautycrew.com, sebenarnya yang dibutuhkan untuk menggapai kulit kenyal dan lembap bisa dilakukan dengan 4 cara ini, asal dilakukan secara konsisten.

Melakukan Eksfoliasi 

Melakukan Eksfoliasi/ pexels.com/ Monstera
Eksfoliasi/ pexels.com/ Monstera

Eksfoliasi kulit sebenarnya wajib dilakukan, supaya sel-sel kulit mati terangkat dan dapat membersihkan pori-pori di wajah. Jika kamu tidak melakukan eksfoliasi, kulit sehat dan kenyal sulit kamu dapatkan karena skincare lain yang kamu gunakan akan terhambat oleh sel kulit mati yang tertumpuk yang membuat kulit tidak menyerap skincare dengan optimal.

Eksfoliasi dapat mempercepat proses regenerasi kulit sehingga aliran darah lebih lancar dan kulit akan sehat dan tidak kusam. Melakukan eksfoliasi sebaiknya dilakukan secara lembut dan tidak dilakukan setiap hari supaya skin barrier kamu tetap sehat dan tidak menimbulkan permasalahan pada kulit.

Melakukan Pijat Wajah

Pijat Wajah/ pexels.com/ Mart Production
Pijat Wajah/ pexels.com/ Mart Production

Melakukan pijatan terhadap wajah sudah dikenal memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit. hal ini dikarenakan, ketika melakukan pijatan dapat merangsang kulit untuk memproduksi kolagen dan melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit tetap elastis, kenyal dan sehat.

Bertambahnya produksi kolagen membuat kulit tetap elastis yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Lakukan pijat wajah secara lembut saat menggunakan skincare yang mengandung retinol atau face oil supaya skincare dapat terserap dengan baik ya, Beauties.

Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Vitamin A, C dan E dan Minum Air yang Cukup

Buah-buahan/ pexels.com/ Engin Akyurt
Buah-buahan/ pexels.com/ Engin Akyurt

Tidak hanya dari luar, untuk mendapatkan kulit lembap, sehat dan kenyal harus diberikan nutrisi dari dalam juga. Memberikan nutrisi dari dalam dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E karena ketiga vitamin tersebut berperan penting dalam menjaga kelembapan wajah, merangsang produksi kolagen dan mencegah tanda penuaan dini.

Kamu bisa mendapatkan ketiga vitamin itu dari buah, sayuran hijau, bawang putih dan telur. Tidak hanya vitamin, air putih juga dapat membuat kulit terhidrasi. Oleh karena itu jangan lupa untuk minum air putih yang cukup supaya kulit tetap terhidrasi dan kulit menjadi lembap, kenyal dan sehat.

Gunakan Skincare yang Bersifat Antiaging

Skincare/ pexels.com/ Polina Kovaleva
Skincare/ pexels.com/ Polina Kovaleva

Skincare yang mengandung antiaging dapat membuat kulit tetap elastis, kencang dan menjaga kelembapan kulit. Beberapa ingredient pada skincare yang bersifat anti-aging yaitu hyaluronic acid, retinol dan vitamin C

Hyaluronic acid dapat menjaga elastisitas kulit, karena mampu merangsang produksi kolagen. Sedangkan retinol dan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan terlihat kenyal, sehat dan lembap.

Nah itu dia mengenai cara untuk mendapatkan kulit kenyal dan sehat. Ingat harus dilakukan dengan sabar dan konsisten, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id