sign up SIGN UP

Wajib Tahu, Kenali Penyebab Kulit Kusam Walau Berada di Rumah Saja

Fahira Mahza | Beautynesia
Senin, 30 May 2022 08:30 WIB
Wajib Tahu, Kenali Penyebab Kulit Kusam Walau Berada di Rumah Saja
caption
Jakarta -

Kesehatan kulit saat ini merupakan salah satu hal yang dikhawatirkan oleh perempuan diseluruh dunia termasuk Indonesia. hal tersebut dikarenakan kulit merupakan salah satu hal penting yang dapat membuat penampilan terlihat baik ataupun buruk dimata orang lain.

Dengan kulit yang sehat biasanya wanita cenderung akan lebih percaya diri untuk melakukan berbagai aktivitas terutama yang berhubungan dengan orang lain. Dan sebaliknya bila kulit terlihat kurang sehat maka kepercayaan diri seseorang pun dapat menurun.

Salah satu masalah kulit yang sering dihadapi banyak orang ialah kulit kusam. Kulit kusam adalah suatu keadaan di mana kulit  tampak tidak bercahaya dan membuat wajah tampak lesu.

Meskipun kamu tidak keluar rumah, kulitmu juga bisa kusam, lho. Nah, untuk mengetahui apa penyebabnya, berikut 5 penyebab kulit kusam meskipun sedang di rumah saja.

Jarang Menggunakan Skincare

Jarang menggunakan skincare
Jarang menggunakan skincare/foto: pexels.com

Salah satu hal yang seringkali diabaikan wanita ketika sedang tidak melakukan aktivitas di luar rumah atau hanya sekedar melakukan aktivitas di dalam rumah ialah tidak rutin menggunakan produk skincare untuk merawat kulit.

Hal ini menjadi salah satu penyebab utama mengapa kulit wajah terlihat kusam meskipun hanya di rumah saja. Skincare merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kulit yang harus digunakan setiap harinya agar kulit tetap sehat meskipun kamu sedang tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

So, jangan pernah skip memakai skincare ya, Beauties!

Terkena Blue Light dari Layar Gadget

Terkena blue light dari layar gadget
Terkena blue light dari layar gadget/foto: pexels.com

Bukan rahasia umum lagi bila blue light dari layar gadget dapat menyebabkan masalah kulit. Salah satunya dapat menyebabkan kulit kusam. Namun masih banyak orang yang sering mengabaikan tentang efek dari blue light yang berujung penyesalan akibat kulitnya terlanjur kusam.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memperhatikan porsi penggunaan gadget untuk mengurangi dampak dari blue light tersebut agar kulitmu tetap sehat.

Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D
Kekurangan vitamin D/foto: pexels.com

Salah satu penyebab kulit kusam ialah akibat dari kekurangan vitamin D pada kulit. Hal ini seringkali terjadi terutama ketika pandemi COVID-19 mewabah.

Pada saat pandemi berlangsung orang-orang memilih untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus agar tidak semakin parah, hal tersebut memang langkah yang tepat namun tidak seharusnya kamu di dalam rumah terus menerus seharian karena kulit membutuhkan vitamin D yang cukup agar tetap sehat dan hal itu bisa kamu dapatkan dengan berjemur.

Kamu cukup berjemur selama 15 menit setiap harinya agar kulitmu tetap sehat dan masalah kulit lain tidak muncul. Serta kamu dapat mengonsumsi vitamin D untuk menambah kebutuhan vitamin D yang belum tercukupi.

Sering Begadang

Sering begadang
Sering begadang/foto: pexels.com

Penyebab kulit kusam meskipun sedang di rumah saja selanjutnya ialah sering begadang. Begadang merupakan salah satu tindakan yang seringkali dilakukan banyak orang meskipun tahu akibat yang akan didapatkan ketika melakukannya secara terus-menerus.

Selain dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh, begadang juga dapat membuat kulitmu menjadi kusam dan cenderung terlihat lebih tua dari usiamu sebenarnya.

Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gula, Garam, dan Minyak

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, garam, dan minyak
Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, garam, dan minyak/foto: pexels.com

Rahasia kulit sehat dan glowing bisa kamu dapatkan dengan cara mengatur jenis makanan yang akan kamu konsumsi. Dengan mengonsumsi makanan sehat seperti rendah gula, gara, dan minyak maka kulitmu senantiasa dapat tetap terlihat sehat.

Dan sebaliknya bila kamu tidak dapat mengontrol jenis makanan yang akan kamu konsumsi maka masalah kulit pun dapat muncul dengan sendirinya. Salah satunya kulit kusam.

Itulah lima penyebab mengapa kulitmu terlihat kusam meskipun kamu tidak melakukan banyak aktivitas dan hanya berkegiatan di dalam rumah saja. Meskipun kamu sedang berkegiatan di dalam rumah saja, kamu juga perlu merawat kulit tubuhmu agar tetap sehat bukan membiarkannya saja karena menganggap di dalam rumah tetap dapat membuat kulit sehat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id