STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Waspada, Ini Sederet Bahaya yang Dialami Jika Kamu Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Fahira Mahza | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 16:30 WIB
Waspada, Ini Sederet Bahaya yang Dialami Jika Kamu Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah
Bahaya membersihkan wajah dengan tisu basah/foto: pexels.com

Membersihkan wajah merupakan salah satu perawatan wajah yang paling sering dilakukan para perempuan. Terlebih bagi mereka yang melakukan banyak aktivitas di luar ruangan yang menyebabkan wajah terpapar debu dan polusi.

Dengan membersihkan wajah, kamu dapat menurunkan risiko munculnya masalah kulit pada wajah. Karena kotoran yang menempel di wajah jika tidak segera dibersihkan dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat bahkan bisa menurunkan elastisitas kulit, lho. 

Cara membersihkan wajah pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan micellar water ataupun cleansing balm sebagai langkah pertama lalu dilanjutkan dengan menggunakan facial wash agar kotoran di wajahmu dapat hempas dengan sempurna.

Namun, terkadang kedua langkah membersihkan wajah tersebut dirasa menghabiskan banyak waktu sehingga banyak orang yang melakukan step pembersihan wajah ini dengan menggunakan tisu basah yang dianggap praktis dan cepat.

Padahal, membersihkan wajah dengan tisu basah dapat menimbulkan banyak efek buruk bagi wajah, lain halnya jika kamu menggunakan tisu basah khusus membersihkan makeup atau cleansing wipes. Berikut ini 5 bahaya menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah!

1. Dapat Menimbulkan Jerawat

Dapat menimbulkan jerawat
Dapat menimbulkan jerawat/foto: pexels.xom

Salah satu tujuan membersihkan wajah ialah agar wajah dapat terbebas dari berbagai masalah kulit yang dapat terjadi seperti jerawat. Tetapi jika kamu membersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah, bukan membuat kulit terbebas dari jerawat melainkan dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat pada wajahmu.

Hal ini dikarenakan tisu basah tidak dapat membersihkan kotoran dengan sempurna, justru malah menyebabkan wajah menjadi lengket. Wajah yang tidak bersih merupakan tempat kuman berkembang biak, salah satunya tempat bakteri penyebab jerawat.

Sehingga kamu disarankan membersihkan wajah minimal menggunakan facial wash agar wajah dapat bersih dengan maksimal. 

2. Dapat Merusak Skin Barrier

Dapat merusak skin barrier
Dapat merusak skin barrier/foto: pexels.com

Sudah bukan rahasia umum bila tisu basah mengandung pengawet hingga pewangi buatan di dalamnya. Kandungan tersebut dapat berisi bahan kimia keras yang dapat mengganggu pH skin barrier apabila langsung diaplikasikan ke kulit wajah.

Tentunya bahan tersebut sangat tidak disarankan bagi kulit wajah terutama bagi pemilik kulit wajah sensitif. 

3. Kulit Menjadi Kering

Kulit menjadi kering
Kulit menjadi kering/foto: istockphoto.com

Selain pengawet dan pewangi buatan, hampir semua tisu basah mengandung alkohol. Alkohol merupakan salah satu bahan yang perlu dihindari bagi kulit wajah.

Bahan tersebut dapat  membuat wajah menjadi lebih kering dan kasar. Karena itu, kamu tidak disarankan untuk menggunakan tisu basah ketika membersihkan wajahmu. 

4. Dapat Memunculkan Garis Halus pada Wajah 

Dapat memunculkan garis halus pada wajah
Dapat memunculkan garis halus pada wajah/foto: istockphoto.com

Bahaya selanjutnya yang dapat disebabkan dari penggunaan tisu basah pada wajah adalah meningkatkan risiko munculnya garis halus di wajah. Hal ini disebabkan oleh tekanan berlebih yang muncul saat penggunaan tisu basah untuk wajah.

Sehingga jika digunakan secara rutin dan berulang, garis halus pada wajah dapat muncul, terutama di area mata. Selain garis halus, elastisitas wajah juga bisa menjadi berkurang yang nantinya dapat membuat kulit tampak kendur.

 5. Dapat Menyebabkan Iritasi pada Wajah

Dapat menyebabkan iritasi pada wajah
Dapat menyebabkan iritasi pada wajah/foto: pixabay.com

Bahan yang terkandung pada tisu basah juga dapat menyebabkan iritasi pada wajah. Hal ini dikarenakan tisu basah diformulasikan untuk membersihkan tangan maupun hal-hal kotor di sekitar kita, dan bukan untuk digunakan pada wajah.

Sehingga ketika digunakan pada wajah secara berulang dapat memunculkan kemerahan dan rasa panas di area sekitar wajah.

Nah, itulah 5 bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan tisu basah pada wajah. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan tisu basah ketika kamu membersihkan wajah dan gunakan pembersih wajah khusus, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE