STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Tanda Stres yang Bisa Dilihat dari Kondisi Kulit, Nggak Cuma Jerawatan!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Rabu, 16 Nov 2022 10:00 WIB
5 Tanda Stres yang Bisa Dilihat dari Kondisi Kulit, Nggak Cuma Jerawatan!

Jerawat dan permasalahan kulit lain yang muncul tiba-tiba, bisa terjadi karena salah menggunakan skincare hingga dampak dari makanan yang kita konsumsi. Namun selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahwa psikis-mu sedang stres, lho. 

Mengutip dari Healthlinesaat sedang stres, produksi hormon kortisol di dalam tubuh mengalami lonjakan sebagai respon tubuh terhadap tekanan psikis. Peningkatan hormon ini bisa mengacaukan pesan yang dikirim saraf dan memicu sejumlah gangguan kondisi kulit sebagai salah satu imbasnya. 

Memang apa saja sih gangguan kulit yang bisa terjadi akibat dari stres? 

1. Peradangan dan Kulit Iritasi

peradangan dan kulit iritasi
Kondisi kulit yang mengalami peradangan dan iritasi/Foto: Freepik/Kmpzzz

Menurut penelitian, stres dapat melemahkan sistem kekebalan, termasuk melemahkan lapisan pelindung kulit. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan mengalami peradangan yang kemudian menimbulkan masalah-masalah kulit seperti eksim atopik, psoriasis dan rosacea, yang ditandai dengan gejala kulit memerah, gatal, bersisik, kering dan menebal. 

2. Peningkatan Produksi Minyak dan Jerawat

kulit berjerawat
Kulit berjerawat akibat stres/Foto: Freepik/Junne12

Lonjakan hormon kortisol ketika sedang stres dapat meningkatkan produksi minyak berlebih di wajah. Dampaknya, kulit pun menjadi lebih kusam dan rentan mengalami jerawat karena pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. 

3. Kulit Lebih Sensitif

kulit sensitif
Kulit kemerahan dan sensitif/Foto: Freepik/Freepik

Saat sedang stres, tubuh mengeluarkan zat kimia neuropeptida dan neurotransmitter. Kedua zat ini dapat mengubah respon tubuh terhadap paparan alergen dan membuat kulit lebih sensitif, termasuk pada bahan-bahan kimia tertentu yang ada di dalam produk perawatan kulit maupun makeup yang digunakan.

4. Kantung Bawah Mata

kantung mata gelap
Munculnya kantung mata akibat stres/Foto: Freepik/Mari Draiser

Tak bisa dipungkiri, kurang tidur saat stres bisa menyebabkan munculnya kantung bawah mata. Namun selain disebabkan oleh kurang tidur, kantung bawah mata juga bisa muncul karena jaringan kulit di sekitar mata melemah akibat stres sehingga menyebabkan penumpukan cairan di area bawah mata.

5. Kerutan dan Garis Halus

kerutan di sekitar mata
Munculnya kerutan dan garis halus di wajah akibat stres/Foto: Freepik/Jateshutter

Kurang tidur saat stres juga bisa memicu munculnya garis halus dan kerutan. Pasalnya kadar kartisol yang tinggi saat stres dapat memecah protein di kulit dan berpengaruh pada keelastisan kulit. Saat elastisitasnya yang berkurang, kulit pun menjadi terlihat lebih berkerut, kendur dan kasar. 

Bagaimana Cara Mengatasi Stres?

mengatasi stres
Mengatasi stres agar hidup lebih bermakna/Foto: Freepik/Our team

Mulai dari kesibukan sehari-hari sampai masalah pekerjaan, faktor-faktor penyebab stres memang tidak bisa kita hindari sepenuhnya. Namun, kita bisa menerapkan beberapa kiat untuk membantu menenangkan pikiran agar stres yang melanda tidak berlarut-larut. Beberapa kiat yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Menerapkan mindfulness.
  • Meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau hal yang disukai.
  • Bergerak aktif dan berolahraga rutin.
  • Melakukan metode relaksasi, seperti latihan pernapasan atau meditasi.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.