sign up SIGN UP

4 Kiat Strategi Bisnis untuk Pemula

aqillahdiaz | Sabtu, 03 Jul 2021 15:15 WIB
4 Kiat Strategi Bisnis untuk Pemula
caption
Jakarta -

Di zaman yang serba modern saat ini, apalagi saat pandemi sekarang, berbisnis adalah salah satu hal yang cukup menarik perhatian. Terlebih lagi banyak orang yang sedang mencari lapangan pekerjaan dan berbisnis menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu bisnis yang bisa digerakkan pada masa pandemi adalah bisnis di bidang industri kreatif, seperti bisnis yang dijalankan oleh Alpha Collective.

Alpha Collective adalah kreatif agensi yang berfokus pada pengembangan UMKM. Alpha Collective dapat membantu memberikan "cover" yang lebih menarik bagi para pelaku UMKM dengan melakukan penawaran berupa jasa branding, content creation, serta advertising dan marketing

project alpha collective (sumber : alphacollective.id)
project Alpha Collective (sumber : instagram.com/alphacollective.id)

Bidang bisnis kreatif agensi tersebut cukup menarik perhatian, bukan? Alpha Collective juga membagikan kiat strategi bisnis yang anti gagal, lho bagi kalian yang ingin memulai berbisnis. Penasaran apa aja strategi bisnisnya? Check this out!

Melihat Situasi Pasar

sumber : freepik
sumber : freepik

Cara ini bisa banget kalian lakukan dengan melihat beberapa jenis pasar, yakni bleeding, potensial, dan sleeping. Bleeding yang dimaksud dalam bisnis adalah perang harga yang dilakukan di pasar karena demand dan supply juga sama-sama tinggi. Potensial adalah terdapat permintaan, namun supply belum terlalu banyak, sehingga minim kompetitor. Kemudian sleeping, permintaan belum terlihat namun permintaan dapat timbul setelah pasar di edukasi, yang mana demand akan meningkat apabila omset yang didapatkan akan melesat.

Nah, setelah tahu beberapa jenis pasar, kalian dapat melakukan pemilihan pasar sesuai dengan target konsumen dan modal bisnis kalian. So, mana nih jenis pasar yang sesuai dengan bisnis kalian?

Menawarkan Produk yang Banyak Diminati

sumber : instagram.com/alphacreative.id
sumber : instagram.com/alphacreative.id

Jika kalian akan memulai berbisnis, produk yang akan kalian tawarkan juga harus bagus, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk kalian lagi. Kalian juga bisa melakukan tes produk kepada target konsumen sebelum memasarkan produk. 

Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran

sumber : freepik
sumber : freepik

Memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memasarkan bisnis adalah langkah yang tepat di tenagh industri digital seperti sekarang. Kamu bisa menyebarkan atau memasarkan produk ke para konsumen melalui selebgram, artis, grup whatsapp, telegram, media sosial instagram, TikTok, ataupun platform lain. Oh ya, jangan lupa juga untuk menyesuaikan sasaran sesuai target pasar dan konsumen, ya!

Menyiapkan Branding yang Matang

sumber : freepik
sumber : freepik

Yap, ini adalah strategi yang nggak kalah penting. Branding dalam sebuah bisnis bisa meliputi packaging produk, nama brand, font, pemilihan warna, bahkan cara penulisan pada media sosial brand tersebut. Hal itu menjadi salah satu cara untuk membuat produk kita dikenali oleh konsumen dan juga akan berpengaruh pada konsumen.

Well, itu adalah beberapa strategi bisnis yang bisa kamu ikuti dari Alpha Creative. Jangan menyerah dan tetap semangat buat kamu yang sedang merintis bisnis!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id