sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Work Hard Play Hard Agar Tetap Seimbang, Pesan Penting untuk Generasi Milenial

Dian Aprilia | Senin, 26 Apr 2021 13:00 WIB
5 Tips Work Hard Play Hard Agar Tetap Seimbang, Pesan Penting untuk Generasi Milenial
caption

Para generasi milenial tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ‘Work Hard Play Hard’. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan perlunya keseimbangan antara bekerja dan bersenang-senang.

Berdasarkan penelitian, kunci kesuksesan adalah memberikan keseimbangan antara bekerja keras dan juga hiburan. Prinsip inilah yang kemudian diterapkan oleh anak muda masa kini, agar bisa hidup seimbang dan tetap menyenangkan.

Namun, ada kalanya prinsip ‘play hard’ diterapkan hingga kebablasan. Alhasil, gaya hidupnya ketinggian tapi tidak sejalan dengan jumlah pemasukan. Dampaknya cicilan menumpuk, bunga dan denda paylater kian membengkak, stres dan bahkan depresi.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips menerapkan work hard play hard agar tetap seimbang:

Pastikan Dana Darurat Siap

Dana darurat
Dana darurat/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan dana darurat. Sering travelling, nongkrong, belanja barang branded tidak masalah, asalkan dana darurat tersimpan dengan baik. Jadi jika ada kondisi buruk yang menimpa, kamu tidak perlu kelimpungan untuk mencari pinjaman.

Sebaiknya siapkan dana darurat hingga batas aman, yakni 12 kali pengeluaran bulanan. Jadi jika sumber penghasilanmu hilang, setidaknya kamu bisa hidup selama 1 tahun dengan aman dan nyaman. Pastikan untuk menyimpan dana darurat di tempat yang mudah dicairkan, aman dan minim risiko ya.

Jangan Berhutang

Jangan berhutang
Jangan berhutang/pexels.com

Hindari berhutang, belilah sesuatu jika memang sudah ada uangnya. Berhutang, apalagi untuk kegiatan yang konsumtif tentu menjadi kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan keuangan. Oleh sebab itu, pakai prinsip untuk meminimalisir hutang dan belilah barang atau keluarkan biaya untuk jalan-jalan jika memang sudah ada uang.

Bangun mindset bahwa hutang bermakna kamu tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup. Sehingga, kamu akan terpacu untuk meningkatkan kualitas diri dan menghasilkan uang yang lebih guna memenuhi keinginannmu.

Peningkatan Gaya Hidup = Peningkatan Pemasukan

Peningkatan gaya hidup
Peningkatan gaya hidup/pexels.com

Peningkatan gaya hidup harus diikuti dengan peningkatan pemasukan. Sehingga kamu tidak bisa sembrono meningkatkan frekuensi jalan-jalan, belanja atau nongkrong jika belum ada penghasilan tambahan. Prinsip ini akan membantumu untuk mengontrol diri dan menunggu kesiapan finansial sebelum meningkatkan gaya hidup.

Kalaupun penghasilanmu sudah meningkat, pastikan juga pengeluaranmu tidak melebihi dari tambahan penghasilan tersebut. Jadi keuanganmu tetap bisa sehat dan cashflow lancar. Bersenang-senang boleh, tapi perlu tahu batasan yang jelas.

Kerja Keras dan Belajar Hal Baru

Kerja keras
Kerja keras/pexels.com

Play hard mensyaratkan work hard. Jadi bekerja keras menjadi syarat penting yang harus kamu penuhi jika kamu ingin mendapatkan waktu yang seimbang untuk bersenang-senang. Jangan mudah berpuas diri atas pencapaian yang kamu dapatkan. Cobalah untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan berbagai kegiatan pengembangan diri.

Kamu bisa mengikuti berbagai event, baik offline maupun online, masuk di berbagai komunitas, membaca buku, mendengarkan podcast berfaedah dan berbagai macam hal lainnya.

Sisihkan Uang untuk Target Keuangan

Atur keuangan
Atur keuangan/pexels.com

Jangan lupa untuk menyisihkan uang yang kamu miliki untuk mencapai tujuan keuanganmu. Seperti halnya membeli rumah, uang nikah, dana pensiun, dan berbagai tujuan lainnya. Jangan sampai uang habis hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok dan juga kebutuhan hiburan.

Itulah tips penting bagi kamu yang ingin menerapkan prinsip work hard play hard. Pastikan untuk tetap seimbang dan finansial tetap stabil ya. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id