sign up SIGN UP

Ampuh Cegah Burnout, Terapkan Tips Mengatur Waktu untuk Pekerjaan Remote

Dian Aprilia | Jumat, 19 Mar 2021 11:30 WIB
Ampuh Cegah Burnout, Terapkan Tips Mengatur Waktu untuk Pekerjaan Remote
caption

Di saat pandemi seperti sekarang, banyak karyawan yang diminta untuk bekerja secara remote oleh perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa bekerja dengan lebih aman dan terhindar dari virus covid-19. Karena bekerja remote ini termasuk hal yang baru, seringnya hal ini kerap memicu berbagai masalah.

Mulai dari pekerjaan yang menumpuk, tidak produktif, burnout, stres meningkat dan lainnya. Penyebab dari masalah-masalah tersebut biasanya karena pengelolaan waktu yang salah. Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 tips mengatur waktu untuk pekerjaan remote:

Buat Agenda Harian

Agenda harian
Agenda harian/pexels.com

Membuat agenda harian ini memiliki banyak manfaat. Sebenarnya tidak hanya untuk pekerja remote, kamu yang bekerja di kantor pun perlu membuat agenda agar kegiatanmu lebih tertata. Bagi yang bekerja remote, agenda harian ini memiliki peran pengawasan seperti layaknya bos di kantor.

Jadi agenda inilah yang kemudian membantumu untuk melakukan langkah demi langkah untuk menyelesaikan kegiatan. Buatlah yang realistis dan sesuai kapasitasmu, agar agenda tersebut tak jadi angan-angan dan malah membebani.

Bagi Waktu untuk Personal dan Bekerja

Waktu personal
Waktu personal/pexels.com

Hal penting selanjutnya adalah membagi waktu untuk personal dan bekerja. Kamu harus punya batasan yang jelas untuk kedua hal tersebut. Caranya bisa membagi dengan jam atau durasi. Sebagai contoh, pembagian berdasarkan jam, 08.00-12.00 dan 13.00-16.00 waktu kerja, sisanya waktu personal. Atau pembagian berdasarkan durasi, seperti 8 jam bekerja, artinya kamu bebas menggunakan waktu pagi, siang, sore atau malam.

Pembagian berdasarkan jam biasanya dipilih orang-orang yang bekerja di satu perusahaan tertentu. Sementara itu, pembagian berdasarkan durasi, biasanya cocok dengan pekerja freelancer.

Berani Berkata Tidak

No
No/pexels.com

Berkata tidak adalah salah satu wujud konkret perilaku asertif yang harus dimiliki setiap orang. Saat kamu mengetahui kapasitas dirimu dan merasa pekerjaan yang dibebankan atasan terasa berat, kamu bisa menyampaikannya terbuka. Jika memang perlu menolak, kamu harus berani untuk mengatakannya, tentunya dengan cara yang baik.

Termasuk bagi freelancer, bagi kamu yang merasa projek tertentu tidak sesuai dengan kemampuan dan kapasitasmu, kamu wajib untuk menolak. Hal ini penting, agar kamu bisa menjaga waktumu bekerja tetap sehat dan seimbang.

Disiplin dan Konsisten

Disiplin
Disiplin/pexels.com

Terakhir, kamu harus melakukan ketiga cara tersebut dengan disiplin dan konsisten. Memang di awal bekerja secara remote mungkin akan terasa berat. Namun jika kamu rutin membuat agenda harian, membatasi waktu kerja dan berani berkata tidak, pasti pekerjaanmu akan tuntas dan tidak membuatmu burnout.

Lakukan juga secara konsisten, tidak hanya di satu minggu pertama tapi coba berkomitmen untuk disiplin hingga bulan pertama. Dijamin kamu akan merasakan perbedaannya dan cenderung nyaman dengan cara kerja remote.

Itulah 4 tips penting mengatur waktu untuk pekerjaan remote agar terhindar dari burnout. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id