sign up SIGN UP

LIFE

Baru Memulai Bisnis? Lakukan Tips Ini Supaya Bisnis Bertahan Lama

Penny Fatikasari | Sabtu, 05 Sep 2020 10:00 WIB
Baru Memulai Bisnis? Lakukan Tips Ini Supaya Bisnis Bertahan Lama
caption
Jakarta -

Memiliki keinginan untuk memulai bisnis rasanya akan penuh tantangan yang harus kamu hadapi. Apalagi kamu baru memulai bisnis dan kamu pun belum memiliki strategi dalam meluncurkan bisnis barumu tersebut. Tentunya, untuk membangun bisnis perlu perencanaan yang matang agar kamu dapat menjalani semua proses dengan baik. Oleh karena itu, siapkan tips ini supaya bisnismu bisa bertahan lama.

Mulai Atur Keuangan dengan Baik

atur keuangan
Mulai Atur Keuangan/Freepik.com

Dalam mengelola bisnis pertama, kamu harus pandai mengatur keuangan dengan baik agar nggak mudah kecolongan. Jangan sampai kamu mendapatkan rugi daripada untung saat berbisnis. Nah, maka dari itu mulai atur atau cari tahu cara yang baik dalam mengatur keuangan dalam berbisnis. Jangan sampai salah mengelola keuangan sehingga hasilnya justru enggak fleksibel nantinya. Nggak mau kan bisnismu jadi buntung dan rugi? Yuk, mulai atur keuanganmu dengan baik.

Tentukan Minat Usaha

tentukan minat usaha
Tentukan Minat Usaha/Freepik.com

Salah satu hal untuk memulai bisnis adalah dengan menentukan minat usaha yang kamu sukai, apakah minatmu bisa menghantarkan usahamu menuju peluang yang lebih besar atau menjadi sesuatu yang unik untuk dipasarkan. Tak perlu memulainya dari usaha yang besar, kamu dapat memulainya dari usaha kecil yang dapat menguntungkan. Dari hal itu kamu dapat mengetahui apakah tujuan bisnismu dapat tercapai dan berkembang, baik itu memberikan keuntungan bagi dirimu maupun lingkungan sekitarmu.

Buat Rencana

buat rencana
Buat Rencana/Freepik.com

Ketika kamu memiliki niat dan minat untuk membangun sebuah bisnis, maka kamu pun siap untuk membuat perencanaan. Agar bisnismu berjalan sesuai rencana, kamu pun bisa menambah pengetahuan tentang bisnis dengan mengikuti seminar atau workshop tentang dunia bsinis untuk memperluas jaringan dan pengetahuanmu.

Buat Strategi Pemasaran

buat strategi pemasaran
Buat Strategi Pemasaran/Freepik.com

Dalam menjalankan bisnis, kamu harus memiliki strategi pemasaran yang jitu untuk menjual produkmu. Tak hanya itu, kamu pun harus memperhatikan perkembangan bisnis di sekitarmu agar strategi pemasaran yang kamu buat tentunya tepat sasaran dan tercapai tujuannya kepada konsumen. Mereka pun tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Kamu juga dapat melihat strategi pemasaran terkini agar kamu enggak ketinggalan zaman. Kamu pun dapat melakukan promosi strategi pemasaran ke jaringan digital yang lebih luas seperti Twitter, Facebook, Instagram maupun aplikasi e-commerce yang bisa menjangkau bisnismu lebih cepat dan mudah.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id