sign up SIGN UP

LIFE

Bikin Bisnis Sampingan Tanpa Modal? Bisa Kok!

Dyah Na | Senin, 31 Aug 2020 20:00 WIB
Bikin Bisnis Sampingan Tanpa Modal? Bisa Kok!
caption
Jakarta -

Di masa sulit seperti saat ini, mengandalkan gaji bulanan tentu tidak mudah ya, Ladies. Kamu perlu menambah pemasukan dengan beragam bisnis sampingan agar arus keuangan tetap terjaga. Banyak bisnis sampingan minim modal yang bisa kamu jalankan di rumah, apalagi kalau kamu punya keterampilan khusus. Berikut ini adalah beberapa bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukan bulanan. Apa saja?

Bisnis jasa adalah salah satu jenis bisnis sampingan yang bisa dimulai cepat. Kamu hanya perlu bermodalkan skill untuk melakukan bisnis ini. Kalau kamu punya hobi menulis, menjahit, atau memasak, jangan ragu untuk memanfaatkannya. Nah, beberapa jenis bisnis sampingan ini bisa kamu geluti sebagai bisnis sampingan di rumah. 


Jasa Penerjemah

Shutdown LaptopJasa Penerjemah/Freepik.com

Saat ini memang mudah menerjemahkan kata-kata dalam bahasa asing menggunakan mesin seperti Google Translate. Namun dalam beberapa hal, jasa penerjemah tetap diperlukan karena hasilnya tentu akan berbeda. Kalau kamu punya kemampuan linguistik yang mumpuni, enggak ada salahnya untuk memulai bisnis ini. Kamu bisa membuka bisnis penerjemah untuk menterjemahkan dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Tarif yang kamu pasang pun bisa beragam, misalnya tarif per kata, per kalimat, atau per dokumen. Tentunya pekerjaan ini tak akan memakan banyak waktu jika kamu telah menguasai bahasa asing dengan fasih. 


Jasa Les Privat

Di masa pandemi ini, sekolah masih melakukan proses belajar secara online. Hal ini terkadang menyulitkan bagi orangtua karena harus ekstra mengajarkan anaknya belajar di rumah. Kamu bisa lho mengubah situasi ini menjadi peluang bisnis. Kamu bisa membuka jasa les privat untuk tetangga kamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapat uang tambahan dan tetangga kamu pun bisa lebih memahami pelajaran yang diberikan di sekolahnya.


Menjahit Pakaian

[FORUM] Kamu punya kemampuan jahit menjahit gitu gak girls?Menjahit Pakaian/Freepik.com

Bisnis pakaian semakin menjamur sekarang ini. Tapi bukan berarti kamu terlambat berkecimpung di dalamnya. Kamu masih tetap bisa kok membuka bisnis pakaian dengan baju yang kamu jahit sendiri. Kamu bisa membuat pakaian dengan desain sederhana atau bahkan membuat pouch makeup yang gemas. Jual saja melalui online. Dengan kerja keras, usaha kamu pasti ada hasilnya lho, Ladies.

 

Frozen Food

frozen-berries-vegetables_70626-4932Frozen Food/Freepik.com

Di masa pandemi ini, banyak orang yang lebih memilih memasak di rumah. Namun, banyak juga orang yang malas masak karena dirasa lebih ribet. Kalau kamu jago masak, coba deh kreasikan membuat frozen food. Kamu bisa menjual menu olahan kamu sendiri dalam bentuk beku, sehingga pembeli hanya tinggal menggoreng atau memanaskannya saja.

Ternyata selalu ada jalan kalau kita mau berusaha, Ladies. Membuka usaha jasa kecil-kecilan bisa membantu kamu mendapatkan pemasukan yang lebih besar dalam menghadapi masa krisis ini. Yuk mulai usaha kamu sendiri!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id