sign up SIGN UP

LIFE

Baru Pertama Kali Memulai Bisnis, Berikut Tipsnya!

Penny Fatikasari | Selasa, 30 Jun 2020 07:22 WIB
Baru Pertama Kali Memulai Bisnis, Berikut Tipsnya!
caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang, memiliki penghasilan tetap rasanya kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi, melihat kenaikan harga barang yang kian melonjak bahkan kebutuhan keluarga yang enggak murah setiap harinya. Nggak hanya untuk membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari, namun pula kebutuhan jangka panjang. Akhirnya, banyak pula orang yang membangun bisnis sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Belum lagi jika urusan pekerjaan yang sudah enggak enak dan bisa saja menimbulkan PHK, sehingga mengharuskan seseorang untuk memilih bekerja sampingan. Biasanya sebelum memulai bisnis, seseorang akan merasa amat bingung bahkan takut gagal. Tak hanya itu, mereka pun bertanya-tanya pada diri sendiri apakah mampu untuk menjadi seorang pebisnis tanpa adanya pengalaman? Tak perlu khawatir, kamu juga bisa memulai bisnis pertama kalinya dengan melakukan tips berikut ini!


Tentukan Minat Usaha

Menentukan minat usaha
Tentukan Minat Usaha/Freepik.com

Salah satu hal untuk memulai bisnis adalah dengan menentukan minat usaha yang kamu sukai. Apakah minatmu bisa mengantarkan usahamu menuju peluang yang lebih besar atau menjadi sesuatu yang unik untuk dipasarkan. Tak perlu memulainya dari usaha yang besar, kamu dapat memulainya dari usaha kecil yang dapat menguntungkan. Dari hal itu kamu dapat mengetahui apakah tujuan bisnismu dapat tercapai dan berkembang, baik itu memberikan keuntungan bagi dirimu maupun lingkungan sekitarmu.

Buat Rencana

Membuat rencana
Buat Rencana/Freepik.com

Ketika kamu memiliki niat dan minat untuk membangun sebuah bisnis, maka kamu pun siap untuk membuat perencanaan. Agar bisnismu berjalan sesuai rencana, kamu pun bisa menambah pengetahuan tentang bisnis dengan mengikuti seminar atau workshop tentang dunia bisinis untuk memperluas jaringan dan pengetahuanmu.

Buat Strategi Pemasaran

Membuat strategi pemasaran
Buat Strategi Pemasaran/Freepik.com

Dalam menjalankan bisnis pun kamu harus memiliki strategi pemasaran yang jitu untuk menjual produkmu. Tak hanya itu, kamu pun harus memperhatikan perkembangan bisnis di sekitarmu agar strategi pemasaran yang kamu buat tentunya tepat sasaran dan tercapai tujuannya kepada konsumen sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Kamu juga dapat melihat strategi pemasaran terkini agar kamu enggak ketinggalan zaman.

Wujudkan Mimpimu

Mewujudkan mimpi
Wujudkan Mimpimu/Freepik.com

Jangan hanya diam dan takut gagal jika bisnismu belum bisa diketahui bahkan dibanjiri konsumen. Ingatlah jika segalanya perlu proses dan usaha dari kerja kerasmu dalam hal memasarkan produk yang kamu jual. Dalam membangun produk usaha, tentunya kamu enggak boleh melupakan nama usaha, logo yang ingin kamu buat, media sosial dan sebagainya untuk menciptakan sebuah branding. Lakukan dengan sekreatif mungkin agar dapat menarik perhatian orang lain untuk membeli apa yang kamu jual.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id