sign up SIGN UP

LIFE

Freelancer Wajib Tahu, Pentingnya Surat Kontrak Kerja Untuk Para Freelancer

Soffya Ranti | Jumat, 08 Jan 2021 13:00 WIB
Freelancer Wajib Tahu, Pentingnya Surat Kontrak Kerja Untuk Para Freelancer
caption
Jakarta -

Saat ini profesi sebagai freelancer kerapkali banyak digeluti banyak orang bahkan tak jarang para pekerja kantoran mulai berpindah menjadi freelancer menurut keahliannya masing-masing.

Freelancer banyak dipilih karena dirasa banyak memiliki kelebihan seperti waktu dan tempat yang fleksibel. Selain kelebihan, freelancer juga memiliki kekurangan yaitu seringnya beberapa freelancer ditinggalkan klien atau molornya masalah pembayaran bahkan ditinggalkan.

Hal tersebut tentu saja tidak akan diinginkan kan Ladies, maka dari itu para freelancer wajib meminta surat kontrak kerja sebagai tanda hitam di atas putih agar dapat berjaga-jaga jika terjadi sesuatu. Berikut ini dijelaskan beberapa pentingnya surat kontrak kerja untuk para freelancer.

Dapat Saling Dipercaya dan Lebih Profesional

Pentingnya surat kontrak kerja agar dapat lebih dipercaya dann lebih profesional/freepik.com
Dapat dipercaya dan lebih profesional/Freepik.com

Walaupun kamu bukan karyawan tetap sebuah perusahaan tapi tak ada salahnya memiliki surat kontrak kerja dalam bekerja sama dengan klien. Jika klienmu adalah sebuah perusahaan, biasanya kontrak kerja sudah disiapkan. Tapi jika klien per orangan, kamu bisa menawarkan klienmu untuk kamu beri kontrak kerjamu sendiri atau menyerahkannya pada klien. Surat kontrak sangat penting bagi kedua belah pihak agar saling dipercaya dan tentu saja lebih profesional.

Mengerti Lingkup Pekerjaan yang Dilakukan

Pentingnya surat kontrak kerja agar mengerti lingkup kerja yang dilakukan
Mengerti lingkup kerja yang dilakukan/freepik.com

Baik freelancer maupun klien sama-sama mengerti lingkup pekerjaan yang dilakukan mulai dari tugas yang dikerjakan, ketentuan kepemilikan hasil kerja, dan deadline pekerjaan yang harus dirampungkan. Sehingga hal tersebut dapat dengan mudah dipahami masing-masing kedua belah pihak.

Menghindari Miss Komunikasi

Pentingnya surat kontrak kerja agar menghindari miss komunikasi/freepik.com
Menghindari miss komunikasi/freepik.com

Kontrak kerja akan berisi berbagai ketentuan tugas dan perjanjian yang dilakukan freelancer dan klien secara lengkap dan detail sehingga kedua belah pihak pun lebih paham mengenai lingkup masing-masing. Tentu saja tidak terjadi miss komunikasi sehingga pekerjaan pun akan lebih cepat rampung dengan baik dan lancar.

Tercatat Tenggat Waktu Pembayaran

Pentingnya surat kontrak kerja agar Tercatat waktu tenggat pembayaran/freepik.com
Waktu tenggat pembayaran/freepik.com

Ini dia masalah yang paling sering ditemui para freelancer, yaitu seringnya keterlambatan pembayaran, pembayaran tidak sesuai perjanjian, bahkan menghilang sebelum pembayaran dilakukan. Itulah fungsi surat kontrak kerja, agar seluruh informasi seperti jadwal pembayaran pun tercatat dengan tepat sehingga pembayaran dapat dilakukan sesuai tenggat waktu dan tidak terjadi keterlambatan atau hingga pergi sebelum pembayaran.

Itulah 4 pentingnya surat kontrak kerja bagi freelancer yang wajib kamu ketahui. Untuk kamu seorang freelancer jangan lupa untuk meminta surat kontrak kerja sebelum bekerja ya atau bahkan kamu bisa membuatnya versi mu sendiri jika klien tidak menyediakan. Selamat bekerja!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id