sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Abaikan, Ini 4 Tanda Kamu Mengalami Stres Saat Work From Home

Dian Aprilia | Rabu, 24 Feb 2021 08:00 WIB
Jangan Abaikan, Ini 4 Tanda Kamu Mengalami Stres Saat Work From Home
Work from home/ foto: pexels.com
Jakarta -

Di masa pandemi, banyak perusahaan yang memilih untuk menerapkan aturan WFH pada para karyawannya. Sebenarnya langkah ini memang termasuk aman, karena bisa menghindari penyebaran virus Covid-19 dengan lebih efektif. Meski begitu ada berbagai dampak negatif yang dialami oleh karyawan yang melakukan WFH.

Mulai dari kurang nyaman saat bekerja di rumah karena minimnya fasilitas yang memadai, seperti meja dan kursi yang sesuai. Adanya gangguan dari anggota rumah lainnya, seperti anak-anak, saudara ataupun orang tua. Selain itu, WFH juga bisa meningkatkan stres karyawan.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 tanda kamu sedang mengalami stres saat WFH di rumah:

Kesepian

Kesepian
Kesepian/pexels.com

Siapa nih yang sering mengalami kesepian saat sedang WFH? Mungkin hal ini bisa jadi surga bagi para introvert, tapi sebaliknya, WFH bisa jadi bagi ekstrovert. Bagaimana tidak, kamu yang biasanya bisa ngobrol, diskusi dan bercanda dengan teman kantor, harus bekerja dalam diam.

Mungkin bisa berinteraksi dengan teman kantor lainnya, tapi hanya melalui handphone saja. Alhasil jika ada kesulitan, kamu hanya menelan kesusahan itu sendiri. Kalau pun bisa minta bantuan melalui WA atau media komunikasi, rasanya tak semudah atau sama dengan suasana jika bekerja di kantor.

Burnout

Burnout
Burnout/pexels.com

Sebelum pandemi, kita terbiasa dengan fokus bekerja saat di kantor, sementara itu saat di rumah bisa fokus dengan kegiatan di rumah. Hal ini berbeda dengan WFH, dimana kita dituntut bekerja dengan waktu yang tak terbatas. Bahkan tak jarang, jam kerja jauh lebih panjang dan terasa melelahkan.

Saat bekerja, kadang disambi dengan pekerjaan rumah, mengurusi anak ataupun bersih-bersih rumah. Saat sedang istirahat dan jam kerja telah berakhir, atasan malah kirim tugas dan juga feedback yang bikin kamu bekerja terus menerus. 

Insomnia

Insomnia
Insomnia/pexels.com

Tidak semua rumah menjadi tempat yang ideal untuk bekerja. Ada yang terpaksa harus bekerja di kamar tidur dan di atas kasur. Alhasil, lingkungan ini bikin kerja tidak kondusif. Tak sedikit yang lantas ketiduran di tengah melakukan tugasnya.

Hal ini berdampak pada ritme tubuh yang tidak teratur. Sehingga menyebabkan waktu malam hari yang biasanya digunakan untuk tidur, malah kepikiran pekerjaan dan terjebak insomnia.

Kurang Termotivasi

Kurang termotivasi
Kurang termotivasi/pexels.com

Motivasi kerja di kantor dan rumah tentu sangat berbeda jauh. Saat di kantor, kita akan diawasi oleh atasan, dibantu rekan kerja, sehingga membuat kita lebih semangat dan giat dalam melaksanakan tugas.

Saat tiba-tiba diminta untuk bekerja di rumah, kita akan merasa sendiri dan lebih bebas. Namun kebebasan tersebut kadangkala disalahgunakan dengan bebas malas-malasan dan seenaknya sendiri. Alhasil kondisi ini malah bikin kita kurang termotivasi dalam melakukan pekerjaan.

Itulah 4 hal yang bisa menjadi tanda atau gejala awal kamu sedang stres karena WFH. Sebaiknya jika kamu mengalaminya, kamu mulai merubah rutinitasmu dan juga menerapkan aturan-aturan tertentu agar bisa membuatmu bersemangat lagi meskipun sedang WFH.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id