sign up SIGN UP

Kecerdasan Emosional di Lingkungan Kerja Sangat Penting, Selain Bikin Koneksi Makin Meluas, Ini Alasan Lainnya

Shinta Nikmah | Kamis, 02 Sep 2021 06:45 WIB
Kecerdasan Emosional di Lingkungan Kerja Sangat Penting, Selain Bikin Koneksi Makin Meluas, Ini Alasan Lainnya
caption

Beauties, kecerdasan emosional sangat dibutuhkan ketika kamu sudah memasuki lingkungan kerja. Hal tersebut karena lingkungan kerja sangat erat berkaitan dengan pengelolaan emosi dan stres. Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi bisa membuatmu bertahan di lingkungan kerja dengan banyak tekanan.

Hal tersebut juga menjadi pertimbangan mengapa banyak perusahaan lebih memilih merekrut karyawan yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dibanding kecerdasan intelektual semata.

Lalu apa saja sih, kelebihan yang dimiliki karyawan yang dengan kecerdasan emosional yang tinggi?

1. Membuat Keputusan yang Tepat

Membuat keputusan yang tepat
Membuat keputusan yang tepat/ Foto: freepik.com

Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan sangat menguntungkan ketika kamu berada di lingkungan kerja. Salah satunya, dikutip dari Very Well Mind, kamu bisa membuat keputusan dengan lebih baik dibanding dengan orang yang memiliki kecerdasan emosi rendah.

Sebab, seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi tidak akan terburu-buru mengambil keputusan, melainkan dengan tenang mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan sesuatu.

2. Menyelesaikan Masalah dengan Kepala Dingin

Menyelesaikan masalah
Menyelesaikan masalah/ Foto: freepik.com

Seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi biasanya lebih tenang dan tidak mengedepankan emosi ketika menyelesaikan masalah. Mereka juga tidak mudah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dibuat.

Mereka lebih baik meminta maaf dan berusaha lebih baik lagi agar pekerjaan yang dibebankan bisa lebih cepat selesai dengan hasil yang memuaskan.

3. Memiliki Koneksi yang Luas

Memiliki koneksi yang luas
Memiliki koneksi yang luas/ Foto: freepik.com

Orang yang mudah bersosialisasi dengan orang lain merupakan indikasi bahwa orang tersebut memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Ditambah dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, karyawan dengan kualifikasi tersebut biasanya memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Dengan banyaknya koneksi yang dibangun, otomatis hal tersebut menguntungkan bagi perusahaan, di antaranya semakin mudah menggaet klien dan memiliki peluang tinggi untuk bekerjasama dengan perusahaan lain.

4. Memiliki Empati yang Tinggi

Memiliki empati
Memiliki empati yang tinggi/ Foto: freepik.com

Selain kemampuan bersosialisasi yang tinggi, karyawan dengan kecerdasan emosional yang tinggi juga dikenal memiliki empati yang tinggi pula. Mereka tidak segan-segan membantu rekan kerjanya yang kesulitan.

Mereka juga tidak mudah tersinggung serta bisa mengontrol emosi dengan baik. Hal tersebut juga menjadikan karyawan dengan kecerdasan emosional tinggi lebih disukai oleh kebanyakan rekan kerja.

5. Kesempatan untuk Lebih Sukses

Faktor kesuksesan
Faktor kesuksesan/ Foto: freepik.com

Terkenal dengan sifatnya yang kreatif, tenang, dan bisa menerima kritik yang membangun, menjadikan seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kesempatan untuk lebih sukses di tempat kerja.

Mereka lebih mudah mendapatkan promosi dibandingkan dengan seseorang yang hanya mengandalkan kecerdasan intelektual saja. 

Jika kamu merasa belum memiliki kecerdasan emosional yang baik, tenang saja Beauties, sebab kecerdasan emosional bisa ditingkatkan, kok.

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id