sign up SIGN UP

Kiat Meningkatkan Personal Branding untuk Kamu yang Mulai Memasuki Dunia Kerja

Shinta Nikmah | Senin, 16 Aug 2021 08:00 WIB
Kiat Meningkatkan Personal Branding untuk Kamu yang Mulai Memasuki Dunia Kerja
caption

Mencari kerja saat ini menjadi hal yang tidak begitu mudah, sehingga kamu perlu menunjukkan keunikan diri dengan membangun personal branding.

Apa sih personal branding? Personal branding merupakan suatu upaya untuk membentuk citra diri di mata orang lain melalui perilaku, prestasi, dan keahlian khusus. 

Personal branding sangat penting terutama ketika kamu memasuki dunia kerja. Agar kamu bisa dilirik HRD, kamu perlu membangun personal branding yang baik agar memperbesar kesempatanmu untuk diterima bekerja di suatu perusahaan, atau mendapatkan promosi di perusahaan tempatmu bekerja saat ini.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk bisa membangun personal branding? Berikut ini bentuk personal branding yang bisa kamu tingkatkan di tempat kerja:

1. Percaya Diri

Percaya diri
Percaya diri/ Foto: freepik.com

Ketika sudah masuk di sebuah perusahaan, kamu perlu meningkatkan rasa percaya diri untuk menghadapi klien atau menghadapi sesama rekan kerja. Dikutip dari Indeed, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, antara lain menambah pengetahuan, fokus pada kekuatan diri, menanyakan hal yang kurang dimengerti pada ahlinya, mengucapkan kalimat-kalimat yang positif, dan lain sebagainya.

Kepercayaan diri yang tinggi memudahkanmu untuk survive di tempat kerja, karena dianggap bisa meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Percaya diri yang tinggi juga membuat performa di tempat kerja menjadi meningkat, sehingga kamu bisa lebih dipercaya atasan.

2. Kemampuan Public Speaking

Berbicara di depan umum
Berbicara di depan umum/ Foto: freepik.com

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum menjadi nilai plus seseorang terlebih di suatu perusahaan. Jeff Butler, seorang penulis sekaligus seorang pembicara mengatakan pada Forbes bahwa, berbicara memberi anda kredibilitas langsung tidak hanya secara internal tetapi juga secara eksternal di mana perusahaan lain sekarang melihat anda sebagai ahli.

Dengan kata lain, memiliki kemampuan bicara yang baik di sebuah pertemuan tidak hanya memberikan nilai plus untukmu, tetapi juga baik untuk perusahaan.

Tidak heran jika seseorang dengan kemampuan public speaking yang baik lebih dilirik oleh atasan dan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan promosi.

3. Perluas Jaringan Pertemanan

Membangun pertemanan
Membangun pertemanan/ Foto: freepik.com

Ketika di tempat kerja, cobalah untuk berbaur dengan rekan kerja dan perluas pertemanan di berbagai divisi. Memperluas pertemanan di antara rekan kerja membuatmu lebih dikenal, terlebih jika kamu mulai membentuk image yang baik dan profesional.

Selain membangun networking secara internal, kamu juga perlu memperluas jaringan pertemanan di luar perusahaan. Semakin luas jaringan yang kamu buat, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan klien atau informasi yang berguna untuk menunjang pekerjaan.

4. Berinvestasi pada Ilmu

Menambah pengetahuan
Menambah pengetahuan/ Foto: freepik.com

Salah satu kiat yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding adalah dengan berinvestasi pada ilmu. Kamu bisa meningkatkan beberapa kemampuan dan menambah pengetahuan dengan lebih sering membaca buku atau mengikuti pelatihan.

Ada banyak seminar yang bisa kamu ikuti dan bisa kamu sesuaikan sesuai minat atau tujuanmu. Semakin banyak ilmu yang kamu dapatkan serta kemampuan yang kamu kuasai, maka kamu akan semakin memiliki nilai tambah di mata orang lain. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id