sign up SIGN UP

Kiat Mudah Memperluas Koneksi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19

Dian Aprilia | Senin, 09 Aug 2021 06:45 WIB
Kiat Mudah Memperluas Koneksi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19
caption

Di masa pandemi Covid-19 ini mungkin kamu pernah merasa kehidupan sosial jadi terbatas. Bahkan tak sedikit yang susah bertemu dengan pacar, menjalin komunikasi dengan saudara dan sahabat, serta mengembangkan koneksi dengan profesional.

Padahal kita bisa menciptakan kesempatan dan peluang bagus dalam kondisi terburuk sekalipun termasuk pandemi Covid-19. Hal yang perlu kamu jadikan mindset adalah mencari koneksi baru tidak selalu harus mencari lowongan kerja di tempat lain. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 cara memperluas koneksi secara daring selama pandemi.

Buat Alasan Menjalin Koneksi

Karyawan
Karyawan/pexels.com/Visual Tag Mx

Cara pertama adalah menemukan alasan perlunya menjalin hubungan dengan orang lain. Bagi kamu yang merupakan konten kreator, penulis, digital marketer, dan lainnya, buat alasan spesifik mengapa kamu perlu menjalin hubungan dengan orang lain.

Apakah kamu perlu memperluas koneksi dengan karyawan perusahaan lain untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan skill, menjadikan koneksi sebagai bintang tamu di karyamu atau berbagai macam lainnya. Intinya buat alasan yang penting sehingga kamu termotivasi untuk menjalin koneksi dengan orang lain.

Minta Bantuan Kolega

Karyawan
Karyawan/pexels.com/fauxels

Selanjutnya minta bantuan karyawan lain di kantor, teman mencari lowongan kerja di masa lalu, pacar, orang tua, saudara dan lainnya untuk mengenalkan dengan koneksi baru. Hal ini bisa menjadi media yang efektif dan efisien untuk menjalin koneksi dengan orang lain.

Selain itu, meminta bantuan orang lain yang telah mengenal target koneksi adalah cara yang kredibel dan cenderung lebih mudah diterima. Sebab target koneksimu akan merasa lebih mudah menerima kamu dan bisa lebih mudah dekat denganmu karena referensi dari orang yang dikenal.

Manfaatkan Kesempatan yang Ada

Karyawan
Karyawan/pexels.com/Oleg Magni

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan kesempatan yang ada. Apakah kamu sedang ada kegiatan di kantor yang mengundang orang tersebut, webinar karyawan yang mengundang target koneksi sebagai pembicara, asal almamater yang sama, dan lainnya.

Carilah kesamaan dan berbagai peluang yang bisa menghubungkanmu dengan orang lain. Hal tersebut bisa menjadi media yang efektif untuk membuatmu menjalin koneksi dengan orang lain.

Jangan Terlalu Kaku dan Formal

Karyawan
Karyawan/pexels.com/Vlada Karpovich

Selanjutnya, jangan terlalu kaku dan formal seperti komunikasi di kantor saat menjalin hubungan dengan orang lain. Apalagi jika kamu melakukan perkenalan dan komunikasi melalui media virtual. Buatlah komunikasi tersebut jadi lebih santai dan menyenangkan agar kenalanmu tidak canggung atau sungkan. Selain itu, mereka juga bisa lebih menikmati dan terbuka dalam perkenalan tersebut.

Buat Komunikasi yang Menyenangkan

Karyawan
Karyawan/pexels.com/Yan Krukov

Terakhir, buatlah komunikasi yang menyenangkan dengan orang baru. Selain membicarakan status, pekerjaan di kantor, dan kemampuan yang lebih berat dan serius, kamu bisa mengangkat topik-topik ringan dalam pembicaraan. Seperti hobi, film favorit, buku favorit dan lainnya. Hal ini bisa membuatmu mengenalnya lebih dekat dan mendalam.

Jadi tak harus cari lowongan kerja di tempat lain, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperluas koneksi secara daring selama pandemi Covid-19. Selamat mencoba, Beauties!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id