sign up SIGN UP

LIFE

Langkah Efektif Menuju Work Life Balance, Coba Cara Ini!

Dian Aprilia | Selasa, 20 Oct 2020 14:30 WIB
Langkah Efektif Menuju Work Life Balance, Coba Cara Ini!
caption
Jakarta -

Ladies, sudahkah kamu mencapai work life balance? Work life balance adalah keseimbangan antara kehidupan kerja dengan tetap mempedulikan aspek personal seperti hubungan dengan keluarga, pribadi, sosial, dan juga spiritual.

Manfaat menerapkan work life balance ialah kualitas hidup menjadi lebih baik. Sebab kebahagiaanmu, pekerjaanmu, hubungan dengan keluarga dan lingkungan sekitar akan berjalan dengan baik dan lancar.

Tanpa adanya upaya meraih work life balance, kamu bisa terjerumus dalam dua kondisi yang sama-sama tak menyenangkan.

Di satu sisi kamu bisa saja terlalu asik bekerja hingga abai dengan kehidupan personal. Atau di sisi lain, kamu terlalu berfokus pada kehidupan pribadimu sampai lupa tanggung jawab di kantor.  

Lantas, bagaimana cara kita untuk mencapai kehidupan work life balance?

Buat target yang realistis

Ilustrasi target
Target/pexels.com

Permasalahan utama yang membuat tidak adanya work life balance adalah sikap perfeksionis. Perfeksionis ialah dorongan terus menerus dalam diri seseorang untuk mendapatkan segala sesuatu yang sempurna. Mulai dari kehidupan rumah tangga, pekerjaan, hubungan sosial, dan lainnya. Karena dorongan inilah akhirnya memaksa seseorang untuk berbuat melebihi batas wajarnya. Alhasil work life balance tak akan bisa tercapai. Untuk itu, penting untuk bersikap lebih realistis. Buat target yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dirimu. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan target di luar batas kemampuanmu.

Buat jadwal dengan prioritas

Ilustrasi jadwal
Jadwal/pexels.com

Setelah kamu menentukan target yang realistis, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah membuat jadwal berdasarkan prioritas.  Prioritas perlu dibuat untuk memasukan berbagai hal yang mendukung kehidupan work life balance.

Lalu masukkan kegiatan kerja, kegiatan dengan keluarga, ‘me time’, kegiatan spiritual dalam jadwalmu. Ingat untuk fokus dan melaksanakan apa yang sudah dijadwalkan tepat waktu ya. Sebisa mungkin kurangi gangguan tidak penting yang bisa mengganggu jadwal prioritasmu, seperti nongkrong, nonton film, dan jalan-jalan jika itu sudah melebihi kebutuhan refreshing-mu.

Hindari jam lembur hingga tengah malam atau bekerja saat akhir pekan ya. Cobalah memberi waktu pikiranmu untuk bisa beristirahat dan bersantai sejenak. Lalu lihat bedanya, kamu akan jauh lebih bisa produktif jika menerapkannya.

Terhubung secara sosial

Ilustrasi terhubung dengan sosial
Sahabat/pexels.com

Salah satu target dalam work life balance adalah tetap menjalin hubungan sosial yang baik dengan keluarga dan juga lingkungan sekitar. Keluarga menjadi salah satu support system kita kapan pun dan dimana pun. Bahkan saat terpuruk sekalipun, keluarga selalu akan di sisi kita. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga hubungan dengan mereka.

Selain itu, teman dan sahabat juga jadi support system yang tak kalah penting bagi kehidupanmu. Coba untuk bertemu dengan rekan lama atau sahabat karibmu. Kamu bisa sejenak meluangkan waktu untuk ngobrol serta saling memotivasi satu sama lain.

Jaga pola hidup sehat

Ilustrasi olahraga
Olahraga/pexels.com

Cara terakhir untuk meraih work life balance adalah menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya ialah mengonsumsi makanan bernutrisi, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup dan juga berolahraga secara teratur. Hindari pula berbagai kebiasaan yang akan mengganggu kesehatan kamu seperti halnya merokok, minum alkhohol dan minuman bersoda dan kurang tidur.

Itulah 4 langkah efektif untuk menuju kehidupan work life balance idamanmu. Dengan keseimbangan di segala hal, kamu akan bisa mencapai hal terbaik dalam hidupmu. Tak hanya di satu bidang saja, melainkan secara keseluruhan. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id