sign up SIGN UP

LIFE

Mau Pakai Paylater? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Daftar, Ladies!

Anindya Milagsita | Jumat, 04 Jun 2021 18:15 WIB
Mau Pakai Paylater? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Daftar, Ladies!
Foto: Ilustrasi Wanita Berbelanja/Freepik.com

Buat kamu yang sering berbelanja online, pernah mendengar istilah paylater?

Paylater adalah sebuah fitur pembayaran cicilan yang biasanya disediakan lewat aplikasi perusahaan yang menyediakan produk ataupun jasa. Lewat fitur paylater penggunanya bisa membeli barang secara online dengan order terlebih dahulu dan dibayar belakangan.

Meskipun terdengar simpel dan enggak bikin ribet, ternyata ada beberapa hal yang harus kamu patuhi saat memakai fitur pembayaran paylater, Ladies. Sebelum memutuskan untuk daftar paylater, yuk kenali dulu beberapa hal yang nantinya akan ditemui selama memakai fitur ini. Simak uraiannya lewat artikel berikut!

Bukanlah Gratisan

Paylater bukanlah uang gratisan.
Mengenal Fitur Paylater/sumber: www.freepik.com/

Hal wajib yang harus kamu ketahui tentang paylater adalah fitur ini bukanlah pembayaran gratis yang bebas untuk dipakai tanpa harus mengembalikan. Seperti namanya, paylater memberikan kemudahan dalam bertransaksi dengan catatan ada tagihan yang harus dibayarkan pada tenggat waktu tertentu.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk daftar paylater, kamu harus mempelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakannya. Pastikan juga kamu memahami kembali kalau paylater ini serupa dengan kartu kredit yang bukan memberikan pinjaman secara cuma-cuma.

Terdapat Biaya Tambahan

Pemakaian paylater dikenakan biaya tambahan.
Mengenal Fitur Paylater/sumber: www.freepik.com/

Buat kamu yang tertarik memakai paylater ataupun masih pemula sebagai pengguna fitur pembayaran kredit ini, jangan kaget kalau tagihan yang harus kamu bayarkan jumlahnya lebih banyak dari totolan yang dipinjam.

 Enggak hanya dikenakan bunga, sebagian perusahaan juga menerapkan biaya admin di setiap transaksi saat memakai fitur paylater ini. Semakin lama jangka waktu cicilan yang dipilih, maka semakin besar tagihan yang harus kamu bayarkan.

Resmi Dicatat oleh OJK

Paylater resmi tercatat di Otoritas Jasa Keuangan.
Mengenal Fitur Paylater/sumber: www.freepik.com/

Buat daftar paylater ini memanglah gampang karena bisa dilakukan melalui gadget dan tak perlu datang ke bank, Ladies. Tapi dibalik itu semua, transaksi yang nantinya berlangsung lewat paylater ada yang mencatatnya lho. Tiap pembayaran dan tagihan yang ada dalam paylater kamu akan dicatat secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Catatan kredit ini akan disimpan atas nama, nomor telepon, hingga identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang biasanya harus kamu isikan sebagai syarat pendaftaran di awal. Catatan di OJK inilah yang berpengaruh pada transaksi kredit seperti kendaraan, properti, hingga pinjaman. Tagihan dan pembayaran kamu selama memakai paylater pun nantinya akan dicek.

Tetapkan Tujuan Pemakaian

Bisa mempengaruhi financial planning.
Mengenal Fitur Paylater/sumber: www.freepik.com/

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan sebelum daftar paylater adalah menentukan tujuan pemakaiannya. Saat memakai fitur pembayaran kredit yang satu ini kamu harus siap dengan konsekuensi yang akan diterima. Pertimbangkan juga prioritas pengeluaran yang harus kamu kelola agar tak alami over budget. 

Memakai paylater tanpa adanya pertimbangan dan hanya untuk memenuhi keinginan berbelanja, bisa memicu perilaku konsumtif dan juga boros lho. Jangan sampai tagihan dari paylater ini justru bikin kamu mengesampingkan menabung dan juga berinvestasi.

Berpengaruh ke Financial Planning

Paylater bisa berpengaruh ke financial planning.
Mengenal Fitur Paylater/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, ada berbagai alasan bagi pengguna paylater saat memakai fitur pembayaran kredit yang satu ini, Ladies. Apapun alasannya kalau dilakukan secara mendadak dan tanpa perencanaan bisa berpengaruh pada financial planning yang telah disusun sebelumnya. 

Saat memakai paylater untuk pembayaran jasa ataupun produk yang enggak direncanakan bahkan bukan prioritas, bisa membuat tagihan kamu semakin membengkak. Hati-hati, tagihan inilah yang nantinya bisa mengacaukan financial planning yang sudah dibuat.

Tips aman dan nyaman pakai paylater adalah memanfaatkannya dengan cara yang bijak. Pastikan kamu memakainya saat benar-benar butuh dan sesuai prioritas. Pertimbangkan kembali besaran tagihan saat memilih pembayaran kredit yang satu ini.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id