sign up SIGN UP

Penting! Ini 5 Hal yang Dilarang Dipakai Ketika Wawancara Kerja, Salah Satunya Mengenakan Pakaian Cerah

Raudiya Nurfadilah | Senin, 22 Nov 2021 14:30 WIB
Penting! Ini 5 Hal yang Dilarang Dipakai Ketika Wawancara Kerja, Salah Satunya Mengenakan Pakaian Cerah
Hal yang dihindari ketika wawancara kerja/ Foto: pexels/ Andrea Piacquadio

Wawancara kerja merupakan salah satu tahap yang paling penting dilakukan oleh para pencari kerja. Berbagai persiapan harus dilakukan agar wawancara dapat berjalan dengan lancar demi mendapatkan hasil yang memuaskan.

Beauties, kamu juga harus memerhatikan hal-hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan saat wawancara kerja berlangsung. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Aroma Parfum yang Kuat

Hindari Parfum aroma kuat
Hindari Parfum aroma kuat/ Foto: Pexels/ RODNAE Production

Ketika wawancara kerja berlangsung, usahakan kamu tidak memakai parfum dengan aroma yang terlalu kuat atau menyemprotkannya secara berlebihan. Mengutip laman The Balance Careers, karena kamu tidak pernah tahu apakah pewawancara memiliki alergi atau tidak suka terhadap aroma parfum yang kuat.

Makeup Terlalu Tebal

Hindari penggunaan makeup yang terlalu tebal
Hindari penggunaan makeup yang terlalu tebal/ Foto: Pexels/ Los Muertos Crew

Saat wawancara memang penting untuk memberikan penampilan yang terbaik, tetapi memakai makeup yang tebal bukanlah cara yang ideal untuk melakukannya. Kamu harus menjaga penampilan tetap alami dengan menghindari eyeshadow berwarna gelap, lipstick yang cerah, atau foundation yang tebal.

Lebih baik kamu menggunakan maskara tipis, foundation yang disesuaikan dengan kebutuhan. Intinya kamu menggunakan makeup secukupnya untuk terlihat segar dan terjaga tanpa terlihat terlalu bersemangat.

Pakaian Cerah

Gunakan pakaian dengan warna netral
Gunakan pakaian dengan warna netral/ Foto: Pexels/ Tima Miroshnichenko

Kamu juga harus berhati-hati saat memilih pakaian untuk wawancara. Hindari pakaian dengan warna yang cerah mencolok seperti merah karena itu akan menonjolkan ketidaksesuaian pakaian untuk pengaturan wawancara.

Tetapi jika kamu berencana memakai pakaian cerah maka pastikan keseluruhan desain pakaian berfungsi sebagai penyeimbang.

Banyak Memakai Perhiasan

Hindari memakai perhiasan yang banyak
Hindari memakai perhiasan yang banyak/ Foto: Pexels/ Tima Miroshnichenko

Jika kamu akan melakukan wawancara kerja, pastikan kamu tidak memakai perhiasan yang berlebihan. Dikutip dari Reader’s Digest, menurut CEO MyCorporation, Deborah Sweeney menyarankan untuk tetap sederhana dan berselera tinggi.

Menurutnya memakai jam tangan dan cincin saja sudah cukup karena pewawancara bisa terganggu oleh perhiasan atau aksesori yang digunakan.

Membawa Tas Besar

Hindari pemakaian tas yang terlalu besar
Hindari pemakaian tas yang terlalu besar/ foto: Pexels/ Sora Shimazaki

Setelah mempersiapkan semua kebutuhan saat wawancara dengan cermat, penting untuk melengkapinya dengan tas yang sesuai. Menurut CEO Deborah Sweeney, tas yang digunakan lebih baik berwarna sederhana dan ukurannya tidak terlalu besar karena bisa menghalangi, memakan banyak tempat, atau dianggap menarik diri.

Nah, itulah lima hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika melakukan wawancara kerja. Ingat Beauties, kamu juga harus tetap sopan dan menjaga sikap terhadap pewawancara kerja agar peluang mendapatkan pekerjaan tidak tertutup karena salah mengucap kata. Semoga berhasil!

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id