sign up SIGN UP

LIFE

Penting, Ini 5 Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Jadi Digital Marketer

Dian Aprilia | Senin, 08 Feb 2021 12:30 WIB
Penting, Ini 5 Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Jadi Digital Marketer
caption
Jakarta -

Di era digital seperti sekarang, banyak kebutuhan-kebutuhan dan juga pekerjaan baru yang berkembang. Salah satunya adalah kebutuhan untuk membuat pemasaran dalam dunia digital. Alhasil digital marketer menjadi profesi yang banyak diminati karena kebutuhan yang tinggi.

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform media internet. Mulai dari media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, lalu ada email, website, display ads, dan lain sebagainya. Namun jangan hanya asal ikut trend ya, jika kamu ingin menjadi digital marketer maka kamu harus penuhi 5 syarat berikut ini:

Paham Ilmu Pemasaran

Marketing
Marketing/pexels.com

Hal yang paling mendasar dan utama adalah kamu perlu paham mengenai ilmu pemasaran. Tidak harus memahami seluk beluknya secara mendalam, karena ilmu marketing sangat luas. Kamu hanya perlu memahami logika dan sistem kerja dari pemasaran.

Setidaknya, kamu harus tahu bahwa pemasaran itu dibagi menjadi dua hal pokok, yang pertama adalah membuat produk dan yang kedua merencanakan kegiatan promosi. Pahami sistem kerja pembuatan produk, pasar dan karakternya, kompetitor dan proses perencanaan promosi. Memahami hal basic seperti itu sangat penting sebagai modal awal untuk menjadi digital marketer yang handal.

Paham Digital Strategy dan Media

Social media
Social media/pexels.com

Selanjutnya kamu harus memahami mengenai digital strategy dan juga berbagai platform di internet yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Ada banyak sekali media yang bisa digunakan, mulai dari email, website, media sosial, display ads, retargetting ads, dan lainnya.

Setelah memahami ragam media dan karakternya, kamu juga perlu tahu cara membuat promosi melalui berbagai platform tersebut. Tidak harus ahli di semua media, kamu cukup mengasah keterampilanmu di 2 atau 3 platform untuk bisa menjadi seorang marketer yang handal.  

Paham Data Analytics

Data analytics
Data analytics/pexels.com

Memahami seluk beluk data analytics juga termasuk dalam basic pengetahuan seorang digital marketer. Karena saat merancang produk dan kegiatan promosi itu harus berpijak pada data yang valid dan akurat.

Misalnya jika produk yang dibuat asal-asalan dan tak berpijak pada data kebutuhan konsumen, maka produk cenderung tak laku dan malah menghabiskan biaya.  Salah satu kesalahan fatal dari digital marketer adalah bekerja dengan intuisi atau sekedar feeling tanpa data.

Kreatif

Kreatif
Kreatif/pexels.com

Modal kreatif ini harus banget dimiliki seorang digital marketer. Namun tak perlu khawatir jika kamu merasa bukan orang yang kreatif. Sebab, sebenarnya kreatif bukanlah bakat atau yang diperoleh tanpa usaha, melainkan kreatif adalah skill yang dilatih terus menerus.

Jadi jika sekarang belum kreatif, bukan berarti di masa depan gak bisa kreatif juga ya. Asalkan kamu giat berlatih dan terus menerus mengembangkan cakrawala pengetahuanmu, agar bisa memunculkan berbagai ide kreatif.

Adaptif

Adaptive
Adaptive/pexels.com

Perubahan di dunia digital bisa dibilang adalah sebuah kepastian. Bahkan perubahan itu bisa berlangsung dengan sangat cepat. Algoritma social media dan search engine bisa berubah kapan saja dalam jarak yang berdekatan. Oleh sebab itu kemampuan adaptasi dengan segala perubahan itu adalah sebuah kepastian.

Selalu belajar dan selalu mengikuti perkembangan terupdate bukanlah pilihan, melainkan keharusan. Hal ini agar kamu bisa segera berubah dan membuat strategi baru yang lebih handal.

Itulah lima syarat yang harus kamu penuhi sebelum menjadi digital marketer. Siap-siap untuk beranjak dari zona nyaman kamu, good luck!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id