Hati-Hati! Ini Lho yang Membuat Bisnis Kamu Menjadi Tidak Profesional
Dunia bisnis memang menjadi sasaran empuk untuk tetap menghasilkan keuntungan. Tidak heran, kebanyakan orang saat ini ingin menggarap usaha sendiri. Mulai dari pakaian, makanan atau sembako, dan barang lainnya. Namun, karena sudah banyaknya pengusaha yang ada, masyarakat juga semakin selektif dalam memilih.
Mulai dari desainer web, desainer grafis, akuntan, penjualan hingga sumber daya manusia. Adapula yang memilih dari professional atau tidaknya seseorang dalam mengelola bisnis. Ada beberapa hal yang membuat bisnis menjadi tidak profesional sebagai berikut ini.
Branding tidak jelas
![]() Branding tidak jelas/freepik.com |
Salah satu kesalahan bisnis terbesar adalah tidak melakukan branding dengan baik. Ingatlah bahwa branding adalah isyarat visual kepada setiap pembelinya mulai dari strategi, target marketing, hingga logo. Tidak perlu repot jika memang belum terlalu bisa, lakukan dengan sederhana namun tetap jelas. Branding sama seperti identitas diri bisnis yang dijalankan, maka perhatikan hingga hal-hal kecil.
Situs web tidak lengkap
![]() Situs web tidak lengkap/freepik.com |
Saat ini hidup serba digital, maka tidak heran kebanyakan bisnis saat ini dilakukan secara online seperti e-commerce hingga website. Pembeli akan memilih barang secara resmi dan juga mudah. Maka dari itu, buatlah dengan jelas barang apa yang dijual, sistem belanja jelas, dan cara menghubungi. Meskipun mendesain web terdengar sulit dan mahal, namun saat ini sudah banyak template yang membuatnya semakin mudah.
Media sosial tidak konsisten
![]() Media sosial tidak konsisten/freepik.com |
Salah satu tempat termudah untuk mengiklankan produk bisnis adalah media sosial. Pemakaiannya mudah, sederhana, tidak perlu modal banyak untuk mempromosikan barang atau layanan di Instagram, Facebook, Twitter, atau platform lainnya. Hal pertama yang perlu diingat adalah tetap pertahankan branding bisnis untuk diterapkan di media sosial. Atur laman agar tetap rapi, profesional, dan menarik bagi pembeli.
Layanan untuk pembeli
![]() Layanan untuk pembeli/freepik.com |
Saat menjalankan bisnis, bersiaplah untuk menampung segala kritik hingga saran dari pembeli. Ingatlah bahwa pembeli adalah raja sehingga usaha dapat berjalan dengan lancar. Tidak selamanya, bisnis bisa berjalan lancar, maka dari itu siapkanlah layanan seperti costumer service. Tetapi harus memiliki sikap profesional, sopan serta solutif. Kebijakan adalah suatu hal yang penting sebelum melakukan complain.



