sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati! Ini Lho yang Membuat Bisnis Kamu Menjadi Tidak Profesional

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 19 Sep 2020 11:30 WIB
Hati-Hati! Ini Lho yang Membuat Bisnis Kamu Menjadi Tidak Profesional
caption
Jakarta -

Dunia bisnis memang menjadi sasaran empuk untuk tetap menghasilkan keuntungan. Tidak heran, kebanyakan orang saat ini ingin menggarap usaha sendiri. Mulai dari pakaian, makanan atau sembako, dan barang lainnya. Namun, karena sudah banyaknya pengusaha yang ada, masyarakat juga semakin selektif dalam memilih.

Mulai dari desainer web, desainer grafis, akuntan, penjualan hingga sumber daya manusia. Adapula yang memilih dari professional atau tidaknya seseorang dalam mengelola bisnis. Ada beberapa hal yang membuat bisnis menjadi tidak profesional sebagai berikut ini.

Branding tidak jelas

Ingatlah bahwa branding adalah isyarat visual kepada setiap pembelinya dan identitas diri.
Branding tidak jelas/freepik.com

Salah satu kesalahan bisnis terbesar adalah tidak melakukan branding dengan baik. Ingatlah bahwa branding adalah isyarat visual kepada setiap pembelinya mulai dari strategi, target marketing, hingga logo. Tidak perlu repot jika memang belum terlalu bisa, lakukan dengan sederhana namun tetap jelas. Branding sama seperti identitas diri bisnis yang dijalankan, maka perhatikan hingga hal-hal kecil.

Situs web tidak lengkap

Saat ini hidup serba digital, maka tidak heran kebanyakan bisnis saat ini dilakukan secara online seperti website.
Situs web tidak lengkap/freepik.com

Saat ini hidup serba digital, maka tidak heran kebanyakan bisnis saat ini dilakukan secara online seperti e-commerce hingga website. Pembeli akan memilih barang secara resmi dan juga mudah. Maka dari itu, buatlah dengan jelas barang apa yang dijual, sistem belanja jelas, dan cara menghubungi. Meskipun mendesain web terdengar sulit dan mahal, namun saat ini sudah banyak template yang membuatnya semakin mudah.

Media sosial tidak konsisten

Tempat termudah untuk mengiklankan produk bisnis adalah media sosial.
Media sosial tidak konsisten/freepik.com

Salah satu tempat termudah untuk mengiklankan produk bisnis adalah media sosial. Pemakaiannya mudah, sederhana, tidak perlu modal banyak untuk mempromosikan barang atau layanan di Instagram, Facebook, Twitter, atau platform lainnya. Hal pertama yang perlu diingat adalah tetap pertahankan branding bisnis untuk diterapkan di media sosial. Atur laman agar tetap rapi, profesional, dan menarik bagi pembeli.

Layanan untuk pembeli

Sediakan layanan untuk menampun segala kritik hingga saran dari pembeli.
Layanan untuk pembeli/freepik.com

Saat menjalankan bisnis, bersiaplah untuk menampung segala kritik hingga saran dari pembeli. Ingatlah bahwa pembeli adalah raja sehingga usaha dapat berjalan dengan lancar. Tidak selamanya, bisnis bisa berjalan lancar, maka dari itu siapkanlah layanan seperti costumer service. Tetapi harus memiliki sikap profesional, sopan serta solutif. Kebijakan adalah suatu hal yang penting sebelum melakukan complain.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id